Ajukan Pinjaman Praktis dan Aman Lewat GoPay Pinjaman

13 November 2025

•

6 min

header-blog-gopay-pinjaman-november-2025-gopay

Sekarang kamu bisa mengajukan pinjaman langsung dari aplikasi GoPay lewat fitur GoPay Pinjaman!

GoPay bekerja sama dengan penyedia jasa pinjaman seperti Kredit Pintar dan AdaKami yang sudah berizin dan terdaftar di OJK untuk memberikan solusi finansial yang praktis bagi berbagai kebutuhanmu.

Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengajukan pinjaman tanpa perlu berpindah platform. Cukup buka aplikasi GoPay, temukan fitur “Pinjaman”, dan kamu bisa mulai mengeksplorasi berbagai pilihan pinjaman.

Cek selengkapnya tentang GoPay Pinjaman di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: GoPay Pinjam


Apa Itu GoPay Pinjaman?

GoPay Pinjaman adalah produk pinjaman dari GoPay yang bekerja sama dengan penyedia jasa pinjaman di Indonesia yang telah berizin dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Melalui layanan ini, GoPay menghadirkan solusi pinjaman yang mudah diakses, aman, dan transparan bagi pengguna.

Saat ini, GoPay bekerja sama dengan dua rekanan penyedia pinjaman terpercaya, yaitu Kredit Pintar   by PT Kredit Pintar Indonesia dan AdaKami by PT Pembiayaan Digital Indonesia , untuk memberikan pilihan layanan pinjaman sesuai kebutuhan finansial pengguna. Baik Kredit Pintar maupun AdaKami menawarkan proses pengajuan yang cepat dan fleksibel langsung dari aplikasi GoPay, tanpa perlu berpindah platform.

Kamu bisa menemukan fitur ini dengan mudah melalui banner utama di aplikasi GoPay, kemudian memilih menu “Pinjaman” untuk mulai mengeksplorasi pilihan pinjaman yang tersedia. Dengan dukungan 2 mitra pinjaman berizin OJK, GoPay Pinjaman hadir untuk membantu pengguna mengelola keuangan dengan cara yang praktis dan tepercaya. 

Fitur GoPay Pinjaman by Kredit Pintar:

  • Limit hingga Rp50.000.000.
  • Pilihan tenor pinjaman 2, 3, 6 dan 12 bulan.
  • Biaya ringan hingga 0.3% per hari, meliputi bunga dan biaya lain selain denda keterlambatan, bea meterai, dan pajak.

Fitur GoPay Pinjaman by AdaKami:

  • Limit hingga Rp80.000.000.
  • Pilihan tenor pinjaman 1, 3, 5, 6 dan 12 bulan.
  • Biaya ringan hingga 0.3% per hari, meliputi bunga dan biaya lain selain denda keterlambatan, bea meterai, dan pajak.

Syarat Pengajuan GoPay Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman, kamu harus mengecek syarat di bawah ini dulu, ya!

  1. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia.
  2. Usia diantara 18-60 tahun (*60 tahun pada saat jatuh tempo pinjaman).
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku.
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan data KTP.
  5. Berdomisili di Indonesia.
  6. Memenuhi dokumen dan Data lain yang diperlukan.

Cara Aktivasi GoPay Pinjaman

Di bawah ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk aktivasi GoPay Pinjaman!

  1. Pilih GoPay Pinjaman pada beranda aplikasi GoPay.
  2. Periksa persyaratan GoPay Pinjam. Pada tahap ini kami akan meminta izin untuk mengakses informasi akun Gojek/GoPay/Tokopedia kamu untuk otomatis dihubungkan dengan GoPay Pinjam. Jika tidak setuju, kamu bisa klik ‘Batal’ dan menghubungkannya secara manual.
  3. Foto KTP dan selfie dengan jelas. Hindari penggunaan flash.
  4. Pengisian Data Pribadi.
  5. Pengisian Data Pekerjaan.
  6. Pengisian Kontak Darurat (Emergency Contact).
  7. Pengisian Detail Tempat Tinggal.
  8. Tinjauan detail pengisian. Ini merupakan tahap terakhir dari rangkaian pendaftaran untuk  memastikan kamu telah mengisi semua data dengan lengkap dan benar.
  9. Klik ‘Ajukan’.

Sekarang kamu tinggal tunggu data kamu diproses selama maksimum 1x24 jam untuk mengetahui pendaftaran kamu diterima atau ditolak. Kamu dapat melihat status aktivasi secara berkala di halaman GoPay Pinjaman.

BACA JUGA: GoPay Later


FAQ GoPay Pinjaman

FAQ GoPay Pinjaman

Q: Bagaimana jika saya masih mengalami kendala terhadap fitur GoPay Pinjaman?
A: Kamu bisa mengajukan penutupan akun dengan klik “Laporin masalah?” di aplikasi GoPay atau bisa mengajukan pertanyaan melalui email customerservice@gopay.co.id dengan menyertakan informasi mengenai akun Anda seperti nama akun, nomor handphone, alamat email, tangkapan layar dari isu yang dihadapi dan juga kronologi kejadian.

Q: Pendaftaran GoPay Pinjaman masih diproses.
A: Proses pendaftaran membutuhkan waktu selama 1x24 jam. Apabila setelah waktu tersebut status masih diproses, kemungkinan sedang ada lonjakan permintaan pendaftaran akun GoPay Pinjaman. Oleh karena itu, mohon kesabaran untuk menunggu prosesnya.
Catatan: Hasil pendaftaran yang kamu terima (ditolak / diterima) adalah sepenuhnya kebijakan dan kewenangan dari pihak penyedia jasa pinjaman.

Q: Mengapa saya harus melakukan verifikasi data?
A: Verifikasi bertujuan untuk meningkatkan keamanan pengguna dan menghindari kemungkinan penyalahgunaan akun oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, selalu pastikan informasi yang diberikan saat pendaftaran adalah milikmu.

Q: Pendaftaran ditolak karena dokumen tidak sesuai dengan ketentuan.
A: Lihat beberapa alasan mengapa pendaftaran kamu ditolak karena foto tidak sesuai dengan ketentuan.
1. Terdapat kerusakan pada foto ID yang kamu unggah. Apabila terdapat kerusakan pada ID yang kamu unggah, mohon untuk memperbaikinya terlebih dahulu di instansi terkait.
2. Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang buram/blur Pastikan foto yang diunggah (upload), baik selfie maupun foto ID, tidak ada yang buram/blur sehingga semua data dapat terbaca dengan jelas.
3. Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang tidak masuk ke dalam bingkai (frame) kamera. Pastikan bagian informasi tertulis yang terdapat di ID tidak tertutup jari atau terpotong di luar bingkai (frame) kamera.
4. Dokumen foto yang digunakan untuk pendaftaran tidak sesuai ketentuan
Kamu bisa kembali mencoba pendaftaran dengan memastikan dokumen foto yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan, seperti:
- ID yang diterima untuk pendaftaran adalah dokumen asli dari eKTP  yang telah terdaftar di Dukcapil (untuk WNI).
- Foto wajah pada ID harus berupa foto eKTP asli, bukan berupa pas foto tempelan, hasil fotokopi, atau pindaian (scan).
- Jangan menggunakan kacamata hitam, topi, atau apa pun yang dapat menutupi wajah.
5. Bagian penting di foto ID/selfie/keduanya terkena flash Pastikan informasi yang terdapat pada ID dan wajah pada foto selfie tidak terkena cahaya lampu/flash/pantulan cahaya. 
6. Cahaya di foto ID/selfie/keduanya terlalu gelap. Pastikan informasi yang terdapat pada ID dan wajah pada foto selfie terlihat dengan baik dan jelas. Hindari foto atau selfie di tempat yang gelap.
7. Terdapat perbedaan antara jenis dokumen ID yang dipilih di aplikasi dengan dokumen ID yang diunggah Pastikan saat mencoba melakukan pendaftarkan, kamu mengunggah ID yang sesuai dengan yang kamu pilih pada halaman jenis ID yaitu eKTP (untuk WNI). 
8. Foto diambil tidak langsung dari kamera handphone.
Pastikan foto ID maupun foto selfie yang kamu unggah (upload) diambil langsung dari kamera handphone. 
- Bukan merupakan foto dari galeri handphone/PC/Laptop.
- Bukan merupakan foto dari sebuah foto ID.
9. Terdapat perbedaan di foto wajah dan/atau foto ID. Pastikan saat kamu mencoba melakukan pendaftaran, kamu menggunakan ID milik sendiri. Pastikan wajah pada foto selfie maupun foto ID sama.

Q: Pendaftaran pendaftaran GoPay Pinjaman ditolak karena eKTP tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan data Dukcapil.
A: Pastikan e-KTP yang digunakan adalah yang paling terbaru dan telah terdaftar atau sesuai dengan data di Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Jika data belum terdaftar atau tidak sesuai, maka pengajuan pendaftaran kamu belum bisa disetujui.
Beberapa alasan yang mungkin menyebabkan data e-KTP kamu belum sesuai dengan data di Dukcapil, yaitu:  
- Terdapat perubahan data sebelumnya pada e-KTP kamu seperti nama, alamat, status perkawinan, foto, dan lain-lain.
- Terdapat perbedaan foto wajah pada e-KTP dengan  foto selfie yang digunakan untuk pendaftaran.
- Terdapat lebih dari satu KTP yang dimiliki dan masih berlaku.
Jika kamu mengalami hal-hal di atas, mohon konfirmasikan terlebih dahulu ke Dukcapil agar datamu diperbarui di sistemnya.
Dukcapil dapat dihubungi melalui beberapa layanan sebagai berikut:
- Whatsapp/SMS: 0811 800 5373
- Email: callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id
- Facebook: Ditjen Dukcapil
Apabila Dukcapil sudah mengkonfirmasi kesesuaian atau pembaruan data eKTP mu, silakan lakukan pendaftaran ulang.
Penting untuk diingat! Pendaftaran hanya bisa dilakukan menggunakan eKTP, bukan KTP biasa, walaupun data KTP biasa kamu sudah dikonfirmasi oleh Dukcapil.

Q: Dana pinjaman saya belum masuk ke rekening bank yang dipilih
A: Terkadang, proses penyaluran dana pinjaman membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Oleh karena itu, mohon kesediaan untuk menunggu hingga 2x24 jam di hari kerja.
Apabila setelah waktu tersebut saldo masih belum masuk, laporkan dengan klik “Laporin masalah?”. Kami akan segera membantu kamu.

Q: Tentang GoPay Pinjaman by Kredit Pintar.
A: Kredit Pintar by PT Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar dan diawasi OJK dengan nomor KEP -83/D.05/2019. Dengan adanya izin tersebut, Kredit Pintar akan selalu mematuhi segala ketentuan dan peraturan mengenai keuangan yang ada di Indonesia, termasuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data nasabah. Informasi lengkap mengenai wilayah Indonesia yang terlah terjangkau oleh seluruh layanan yang disediakan oleh aplikasi Kredit Pintar.

Q: Bagaimana cara melihat riwayat transaksi dan tenggat waktu pembayaran GoPay Pinjaman?
A: Berikut cara melihat riwayat transaksi dan tenggat waktu pembayaran GoPay Pinjaman:
1. Klik "GoPay Pinjaman".
2. Klik riwayat transaksi pada GoPay Pinjaman.
3. Anda dapat melihat seluruh transaksi dan tenggat waktu pembayaran GoPay Pinjaman.

Q: Bagaimana cara mengajukan pinjaman pada GoPay Pinjaman?
A: Berikut cara mengajukan pinjaman pada GoPay Pinjaman:
1. Klik "GoPay Pinjaman".
2. Klik "Withdraw" pada GoPay Pinjaman.
3. Anda dapat mengajukan pinjaman, tenor dan rekening bank yang Anda inginkan.
4. Silahkan menunggu hingga status pinjaman Anda disetujui.
5. Anda akan diarahkan untuk melakukan tanda tangan Perjanjian Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman - Lender Borrower Agreement (LBA).
6. Dana pinjaman akan segera disalurkan melalui rekening yang Anda pilih.

Q: Bagaimana cara membayar tagihan GoPay Pinjaman? 
A: Berikut cara membayar pinjaman pada GoPay Pinjaman:
1. Klik "GoPay Pinjaman".
2. Klik "repay" pada GoPay Pinjaman.
3. Anda dapat melihat seluruh tagihan GoPay Pinjaman yang akan Anda bayar.
4. Silahkan pilih metode pembayaran.

Q: Saya tidak sengaja melakukan pembayaran dua kali untuk tagihan yang sama.
A: Apabila mengalami kendala ini, laporkan dengan klik “Laporin masalah?”. Kami akan segera membantu.

Q: Bagaimana caranya jika saya ingin menutup akun GoPay Pinjaman saya?
A: Kamu bisa mengajukan penutupan akun dengan klik “Laporin masalah?” di aplikasi GoPay kamu atau mengirimkan email ke customerservice@gopay.co.id dengan menyertakan informasi seperti, nama akun, nomor handphone yang digunakan, email yang digunakan dan alasan penutupan akun. Customer Service GoPay akan segera membantu pengajuan penutupan akun.

Q: Bagaimana jika saya ingin membuka akun GoPay Pinjaman saya yang sudah terblokir?
A: Kamu bisa mengajukan penutupan akun dengan klik “Laporin masalah?” di aplikasi GoPay kamu atau mengirimkan email ke customerservice@gopay.co.id dengan menyertakan informasi seperti, nama akun, nomor handphone yang digunakan, email yang digunakan dan permintaan pembukaan kembali akun. Customer Service GoPay akan segera membantu pengajuan penutupan akun.


Dengan hadirnya GoPay Pinjaman, kamu sekarang jadi punya akses lebih mudah ke layanan finansial yang aman dan diawasi oleh OJK, langsung dalam genggaman. Baik untuk kebutuhan mendesak maupun perencanaan jangka panjang, fitur ini membantu kamu mengatur keuangan dengan lebih fleksibel dan nyaman.

Yuk, temukan kemudahan baru dalam mengelola keuanganmu lewat GoPay Pinjaman, dan nikmati pengalaman finansial yang lebih praktis, aman, serta tepercaya!

Artikel Terkait