GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

Share

Waspada Modus Penipuan Online, Ini Tips GoPay Jaga Keamanan Digital

25 Jul 2023

•

3 min

Waspada Modus Penipuan Online, Ini Tips GoPay Jaga Keamanan Digital

Baru-baru ini masyarakat kembali dihantui oleh modus kejahatan online yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak/DJP). Kali ini, korban mendapatkan pesan WhatsApp dengan format mengunduh aplikasi (APK). 

Berkembangnya modus penipuan online menimbulkan keresahan akibat pencurian dan penyalahgunaan data pribadi. Data masyarakat yang dicuri bisa beragam, mulai dari informasi pribadi hingga informasi perbankan dan keuangan lainnya yang bersifat rahasia. 

Menanggapi hal ini, Genesha Nara Saputra, Head of Payment Information Security GoTo Financial, mengatakan bahwa modus penipuan digital terus berkembang dan juga memanfaatkan momentum. “Oknum penipu terus mengambil kesempatan, contohnya berkedok kurir paket, tagihan BPJS, undangan pernikahan. Bahkan kasus baru-baru ini terjadi berdekatan tenggat waktu pelaporan SPT tahunan, penipu berdalih mengirimkan dokumen pajak.”

Genesha menambahkan walaupun modusnya baru, tetapi penjahat siber tetap menggunakan teknik lama modus penipuan rekayasa sosial (social engineering) “Penipuan online ini tidak menyerang sistem keamanan, namun psikologis manusia. Ciri-cirinya, penipu akan meyakinkan korban dengan cara dibuat senang karena menang undian, ataupun ketakutan karena penipu menyamar menjadi pihak berwenang. Jadi, masyarakat tetap harus waspada agar tidak terjebak.”

Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kejahatan siber yang terjadi di Indonesia mencapai 100 juta hingga April 2022 dan didominasi oleh modus meminta tebusan seperti ransomware atau malware, phishing, dan eksploitasi kerentanan. Meskipun begitu, tingginya tingkat kejahatan siber di Indonesia masih belum diikuti dengan tingkat literasi digital yang memadai. Survei Status Literasi Digital Indonesia 2022 yang dilakukan Kementerian Kominfo menunjukkan indeks Keamanan Digital (3,12) masyarakat Indonesia menjadi yang paling rendah di antara pilar-pilar lainnya yaitu Kecakapan Digital (3,52), Etika Digital (3,68), dan Budaya Digital (3,84). 

Menyadari hal ini, Genesha menekankan menjaga keamanan di dunia siber bukanlah tanggung jawab satu pihak saja. “Manfaat transaksi digital telah kita rasakan bersama. Upaya mewujudkan transaksi digital yang aman itu perlu dilakukan bersama, dari sisi penyedia platform digital maupun pengguna.”

Genesha melanjutkan, GoPay yang merupakan bagian dari GoTo Finansial, terus mengedukasi penggunanya agar senantiasa aman dalam aktivitas digital melalui kampanye tips JAGA:

  1. Jangan transfer di luar aplikasi dan lebih teliti ketika melakukan transaksi
  2. Amankan data pribadi, jangan berikan kode OTP, PIN, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, KTP dan lainnya
  3. Gunakan layer keamanan lebih seperti PIN, password, biometrik
  4. Adukan jika ada aktivitas yang mencurigakan ke halaman resmi atau pihak berwenang (jika menjadi korban penipuan).

GoPay didukung oleh teknologi keamanan siber yang canggih, tim keamanan digital yang andal, fitur keamanan yang lengkap seperti PIN dan biometrik, serta sertifikasi ISO 27001 yang telah sesuai dengan standar internasional.

Untuk memberikan perlindungan dan rasa aman kepada pengguna dalam bertransaksi, GoPay menghadirkan program Jaminan Saldo Kembali untuk pengguna GoPay Plus. Program ini dapat dimanfaatkan pengguna apabila kehilangan saldo di luar kendali seperti akibat pengambilan akun secara paksa maupun kehilangan gadget yang terhubung dengan akun GoPay.  Cukup dengan masuk ke menu Eksplor di aplikasi Gojek, pilih menu Plus, lalu pilih Jaminan Saldo Kembali, pengguna dapat segera mengajukan klaim. 

***

Tentang GoTo Financial

GoTo Financial, sebagai bagian dari grup GoTo - grup teknologi terbesar di Indonesia hadir untuk turut membangun ekonomi digital masa depan untuk membantu para individu dan usaha bertumbuh serta berkontribusi terhadap inklusivitas keuangan di Indonesia.

Dirancang untuk seluruh lapisan masyarakat, GoTo Financial menyediakan berbagai produk jasa keuangan melalui layanan uang elektronik GoPay. Untuk bisnis dari berbagai lini usaha dan skala, mulai dari UMKM, perusahaan rintisan, hingga korporasi, GoTo Financial menawarkan solusi bisnis lengkap melalui Midtrans - payment gateway terkemuka, Moka dan GoBiz plus - jaringan POS terbesar di Indonesia, serta platform GoBiz, GoStore, dan Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

Tentang GoPay

GoPay adalah layanan pembayaran dan keuangan terkemuka yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan meningkatkan inklusi keuangan. Sebagai bagian dari GoTo Financial, GoPay membantu jutaan penduduk Indonesia untuk mengakses layanan dan produk keuangan seperti perbankan digital, investasi, dan asuransi. Pada tahun 2019, Gojek melalui GoPay menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar Fortune “Change The World”. 

Kontak Media

Shofi Awanis

Corporate Communication Sr. Lead

GoTo Financial

shofi.awanis@gopay.co.id 

Jessicha Valentina

Konsultan Komunikasi GoTo Financial

Artemis Indonesia

jessicha@artemishub.id

 

Artikel Terkait

Kartu Multi Trip KRL Kini Bisa Top Up Lewat GoPay, Isi Saldo Rp5.000 Cukup Bayar Rp1
2 Mei 2025 • 2 min read
Kartu Multi Trip KRL Kini Bisa Top Up Lewat GoPay, Isi Saldo Rp5.000 Cukup Bayar Rp1
Press Release
Cek Manfaat Program Pemerintah Buat Masyarakat di Aplikasi GoPay
24 Maret 2025 • 1 min read
Cek Manfaat Program Pemerintah Buat Masyarakat di Aplikasi GoPay
Press Release
Dukung Program Cashless Pemerintah, Bayar QRIS Tap Mudah Menggunakan Aplikasi GoPay
18 Maret 2025 • 2 min read
Dukung Program Cashless Pemerintah, Bayar QRIS Tap Mudah Menggunakan Aplikasi GoPay
Press Release
Aliansi Judi Pasti Rugi Bersama Mitra Driver Gojek Perangi Judi Online
17 Maret 2025 • 3 min read
Aliansi Judi Pasti Rugi Bersama Mitra Driver Gojek Perangi Judi Online
Press Release
MRT Jakarta Hadirkan Pembayaran Tiket Menggunakan GoPay di MRT Jakarta
15 Januari 2025 • 2 min read
MRT Jakarta Hadirkan Pembayaran Tiket Menggunakan GoPay di MRT Jakarta
Press Release
Main Squid Game 2 di Aplikasi GoPay Bisa Dapat 200 Juta Rupiah
20 Desember 2024 • 2 min read
Main Squid Game 2 di Aplikasi GoPay Bisa Dapat 200 Juta Rupiah
Press Release

Baru! Aplikasi GoPay untuk kamu

Transfer ke mana aja, bayar QRIS dan tagihan apa aja sampai pinjam dengan aman. Download aplikasinya sekarang!

Download - Google Play GoPay
Download - App Store GoPay

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.