GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Media kit
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

KETENTUAN UMUM PENGGUNAAN GOPAY LATER
MULTIFINANCE ANAK BANGSA

Mulai dari Agustus 2023

Mohon agar Anda membaca, mengerti, memeriksa dan memahami Ketentuan Umum Penggunaan GoPay Later ini dan Kebijakan Privasi MAB (“Ketentuan Penggunaan”) dengan seksama sebelum Anda menyetujui Ketentuan Penggunaan dan melakukan pendaftaran layanan GoPay Later. 

Anda dengan ini menyatakan persetujuannya secara tegas dan tanpa terkecuali untuk terikat dan tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini dan Ketentuan Penggunaan ini merupakan bentuk kesepakatan yang sah, berlaku dan mengikat Anda. Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan GoPay Later.

Ketentuan Penggunaan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Gojek: https://www.gojek.com/terms-and-condition/.

1.1. Kecuali didefinisikan secara khusus dalam Ketentuan Penggunaan ini, istilah-istilah dalam huruf besar yang digunakan dalam Ketentuan Penggunaan ini harus ditafsirkan sesuai dengan istilah yang ada di dalam Ketentuan Penggunaan Gojek.

1.2. Sebelum menggunakan layanan GoPay Later, Anda wajib menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan melakukan pendaftaran melalui Platform atau Mitra Platform Resmi.

1.3. Pada saat Anda:

  1. melakukan pendaftaran pertama kali sebagai calon Penerima Pinjaman;
  2. menandatangani perjanjian pembiayaan;
  3. melakukan Transaksi dengan menggunakan GoPay Later,
    Anda wajib membaca, mengerti, memahami dan memeriksa Ketentuan Penggunaan dengan seksama dan Anda wajib mengikuti proses dan langkah-langkah otentikasi dan verifikasi yang berlaku.

1.4. GoPay Later (termasuk setiap perubahan penyebutannya dari waktu ke waktu) merupakan suatu layanan dalam Platform atau Mitra Platform Resmi yang merupakan pemberian fasilitas pembiayaan multiguna dengan cara pembelian dengan pembayaran secara angsuran yang disediakan oleh MAB sebagai perusahaan pembiayaan, dengan memberikan fitur pelunasan dengan cara angsuran atau cicilan sesuai dengan pilihan Jangka Waktu Pembiayaan.  

Ketentuan-ketentuan yang diatur pada Ketentuan Penggunaan ini berlaku umum terhadap penggunaan layanan GoPay Later, dengan ketentuan bahwa Pembiayaan GoPay Later akan tunduk pada syarat dan ketentuan yang disetujui dan diatur lebih lanjut dalam perjanjian pembiayaan.

1.5. Dana Pembiayaan yang disalurkan kepada Anda selaku Penerima Pinjaman untuk melakukan Transaksi dengan menggunakan GoPay Later adalah berasal dari MAB selaku Pemberi Pinjaman dan/atau Pemberi Pinjaman lainnya. Oleh karena itu, hubungan hukum yang timbul terkait Pembiayaan dan Tagihan (sebagaimana didefinisikan di bawah) adalah antara Anda selaku Penerima Pinjaman dan Pemberi Pinjaman yang relevan dan segala risiko yang timbul dari hubungan hukum tersebut ditanggung sepenuhnya oleh Anda selaku Penerima Pinjaman dan Pemberi Pinjaman.

1.6. Persetujuan Anda atas Ketentuan Penggunaan ini akan dianggap sebagai dan merupakan permohonan perolehan Pembiayaan dan setiap Transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan GoPay Later (baik itu Transaksi pertama maupun Transaksi selanjutnya) akan dianggap sebagai dan merupakan permohonan pencairan atas pembiayaan, dan dalam hal disetujui oleh Pemberi Pinjaman, Nilai Transaksi merupakan nilai pembiayaan atau nilai pinjaman Anda yang disalurkan dari Pemberi Pinjaman (“Pembiayaan”).

1.7. Anda mengakui, memahami dan menyetujui bahwa Pemberi Pinjaman berhak untuk melakukan pemeriksaan, verifikasi, evaluasi, penilaian dan menentukan (menyetujui atau menolak) permohonan perolehan Pembiayaan dan/atau pencairan Pembiayaan untuk setiap Transaksi yang Anda lakukan. Untuk menghindari keragu-raguan, Pemberi Pinjaman berhak untuk menentukan bahwa suatu pemberian Pembiayaan dan pencairan Pembiayaan untuk setiap Transaksi Anda hanya mencakup layanan (i) GoPay Later saja atau (ii) GoPay Later dengan layanan lain. 

1.8. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Pemberi Pinjaman dapat memindahkan atau mengalihkan setiap Pinjaman yang masih terhutang dan Tagihan kepada pihak lain termasuk namun tidak terbatas pada bank, lembaga keuangan bukan bank atau institusi keuangan lainnya dengan tunduk pada ketentuan Hukum yang Berlaku dan oleh karenanya persetujuan dan pengakuan ini berlaku mengikat sesuai Hukum yang Berlaku, dan setiap pemindahan atau pengalihan tersebut dapat dilihat oleh Penerima Pinjaman melalui Platform atau melalui media komunikasi atau sarana lainnya dan dalam periode sebagaimana yang ditentukan oleh Pemberi Pinjaman dari waktu ke waktu. 

1.9. Anda memahami bahwa kegagalan terhadap kewajiban pembayaran atau pelunasan Pinjaman oleh Penerima Pinjaman dapat berdampak pada (i) dilakukannya kegiatan penagihan oleh Pemberi Pinjaman atau pihak lain yang ditunjuk oleh Pemberi Pinjaman, kepada Penerima Pinjaman; (ii) dilaporkannya Penerima Pinjaman kepada Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”); dan (iii) catatan atau peringkat kelayakan kredit Penerima Pinjaman pada Pemberi Pinjaman.

1.10. Pemberi Pinjaman akan dan dapat melaporkan kepada pihak yang terkait, termasuk namun tidak terbatas pada OJK, PPATK dan/atau instansi terkait dalam hal terdapat informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Anda keliru, melanggar atau bertentangan dengan Hukum yang Berlaku.

1.11. Ketentuan Penggunaan ini, sebagian atau seluruhnya, termasuk setiap fitur atau layanan dapat diubah, dimodifikasi atau ditambahkan dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Kami sendiri sebagaimana Kami sampaikan melalui notifikasi kepada Anda, baik melalui pemberitahuan atau pengumuman pada Platform, surat elektronik, nomor telepon Anda yang terdaftar pada Platform dan/atau media komunikasi lainnya. Perubahan, modifikasi dan penambahan terhadap Ketentuan Penggunaan ini akan berlaku (i) tiga puluh Hari Kerja setelah notifikasi disampaikan ("Masa Pemberitahuan”) dan tidak ada keberatan dari Anda atau (ii) apabila Anda tetap menggunakan layanan GoPay Later setelah notifikasi disampaikan, mana yang lebih dahulu terjadi atau pada waktu lain sebagaimana ditentukan oleh Hukum yang Berlaku. Jika Anda ingin menolak perubahan, modifikasi dan/atau variasi tersebut, maka Anda harus berhenti mengakses atau menggunakan GoPay Later sebelum berakhirnya Masa Pemberitahuan, dengan ketentuan Anda wajib menyelesaikan dan melunasi seluruh kewajiban Anda yang masih tertunggak atau terhutang terlebih dahulu.

2.1. Ketentuan Pokok Pembiayaan

Ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat yang diatur pada Bagian 2 Ketentuan Penggunaan ini mengacu dan tunduk pada perjanjian pembiayaan.

2.2. Biaya dan Pembayaran Kembali

2.2.1. Penerima Pinjaman akan dikenakan nilai Pembiayaan, Biaya Cicilan, Suku Bunga, biaya-biaya lainnya (jika ada), dan/atau Denda Keterlambatan (sebagaimana relevan) untuk setiap Pembiayaan yang diterima sebagaimana diatur lebih lanjut di dalam perjanjian pembiayaan.

2.2.2. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembayaran kembali Pembiayaan diatur dalam perjanjian pembiayaan.

3.1. Aktivasi Layanan oleh Anda

  1. Untuk mengaktifkan layanan ini, Anda harus menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan melakukan pendaftaran pada Platform dan/atau Mitra Platform Resmi, dengan ketentuan pendaftaran tersebut diterima dan disetujui oleh Pemberi Pinjaman sebagaimana dapat dilihat pada Platform dan/atau Mitra Platform Resmi (“Aktivasi Layanan”).
  2. Aktivasi Layanan, akan dianggap sebagai permohonan Anda untuk memperoleh Pembiayaan dengan jumlah maksimum sebesar Limit Pembiayaan yang tersedia.
  3. Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda telah memberikan persetujuan kepada Pemberi Pinjaman untuk memperoleh, menggunakan, memproses, menyimpan, dan mengungkapkan Informasi Anda sesuai Kebijakan Privasi termasuk namun tidak terbatas pada pengalihan data dan informasi pribadi Anda kepada pihak lain, menggunakan nomor telepon genggam Anda yang terdaftar untuk menghubungi Anda melalui berbagai layanan percakapan online (termasuk Whatsapp), sehubungan dengan penggunaan layanan GoPay Later.
  4. Apabila diperlukan, Pemberi Pinjaman dari waktu ke waktu dapat meminta Anda untuk menyampaikan dan/atau mengunggah segala dokumen dan/atau informasi tambahan, termasuk informasi pribadi secara elektronik, kepada Pemberi Pinjaman.
  5. Persetujuan atas pencairan Pembiayaan akan ditandai dengan berhasilnya pemrosesan pembayaran Transaksi Anda dengan menggunakan GoPay Later.
  6. Dalam hal Anda akan melakukan aktivasi GoPay Later, Pemberi Pinjaman dapat mempersyaratkan Anda untuk mengaktifkan layanan lainnya dalam proses aktivasi yang bersamaan dengan mengikuti mekanisme dan penilaian sebagaimana ditentukan oleh Pemberi Pinjaman dan berdasarkan aktivasi tersebut, Anda menyetujui, mengakui dan memahami bahwa syarat dan ketentuan yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini akan berlaku terhadap Anda dan merupakan suatu kesepakatan dan kewajiban hukum yang sah dan mengikat Anda.

3.2. Penggunaan Layanan

  1. Pembiayaan hanya dapat dicairkan dengan cara melakukan suatu Transaksi melalui Platform atau melalui Mitra Platform Resmi dengan menggunakan GoPay Later.
  2. Anda dapat melakukan pencairan Pembiayaan maksimum sebesar Limit Pembiayaan yang tersedia sebagaimana tercantum dalam Platform. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Limit Pembiayaan dapat diubah dari waktu ke waktu oleh Pemberi Pinjaman.
  3. Konfirmasi pemesanan Transaksi pada halaman konfirmasi Transaksi oleh Anda berlaku sebagai permohonan pencairan Pembiayaan dan sekaligus sebagai instruksi kepada Pemberi Pinjaman untuk mencairkan Pembiayaan sebesar Nilai Transaksi kepada Mitra Platform Resmi dan/atau Penyedia Produk (sebagaimana relevan) sebagai pembayaran atas Transaksi (apabila permohonan pencairan Pembiayaan Anda disetujui oleh Pemberi Pinjaman).
  4. Anda tidak dapat membatalkan permohonan pencairan Pembiayaan yang telah disetujui oleh Pemberi Pinjaman.          

3.3. Transaksi

3.3.1. Dengan tunduk pada Pasal 1 Ketentuan Penggunaan ini, Anda dapat melakukan suatu Transaksi menggunakan GoPay Later dengan ketentuan:

  1. Anda masih memiliki Limit Pembiayaan dengan jumlah minimal sebesar Nilai Transaksi;
  2. Tidak ada Peristiwa Cidera Janji yang terjadi.

3.3.2. Anda dengan ini telah mengakui dan menyetujui bahwa pemrosesan dan penyelesaian Transaksi juga akan tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini, syarat dan ketentuan Penyedia Produk, dan syarat dan ketentuan Mitra Platform Resmi (sebagaimana relevan).

3.3.3. Nilai Pembiayaan yang timbul atas suatu Transaksi adalah sama dengan Nilai Transaksi.

3.3.4. Anda dengan ini telah mengakui dan menyetujui bahwa segala hubungan hukum terkait dengan produk dari Transaksi Anda adalah antara Anda dengan Penyedia Produk dan/atau Mitra Platform Resmi terkait. Oleh karena itu, segala hal sehubungan dengan kualitas produk merupakan tanggung jawab dari Penyedia Produk dan/atau Mitra Platform Resmi terkait dan Anda akan membebaskan Pemberi Pinjaman dari segala tanggung jawab atau kewajiban atas ketersediaan, keakuratan, kesesuaian, kelengkapan atau kebenaran layanan, konten atau produk yang disediakan oleh Penyedia Produk tersebut.

3.3.5. Transaksi sukses yang dikonfirmasi melalui Platform atau Mitra Platform Resmi, yang Anda lakukan dengan GoPay Later, akan mengurangi Limit Pembiayaan Anda dan merupakan Pembiayaan. Keluhan atau permasalahan terkait barang dan/atau jasa yang Anda terima, termasuk setiap produk, tidak membatalkan Pembiayaan. Anda dapat menyampaikan keluhan atas barang dan/atau jasa yang Anda terima langsung kepada Penyedia Produk.

3.4. Verifikasi

  1. Anda dapat diminta untuk menyampaikan dokumen atau informasi tambahan, baik secara elektronik atau secara langsung kepada Kami, atau menemui agen Kami, sebagaimana Kami instruksikan, jika Anda ingin menggunakan layanan GoPay Later sebagaimana diperlukan.
  2. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan melalui Platform dan/atau Mitra Platform Resmi dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna GoPay Later.
  3. Kami akan melakukan verifikasi, pemeriksaan, penelaahan, dan penilaian atas setiap informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Anda, termasuk untuk bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan verifikasi dan penilaian kelayakan untuk permohonan Pembiayaan.
  4. Persetujuan dan/atau penolakan atas permohonan verifikasi Anda merupakan kewenangan kami sepenuhnya dengan memperhatikan ketentuan Hukum yang Berlaku. Kami dapat, sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan verifikasi Anda dan mengembalikan status Akun Anda menjadi tidak terverifikasi, termasuk apabila terdapat keragu-raguan atas ketepatan dan/atau keabsahan serta kelengkapan dokumen dan/atau informasi yang Anda sampaikan.
  5. Untuk menghindari penyalahgunaan apapun atas Akun Anda, Kami dapat menghentikan layanan apapun jika dokumen atau informasi yang Kami minta dari Anda tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap.

3.5. Otentikasi

  1. Sebagai bagian dari upaya Kami untuk menjaga keamanan Akun Anda, Anda perlu memiliki enam urut angka sebagai kode Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi Akun Anda. Dengan melakukan Aktivasi Layanan, Anda setuju bahwa Nomor Identifikasi Pribadi (PIN) pada aplikasi Gojek atau akun GoPay Anda akan didaftarkan sebagai Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) untuk otentikasi Akun Anda (“PIN”).
  2. Kode PIN Anda akan diperlukan untuk Aktivasi Layanan dan/atau pencairan Pembiayaan atas setiap Transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan GoPay Later (baik itu Transaksi pertama maupun Transaksi selanjutnya), untuk pembayaran/pelunasan Pembiayaan atau Tagihan dan/atau pemanfaatan fitur-fitur tertentu yang Kami tetapkan.
  3. Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda. Kerugian yang timbul akibat kegagalan Anda untuk menjaga kerahasiaan kode PIN Anda merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Setiap pengiriman PIN yang diverifikasi dari Akun Anda akan dianggap sebagai transaksi dan/atau aktivitas yang sah.
  4. Untuk mengatur ulang PIN atau metode otentikasi lain yang berlaku, akan tunduk pada syarat dan ketentuan pada Platform atau Mitra Platform Resmi yang terkait. Kami dan staf Kami tidak pernah menanyakan PIN atau Kode Sandi Sekali Pakai (OTP). Anda setuju untuk menanggung semua risiko yang terkait dengan pengungkapan PIN atau Kode Sandi Sekali Pakai (OTP) kepada pihak ketiga manapun dan untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap konsekuensi yang terkait dengan hal tersebut.
  5. Kami dapat menyediakan metode otentikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada otorisasi sidik jari dan/atau pengenalan wajah yang dimungkinkan oleh perangkat Anda. Anda harus mengikuti alur pendaftaran atas faktor yang dapat dikenali, sebagaimana relevan seperti sidik jari untuk otentikasi sidik jari dan/atau gambar wajah real-time untuk pengenalan wajah) sebagaimana ditentukan oleh Kami, jika Anda ingin mengaktifkan metode otentikasi tersebut. Metode otentikasi ini dapat memerlukan PIN sebelum aktivasinya.
  6. Faktor otentikasi yang dapat dikenali dapat disimpan dan diverifikasi oleh Kami atau oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan, sesuai izin Anda). Setiap klaim yang terkait dengan penyimpanan dan/atau verifikasi faktor yang dapat dikenali oleh pihak ketiga (seperti perangkat yang Anda gunakan) bukan merupakan tanggung jawab kami. Namun demikian. Kami akan melakukan usaha yang wajar untuk meminimalisir risiko yang dapat kami identifikasi, yang mungkin timbul atas aktivasi dan/atau penggunaan faktor otentikasi.
  7. Jika Anda mengakses Akun Anda melalui Mitra Platform Resmi, maka Mitra Platform Resmi tersebut dapat membuat metode otentikasi sendiri. Kami tidak bertanggung jawab terkait dengan metode otentikasi dari Mitra Platform Resmi tersebut.
  8. Jika Anda mengubah PIN atas akun GoPay Anda, hal tersebut akan dianggap sebagai dan merupakan perubahan atas PIN untuk Akun Anda sesuai ketentuan perubahan PIN akun GoPay Anda.

3.6. Kebijakan Privasi MAB

Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi MAB. Oleh karenanya, Anda wajib membaca, memahami dan mengerti Kebijakan Privasi MAB dengan seksama.

3.7. Ketentuan-Ketentuan Lain

Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan Pembiayaan.

3.8. Hak dan Kewajiban Para Pihak

3.8.1. Hak dan Kewajiban Pemberi Pinjaman

Dengan tidak mengesampingkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban lain yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini, hak dan kewajiban Pemberi Pinjaman adalah sebagai berikut:

  1. Berhak mendapatkan, mengumpulkan, menggunakan, menyimpan, memproses, dan mengungkapkan dan mengalihkan kepada pihak lain dalam rangka pemberian layanan dan dalam rangka pemberian Pembiayaan, Informasi Anda yang sebelumnya telah diserahkan atau diberikan kepada Pemberi Pinjaman sesuai dengan Kebijakan Privasi MAB;
  2. Wajib melaksanakan seluruh ketentuan-ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini sehubungan dengan pemberian Pembiayaan; dan
  3. Berhak menentukan penyediaan dan penggunaan GoPay Later di Platform, Mitra Platform Resmi atau Penyedia Produk tertentu dari waktu ke waktu sebagaimana dapat dilihat oleh Anda melalui Platform.
  4. Hak dan Kewajiban Anda 

3.8.2. Hak dan Kewajiban Anda

Dengan tidak mengesampingkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban lain yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini, hak dan kewajiban Anda adalah sebagai berikut:

  1. Dengan tunduk pada hasil verifikasi, pemeriksaan, penelaahan, dan penilaian oleh Pemberi Pinjaman atas permohonan Pembiayaan Anda, Anda dapat memperoleh Pembiayaan dan menerima pencairan Pembiayaan;
  2. Wajib memberitahukan Pemberi Pinjaman dan melakukan pengkinian (update) atas setiap perubahan Informasi Anda, data dan keterangan yang diberikan kepada Pemberi Pinjaman atau diunggah (upload) ke Platform dari waktu ke waktu;
  3. Dilarang untuk melakukan tindakan yang merugikan dan/atau dapat merugikan Pemberi Pinjaman, termasuk merusak reputasi dengan cara apapun serta tindakan penyalahgunaan (abusive) dan/atau penipuan (fraudulent) atau pola transaksi yang terindikasi oleh sistem Pemberi Pinjaman sebagai pola transaksi keuangan yang mencurigakan;
  4. Wajib mematuhi seluruh syarat dan ketentuan, kebijakan penggunaan dan kebijakan privasi atas produk dan/atau jasa yang berlaku pada Platform dan Mitra Platform Resmi;
  5. Wajib setiap saat mempertimbangkan nilai Pembiayaan, Biaya Cicilan, Suku Bunga dan setiap biaya-biaya yang wajib dibayarkan sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi dan berkonsultasi dengan pihak lain apabila diperlukan sebelum melakukan permohonan dan memperoleh Pembiayaan;
  6. Wajib bekerjasama dan memberikan setiap keterangan yang diperlukan kepada OJK, pemerintah dan aparat penegak hukum lainnya, dalam hal terdapat informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Anda bertentangan dengan Hukum yang Berlaku; dan
  7. Anda dilarang menyalahgunakan layanan GoPay Later untuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan unsur pencucian uang atau pendanaan terorisme, politik uang, pelanggaran terhadap norma-norma sosial, pendanaan kelompok-kelompok yang dilarang berdasarkan oleh ketentuan Hukum yang Berlaku, pendanaan perdagangan obat-obatan terlarang (narkotika atau psikotropika) dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar ketentuan Hukum yang Berlaku (selanjutnya secara keseluruhan disebut “Pelanggaran Hukum”). Anda dengan ini telah memahami dan mengakui bahwa (i) Pemberi Pinjaman berhak untuk melaporkan kepada otoritas yang relevan sesuai Hukum yang Berlaku apabila Pemberi Pinjaman menemukan adanya indikasi Pelanggaran Hukum oleh Anda atau Anda terbukti secara hukum melakukan Pelanggaran Hukum; dan (ii) Pemberi Pinjaman berhak untuk memblokir Akun Anda, menghentikan penyediaan layanan GoPay Later dan/atau menunda penyaluran atau pencairan Pembiayaan, sebagaimana relevan.

4.1. Pernyataan dan Jaminan Anda

Anda menyatakan dan menjamin bahwa:

  1. Anda adalah Warga Negara Republik Indonesia dan tunduk secara sah pada hukum Republik Indonesia, dan merupakan individu yang cakap menurut hukum, yaitu berusia 18 (delapan belas) tahun atau lebih atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian dan pengampuan. 
  2. Jika Anda tidak memenuhi kriteria di atas, maka:
    1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa pembukaan, pendaftaran Akun dan aktivitas lain yang Anda lakukan menggunakan GoPay Later telah disetujui oleh orang tua, wali, atau pengampu Anda; atau
    2. Pemberi Pinjaman berhak untuk menghentikan layanan GoPay Later, membatalkan Pembiayaan Anda dan/atau melakukan tindakan yang diatur dalam ketentuan peristiwa cidera janji pada perjanjian pembiayaan;
  3. Anda telah memperoleh izin dan/atau persetujuan yang diperlukan berdasarkan Hukum yang Berlaku untuk mendapatkan Pembiayaan;
  4. Seluruh fakta, data, informasi, dokumen dan keterangan yang Anda berikan untuk mendapatkan Pembiayaan adalah benar, akurat dan lengkap;
  5. Anda telah membaca dan memahami Ketentuan Penggunaan ini dan Ketentuan Penggunaan ini merupakan suatu kewajiban hukum yang sah dan mengikat Anda; dan
  6. Dengan mengunggah (upload) Informasi ke Akun dan/atau Platform, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda adalah pemilik dan pemegang informasi, keterangan, atau data yang diunggah (upload) ke Platform dan/atau Akun serta berhak untuk mengunggah (upload) informasi atau data tersebut ke Platform dan/atau Akun.
  1. Pemberi Pinjaman tidak bertanggung jawab atas kelengkapan, keakuratan, ketepatan, dan kebenaran setiap data, keterangan serta informasi (termasuk Informasi) yang diberikan atau data yang diunggah (upload) oleh Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi penggunaan nilai Pembiayaan.
  2. Dengan memperhatikan Hukum yang Berlaku, Pemberi Pinjaman tidak bertanggung jawab atas:
    1. Setiap kerugian tidak langsung dan immaterial, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, bisnis, peluang, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan, kelalaian atau pelanggaran Anda atau pihak ketiga selain Kami;
    2. Setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional, dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, bisnis, peluang, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang Anda atau pihak ketiga alami karena kesalahan, kelalaian atau pelanggaran Anda atau pihak ketiga selain Kami; dan
    3. Setiap kerugian, termasuk biaya, bunga, kerusakan atau kerugian dalam bentuk atau jenis apapun (termasuk cidera pribadi, tekanan emosional, dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, bisnis, peluang, penggunaan atau keuntungan ekonomis lainnya) yang terjadi karena kegagalan sistem dari Mitra Platform Resmi, legalitas barang dan/atau layanan yang disediakan dalam Mitra Platform Resmi atau Penyedia Produk, juga keselamatan dan keamanan Transaksi Anda yang terjadi di Mitra Platform Resmi. 
  3. Tanpa mengesampingkan Pasal 5 huruf (a) dan (b) di atas, dalam hal terdapat peristiwa yang menyebabkan Pemberi Pinjaman memiliki tanggung jawab hukum atau kewajiban pembayaran apapun kepada Anda sehubungan dengan Layanan dan/atau Ketentuan Penggunaan, maka seluruh tanggung jawab dan kewajiban pembayaran tersebut tidak akan melebihi jumlah Biaya Cicilan, Suku Bunga beserta biaya-biaya lainnya (sebagaimana berlaku) yang telah Anda bayarkan pada periode terjadinya kewajiban pembayaran kepada Pemberi Pinjaman.
  4. Klaim, gugatan atau tuntutan apapun yang Anda miliki terhadap Pemberi Pinjaman sehubungan dengan layanan GoPay Later atau Ketentuan Penggunaan ini harus diberitahukan kepada Pemberi Pinjaman dalam waktu 6 (enam) bulan setelah peristiwa yang menimbulkan klaim, dimana apabila Anda tidak melakukan klaim, gugatan atau tuntutan dalam jangka waktu tersebut (selama diizinkan oleh Hukum yang Berlaku) Anda akan kehilangan hak atas pengajuan klaim dan ganti kerugian yang Anda miliki sehubungan dengan klaim tersebut.
  5. Anda telah membaca, memahami, mengerti dan menyetujui untuk melepaskan setiap dan segala tuntutan, klaim, ganti rugi ataupun bentuk lainnya kepada Pemberi Pinjaman sehubungan dengan kegagalan pembiayaan. Pemberi Pinjaman berhak untuk tidak menginformasikan alasan kegagalan peminjaman tersebut termasuk penolakan, penundaan atau pembatalan tersebut, kecuali sebagaimana disyaratkan oleh ketentuan Hukum yang Berlaku.
  6. Platform dapat berisi konten yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai rekanan yang bekerjasama dengan Pemberi Pinjaman. Anda telah memahami, mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Pemberi Pinjaman akan dibebaskan dan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas ketersediaan, keakuratan, kesesuaian, kelengkapan atau kebenaran layanan, konten atau produk yang disediakan melalui layanan pihak ketiga tersebut. Pemberi Pinjaman tidak membuat representasi atau jaminan apapun tentang layanan, konten, dan/atau produk yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai rekanan yang bekerjasama dengan Pemberi Pinjaman.
  7. Untuk setiap pembelian barang, produk dan layanan dari Penyedia Produk, termasuk yang tersedia melalui Platform atau Mitra Platform Resmi, maka Anda wajib untuk melakukan uji tuntas atas setiap barang, produk dan layanan yang akan dibeli dengan menggunakan GoPay Later. Anda membebaskan Pemberi Pinjaman atas setiap tuntutan, klaim dan tanggung jawab atas setiap barang, produk dan layanan yang dibeli dari setiap mitra (merchant atau retail) Pemberi Pinjaman tersebut.
  8. Ganti Rugi.
    Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda setuju untuk membebaskan Kami, pihak yang memberi lisensi kepada Kami, Afiliasi Kami dan setiap pegawai, direktur, komisaris, karyawan, wakil dan agen Kami, dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab dan pengeluaran (termasuk biaya advokat) yang timbul atau sehubungan dengan:
  9. Pelanggaran Anda atas Ketentuan Penggunaan ini, atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
    1. Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan GoPay Later;
    2. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan GoPay Later oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun Anda;
    3. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau
    4. Pemblokiran Akun Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini.

Ketentuan ganti rugi ini akan tetap berlaku walaupun Akun Anda ditutup.  

  1. Akun Anda di Platform (“Akun”) adalah tanggung jawab Anda. Anda tidak boleh memberikan wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas Anda dan/atau menggunakan Akun Anda. Anda tidak dapat menyerahkan atau mengalihkan Akun Anda kepada pihak lain. Anda harus menjaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi Akun Anda dan setiap identifikasi yang Pemberi Pinjaman dan/atau Gojek berikan kepada Anda termasuk dalam bentuk one-time password (OTP). Dalam hal terjadi penggunaan yang tidak sah dan/atau tanpa kewenangan atas Akun atau identitas Anda oleh pihak ketiga, dalam hal apa pun, perintah yang diterima dari penggunaan oleh pihak ketiga tersebut akan dianggap sebagai perintah Anda termasuk mengenai permohonan pemberian Pembiayaan dan pencairan Pembiayaan, kecuali Anda telah memberitahu Pemberi Pinjaman untuk memblokir GoPay Later untuk Akun Anda sebelum perintah tersebut diterima oleh Pemberi Pinjaman. Anda menyetujui, mengakui dan memahami bahwa Pemberi Pinjaman tidak akan bertanggung jawab dan akan dibebaskan dari setiap kerugian, tuntutan, klaim dan gugatan dari pihak lain dalam hal apapun, sehubungan dengan penggunaan yang tidak sah dan/atau tanpa kewenangan atas Akun atau identitas Anda oleh pihak ketiga.
  2. Apabila Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah melakukan pelanggaran, kejahatan, penipuan, dan/atau tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Ketentuan Penggunaan ini atau tidak, maka Kami berhak untuk dan dapat membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses Anda terhadap GoPay Later, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
  3. Pemberi Pinjaman akan menindaklanjuti dengan melakukan investigasi untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila Pemberi Pinjaman menerima laporan adanya pelanggaran yang Anda lakukan atas Ketentuan Penggunaan ini ataupun pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
  4. Jika Akun atau telepon seluler Anda hilang, dicuri dan/atau diretas, Anda wajib untuk segera memberitahu Pemberi Pinjaman sesuai dengan Ketentuan Penggunaan ini.
  5. Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan atau kepentingan untuk penyampaian informasi apa pun terkait GoPay Later, Anda harus menyampaikannya melalui surat elektronik ke alamat yang tertera pada Platform, menghubungi nomor telepon atau metode komunikasi lain nya yang tertera pada Platform.
  6. Untuk menanggapi pertanyaan atau keluhan Anda, Pemberi Pinjaman akan melakukan verifikasi atas Informasi Anda. Pemberi Pinjaman berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau keluhan lebih lanjut, jika Informasi Anda tidak sesuai dengan data atau Informasi yang tertera di sistem Pemberi Pinjaman dengan pemberitahuan kepada Anda.
  7. Pemberi Pinjaman akan memeriksa dan melakukan verifikasi keluhan Anda dan menyampaikan tanggapan Pemberi Pinjaman sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku pada Pemberi Pinjaman setelah memperoleh penyampaian keluhan yang lengkap dari Anda.
  8. Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda memahami, mengerti, menyetujui dan mengijinkan bahwa Pemberi Pinjaman dapat dan berhak meminta, menyimpan, mengumpulkan, memproses, mengungkapkan, melakukan verifikasi, pemeriksaan, penelaahan, penilaian dan pengkinian atas setiap Informasi yang Anda berikan atau yang diperoleh dari pihak lain, termasuk untuk bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan penilaian atas kelayakan permohonan Pembiayaan, penilaian kredit (credit assessment) dan profil Anda, pemeriksaan latar belakang, riwayat dan status kredit Anda, pemeriksaan penipuan, serta pemeriksaan lainnya yang diperlukan sesuai kebijakan Pemberi Pinjaman. Dalam hal ini, Anda memahami, mengerti, menyetujui dan mengijinkan Pemberi Pinjaman untuk dapat bekerjasama dengan pihak lain sebagaimana diperlukan untuk akses dan penggunaan GoPay Later, yang antara lain termasuk namun tidak terbatas pada pihak-pihak sebagaimana tercantum di bawah ini:
    1. Institusi atau lembaga pemerintahan yang memiliki pusat data kependudukan untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Anda atau pihak lain yang memiliki akses atas pusat data kependudukan untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Anda;
    2. Pihak penyelenggara tanda tangan elektronik untuk kebutuhan pembuatan tanda tangan elektronik (apabila ada);
    3. Pihak penyelenggara informasi kredit untuk mendapatkan informasi mengenai status kolektibilitas, riwayat kredit dan informasi keuangan lainnya sehingga Pemberi Pinjaman atau Afiliasinya dapat menilai kelayakan: (i) Anda sebagai peminjam, atau (ii) permohonan Pembiayaan oleh Anda;
    4. Mitra penagihan eksternal yang bekerjasama dengan Pemberi Pinjaman;
    5. Mitra asuransi kredit atau mitra penyelenggara penjaminan yang bekerjasama dengan Pemberi Pinjaman untuk kebutuhan mitigasi risiko kredit bagi Pemberi Pinjaman;
    6. Otoritas pengawas yang berwenang untuk keperluan investigasi permasalahan atas penggunaan layanan yang diselenggarakan oleh Pemberi Pinjaman atau untuk hal-hal lain sesuai dengan permintaan dari otoritas pengawas yang berwenang secara tertulis kepada Pemberi Pinjaman;
    7. Lembaga alternatif Penyelesaian Sengketa, jika diperlukan, untuk proses penyelesaian sengketa; 
    8. Pihak asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh otoritas pemerintahan yang berwenang untuk kebutuhan pengumpulan informasi untuk pusat data perusahaan pembiayaan; 
    9. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan apabila Pemberi Pinjaman mengidentifikasi adanya transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur pada ketentuan Hukum yang Berlaku terkait pemberantasan dan pencegahan tindak pidana pencucian uang dan pendanaan terorisme;
    10. Otoritas penegak hukum di Republik Indonesia antara lain Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, pengadilan, dan lain sebagainya untuk keperluan apapun terkait penegakan hukum (antara lain, namun tidak terbatas pada kasus pelanggaran hukum, kejahatan, pencucian uang, pendanaan terorisme, dan korupsi) yang dalam hal ini wajib diminta secara resmi dan tertulis oleh otoritas yang terkait tersebut; dan
    11. Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia untuk pemenuhan kewajiban pelaporan sesuai ketentuan regulasi perpajakan yang berlaku antara lain peraturan mengenai pertukaran otomatis informasi perpajakan (automatic exchange of information).

Para Pihak setuju bahwa segala kewajiban perpajakan dan/atau pungutan-pungutan lainnya yang timbul berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini akan menjadi beban masing-masing Pihak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia kecuali dengan tegas diatur sebaliknya dalam Ketentuan Penggunaan ini.

Peristiwa cidera janji tunduk pada ketentuan yang diatur pada perjanjian pinjaman.

Ketentuan Penggunaan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Para Pihak setuju bahwa setiap dan semua sengketa yang timbul dari penggunaan GoPay Later dan Ketentuan Penggunaan ini tunduk pada yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kecuali secara tegas dinyatakan lain, semua istilah yang didefinisikan dalam Ketentuan Penggunaan ini mempunyai pengertian sebagai berikut:

“Afiliasi” berarti (i) pihak pengendali dari; (ii) anak perusahaan dari; atau (iii) pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan; atau (iv) pihak yang berada dalam satu grup usaha dengan Kami.

“Aktivasi Layanan” memiliki arti sebagaimana diberikan pada Pasal 3 huruf (a) (i). 

“Akun” memiliki arti sebagaimana diberikan pada Pasal 6 huruf (a).

“Anda” berarti setiap pihak yang menggunakan Platform, layanan GoPay Later, termasuk namun tidak terbatas pada pihak yang telah terdaftar pada Platform sebagai Penerima Pinjaman.

“Biaya Cicilan” merupakan total biaya yang dikenakan kepada Penerima Pinjaman atas penggunaan Layanan GoPay Later, dimana Suku Bunga pemberi pinjaman sudah termasuk dalam bagian dari Biaya Cicilan, dengan rincian sebagaimana tercantum dalam perjanjian pembiayaan. 

“DAB” memiliki arti sebagaimana diberikan pada Pasal 2 huruf (b) (ii).

“Gojek” berarti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan Afiliasinya.

“GoPay” berarti layanan uang elektronik yang diterbitkan dan dioperasikan oleh DAB.

“GoPay Later” (termasuk setiap perubahan penyebutannya dari waktu ke waktu) berarti suatu layanan dalam Platform atau Mitra Platform Resmi yang merupakan pemberian fasilitas pembiayaan multiguna dengan cara pembelian dengan pembayaran secara angsuran yang disediakan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.

“Hari Kalender” adalah hari Senin sampai dengan hari Minggu, termasuk hari libur nasional dan cuti bersama.

“Hari Kerja” adalah hari, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional, di mana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan/atau OJK.

“Hukum yang Berlaku” adalah setiap undang-undang, peraturan serta peraturan pelaksananya, surat keputusan atau kebijakan yang berlaku dan memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan, peraturan daerah, dan perundangan turunan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kota madya, kabupaten, atau pemerintahan regional di Republik Indonesia dan yurisdiksi lainnya terkait dengan penyelenggaraan kegiatan pembiayaan, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan/atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh setiap Pihak.

“Informasi” berarti segala informasi, keterangan, dan data, baik yang ada saat ini ataupun di masa mendatang termasuk segala perubahannya dan/atau pengkinian nya, mengenai diri Anda yang Anda berikan kepada pihak Gojek dan/atau MAB serta informasi yang dapat diidentifikasi dan dikumpulkan melalui Platform, Mitra Platform Resmi, penggunaan GoPay Later, dan penggunaan setiap layanan yang disediakan atau difasilitasi oleh pihak Gojek dan/atau Mitra Platform Resmi.

“Jangka Waktu Pembiayaan” berarti jangka waktu Pembiayaan secara angsuran atau cicilan dengan rincian sebagaimana tercantum pada perjanjian pembiayaan.

“Ketentuan Penggunaan Gojek” berarti ketentuan penggunaan aplikasi Gojek sebagaimana tercantum dalam https://www.gojek.com/terms-and-condition/ dan dapat diubah dari waktu ke waktu.

“Kebijakan Privasi MAB” berarti suatu kebijakan privasi yang dibuat dan diatur oleh MAB sehubungan dengan permintaan, pengaksesan, perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, pemrosesan, penggunaan, penganalisaan, pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan setiap data pribadi dan/atau Informasi yang diperoleh dan diterima dari Anda atau Pemberi Pinjaman sebagaimana dapat diakses pada https://mab.co.id/privacy-policy.html atau melalui Platform dan pada tanggal disetujuinya Ketentuan Penggunaan ini, kebijakan privasi adalah yang tercantum dalam lampiran Ketentuan Penggunaan ini. Anda mengerti, memahami dan menyetujui bahwa Kebijakan Privasi MAB termasuk setiap perubahan dan pengkiniannya dari waktu ke waktu merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Penggunaan ini, namun Kebijakan Privasi MAB yang paling terkini sebagaimana yang akan tercantum dalam https://mab.co.id/privacy-policy.html     .

“Limit Pembiayaan” berarti limit kredit yang diberikan kepada Anda sebagaimana tercantum dalam Platform.

“MAB” atau “Kami” berarti PT Multifinance Anak Bangsa, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia yang bergerak di bidang usaha pembiayaan.

“Mitra Platform Resmi” berarti platform, website atau aplikasi resmi lainnya dari beberapa mitra Gojek, mitra Pemberi Pinjaman atau Afiliasi Pemberi Pinjaman, dimana melalui platform, website atau aplikasi tersebut beberapa atau seluruh bagian dari fitur atau produk Pemberi Pinjaman dapat diakses dengan tunduk pada syarat dan ketentuan yang diatur oleh platform, website atau aplikasi tersebut.

“Nilai Transaksi” berarti nilai dari Transaksi yang berhasil dibayarkan dengan menggunakan GoPay Later.

“Para Pihak” berarti Anda, dan Pemberi Pinjaman.

“Pemberi Pinjaman” berarti pihak yang menyediakan dan meminjamkan sejumlah dana pembiayaan kepada Penerima Pinjaman.

“Penerima Pinjaman” berarti pihak yang mengajukan permohonan pinjaman dan menerima sejumlah dana pembiayaan dari Pemberi Pinjaman.

“Penyedia Produk” berarti setiap pihak yang menyediakan barang dan/atau jasa, baik secara (i) langsung (offline) maupun (ii) online melalui Platform atau Mitra Platform Resmi, dimana pembayarannya dapat diproses menggunakan GoPay Later.

“Pembiayaan” memiliki arti sebagaimana diberikan pada Pasal 1 huruf (f).

“Platform” adalah situs web-portal, aplikasi, dan/atau media lain dalam bentuk apa pun yang dimiliki dan dikelola oleh MAB dan/atau pihak ketiga lainnya yang ditunjuk oleh atau bekerjasama dengan MAB untuk tujuan penyediaan GoPay Later.

“Potongan GoPay” memiliki arti sebagaimana diberikan pada Pasal 2 huruf (b) (ii).

“PPATK” adalah berarti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan yang merupakan lembaga sentral (focal point) yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia yang mempunyai fungsi mengkoordinasikan pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di Indonesia.

“Suku Bunga” berarti bunga sebagaimana tercantum dalam perjanjian pembiayaan. 

“Tagihan” berarti nilai Pembiayaan yang Anda selaku Penerima Pinjaman terima beserta kewajiban pembayaran lainnya termasuk Biaya Cicilan, Suku Bunga, biaya layanan, dan biaya-biaya lainnya (sebagaimana relevan dan jika ada), yang akan ditagihkan kepada Anda selaku Penerima Pinjaman.

“Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran” memiliki arti sebagaimana tercantum dalam halaman GoPay Later pada Platform dan/atau perjanjian pembiayaan.

“Transaksi” berarti setiap transaksi pemesanan dan penggunaan dalam bentuk apa pun atas barang atau jasa yang dibeli oleh Penerima Pinjaman dari Penyedia Produk yang pembayarannya (baik sebagian maupun seluruhnya) dapat dilakukan dengan menggunakan GoPay Later.

“WNA” adalah singkatan dari warga negara asing atau badan hukum asing.

  1. Pemberi Pinjaman berhak untuk menghentikan layanan GoPay Later kepada Anda atau mengambil tindakan atau langkah-langkah yang dipandang perlu oleh Pemberi Pinjaman, setiap saat jika terjadi Keadaan Kahar. Keadaan Kahar termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, mogok kerja, demonstrasi, pandemik, bencana nasional, permintaan dari otoritas yang berwenang untuk menghentikan layanan serta peristiwa atau kejadian lain yang terjadi di luar kekuasaan Pemberi Pinjaman. Untuk menghindari keraguan dan sepanjang dimungkinkan berdasarkan Hukum yang Berlaku Keadaan Kahar tidak akan mengecualikan segala kewajiban pembayaran Anda berdasarkan perjanjian pembiayaan dan Ketentuan Penggunaan ini, kecuali ditentukan lain oleh Pemberi Pinjaman berdasarkan kebijakannya sendiri.
  2. Anda tidak diperkenankan untuk mengalihkan, baik sebagian maupun seluruh hak dan kewajiban yang timbul dari atau terkait dengan Ketentuan Penggunaan dan/atau layanan GoPay Later kepada pihak lain mana pun, tanpa persetujuan dari Pemberi Pinjaman.
  3. Tanpa mengesampingkan ketentuan Pasal 1 huruf (h) Ketentuan Penggunaan ini, Anda menyetujui bahwa Pemberi Pinjaman berhak memindahkan atau mengalihkan setiap hak-hak dan kewajiban-kewajibannya berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini kepada pihak ketiga mana pun.
  4. Apabila satu atau lebih ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam cara apapun menurut Hukum yang Berlaku, hal tersebut tidak akan mempengaruhi keabsahan, keberlakuan, dan dapat dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lain dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  5. Para Pihak dengan ini menyatakan bahwa tidak ada instansi Pemerintah Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas kepada OJK, yang bertanggung jawab atas segala risiko kredit dan/atau gagal bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan pemberian Pembiayaan.
  6. Seluruh informasi yang tertera dalam Platform, termasuk namun tidak terbatas pada informasi mengenai sejarah Transaksi, nilai Pembiayaan, Biaya Cicilan, Suku Bunga, biaya-biaya lainnya (apabila ada), Denda Keterlambatan (apabila ada), dan profil Anda sebagai Penerima Pinjaman atau pengguna, merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan dengan Ketentuan Penggunaan ini dan perjanjian pembiayaan.
  7. Ketentuan Penggunaan ini dipersiapkan, dan dibuat dan ditandatangani dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Jika terjadi ketidaksesuaian antara versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, versi bahasa Indonesia akan berlaku, dan versi bahasa Inggris akan dianggap telah diubah secara otomatis agar sesuai dan selaras dengan versi bahasa Indonesia.

Para Pihak setuju bahwa Ketentuan Penggunaan ini dipersiapkan, dibuat dan ditandatangani sebagai dokumen elektronik dengan menggunakan tanda tangan elektronik sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan peraturan pelaksanaannya berikut perubahannya dari waktu ke waktu. Jika dipersyaratkan lebih lanjut oleh hukum atau kebijakan otoritas terkait, Para Pihak sepakat akan menggunakan metode tanda tangan elektronik yang dipersyaratkan dan segala biaya yang timbul atas penyesuaian tanda tangan elektronik tersebut akan ditanggung oleh Pemberi Pinjaman.

KEBIJAKAN PRIVASI

MULTIFINANCE ANAK BANGSA

1. Gambaran Umum 

  1. Kebijakan Privasi MAB ini (“Kebijakan Privasi”) menjelaskan bagaimana Kami memperoleh, mengumpulkan, mengakses, menyimpan, menggunakan, memproses, memindahkan, mengungkapkan, dan melindungi Informasi Pribadi Anda yang Anda berikan maupun yang teridentifikasi melalui penggunaan Platform dan/atau Layanan Kami. 
  2. Kami mengharapkan Anda membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan pemahaman Anda atas Kebijakan Privasi ini serta membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk (a) menggunakan Layanan dan (b) memberikan Informasi Pribadi Anda kepada Kami. 
  3. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua orang dan entitas yang mengakses atau menggunakan Platform dan/atau Layanan Kami. Dengan mengakses Situs Web dan/atau menggunakan Layanan yang tersedia pada Platform, Anda dengan ini menyatakan secara tegas bahwa Anda telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan secara tegas menyatakan untuk terikat dan tunduk pada Kebijakan Privasi ini. Secara khusus, Anda mengakui dan memberikan persetujuan kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mengirimkan, dan mengolah Informasi Pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. 

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut: 

  1. Gambaran umum
  2. Pengumpulan Informasi Pribadi 
  3. Penggunaan dan Pengungkapan Informasi Pribadi Yang Kami Kumpulkan
  4. Lembaga Penilai Kredit 
  5. Penyimpanan Informasi Pribadi
  6. Tempat Kami Menyimpan Informasi Pribadi Anda
  7. Keamanan Informasi Pribadi Anda 
  8. Akses dan Koreksi Informasi Pribadi
  9. Penarikan Persetujuan Anda
  10. Perubahan Terhadap Kebijakan Privasi Kami
  11. Anak di Bawah Umur 
  12. Materi Pemasaran
  13. Platform Pihak Ketiga
  14. Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme
  15. Pembatasan Tanggung Jawab
  16. Hukum yang Mengatur dan Bahasa 
  17. Definisi
  18. Kontak

Umum

  1. Ketika Anda mengakses Platform atau menggunakan Layanan, Kami dapat memproses data teknis seperti alamat protokol internet (internet protocol address) Anda, halaman web yang pernah Anda kunjungi, browser internet yang Anda gunakan, halaman web yang sebelumnya dan selanjutnya Anda kunjungi dan durasi setiap kunjungan atau sesi yang memungkinkan Kami untuk mengirimkan fungsi-fungsi Platform. 
  2. Sebagai tambahan, dalam beberapa hal, browser dan/atau perangkat dapat menyarankan Anda untuk mengaktifkan fungsi geo-location Anda untuk memungkinkan Kami untuk memberikan Anda suatu pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan Layanan. Dengan data teknis ini, Kami dapat mengelola Platform dan Layanan, misalnya dengan menyelesaikan kesulitan-kesulitan teknis atau memperbaiki kemampuan akses bagian-bagian tertentu dari Platform dan Layanan. 
  3. Apabila Anda menggunakan Layanan melalui Platform yang disediakan pihak ketiga, penggunaan Platform dan Layanan oleh Anda akan tunduk juga pada kebijakan privasi yang berlaku pada platform pihak ketiga tersebut. 
  4. Dari waktu ke waktu, Kami dapat mengumpulkan Informasi Pribadi Anda, termasuk Informasi Pribadi yang:
    1. diberikan oleh Anda ataupun Pihak yang Disetujui kepada Kami (“Informasi Pribadi yang Anda Berikan”);
    2. teridentifikasi dan Kami kumpulkan atas penggunaan Layanan dan/atau Platform oleh Anda (“Informasi Penggunaan Layanan”); dan
    3. Kami peroleh dari sumber-sumber yang tersedia untuk umum termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit, maupun agen, vendor, mitra dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada Kami, melakukan tugas atas nama Kami, atau dengan siapa Kami akan melakukan kerja sama. Dalam kasus tersebut, Kami hanya akan mengumpulkan Informasi Pribadi Anda untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut (tergantung pada situasinya).

Informasi Pribadi yang Anda Berikan

  1. Pada saat Anda mendaftar pada Layanan, Anda akan memberikan Informasi Pribadi tertentu kepada Kami sesuai dengan ketentuan penggunaan yang dipersyaratkan untuk masing-masing Layanan. Informasi Pribadi yang Anda Berikan adalah informasi yang benar, akurat, lengkap, tepat dan tidak menyesatkan.
  2. Ketika Anda menggunakan atau memesan suatu Layanan, Anda dapat memberikan Informasi Pribadi kepada Kami, sebagaimana relevan, seperti jenis Layanan, total biaya transaksi, nomor rekening bank dan/atau uang elektronik, alamat, jumlah pinjaman, nama bank, nama pemegang rekening dan/atau data lainnya sebagai pendukung ekosistem Layanan. Anda wajib untuk selalu memperbaharui dan menginformasikan setiap perubahan dari Informasi Pribadi yang Anda berikan kepada Kami. Kami berhak untuk meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi atas setiap Informasi Pribadi yang Anda berikan. 
  3. Melalui Anda, Kami dapat mengumpulkan informasi dan data tentang penerima manfaat, pemegang saham, kuasa, wali amanat, penjamin Anda, penyedia jaminan lainnya, dan individu-individu lain yang relevan untuk menyediakan Layanan (secara kolektif semua yang tersebut di atas yang adalah orang perseorangan, "Individu Yang Relevan"). Dengan memberikan Informasi Pribadi Individu Yang Relevan, Anda menjamin bahwa Anda telah mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Individu Yang Relevan untuk memberikan datanya kepada Kami. 
  4. Sehubungan dengan pemberian Layanan kepada Anda, Kami dapat mengumpulkan informasi dan data berikut:
    1. setiap Informasi Pribadi Anda dan/atau Individu Yang Relevan tersebut yang dapat mengidentifikasi Anda atau Individu Yang Relevan, termasuk tetapi tidak terbatas pada informasi-informasi yang diperlukan sehubungan dengan pelaksanaan prinsip mengenal pelanggan (know your customer - KYC) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan internal Kami;
    2. setiap Informasi Pribadi Anda dan/atau Individu Yang Relevan yang diberikan kepada Kami selama Anda mengakses atau menggunakan Platform dan/atau Layanan, seperti catatan partisipasi dalam setiap korespondensi interaktif pada Platform dan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk verifikasi keamanan; dan
    3. setiap Informasi Pribadi Anda dan/atau Individu Yang Relevan yang diberikan kepada Kami dan pihak yang terkait dengan Layanan termasuk catatan korespondensi melalui telepon, surat, percakapan online, pesan online, email atau melalui bentuk komunikasi lainnya. 

Informasi yang dikumpulkan setiap kali anda menggunakan Platform

  1. Informasi Pribadi Anda yang dikumpulkan dalam kaitannya dengan setiap kunjungan Anda ke Platform dan penggunaan Layanan termasuk: 
    1. informasi teknis, termasuk alamat Internet Protocol (IP) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat Anda dengan Internet, informasi login Anda, tipe dan versi browser, pengaturan zona waktu, tipe dan versi browser plug-in, sistem operasi dan platform; 
    2. informasi kunjungan situs, termasuk semua Uniform Resources Locators (URL) clickstream ke, melalui, dan dari Platform (termasuk tanggal dan waktu), layanan-layanan yang Anda lihat atau cari, waktu respons halaman, kesalahan unduh, lama kunjungan ke laman-laman tertentu, informasi interaksi laman (seperti scrolling, klik, dan mouse-over) dan metode- metode yang digunakan untuk pindah dari laman tersebut dan nomor telepon apapun yang digunakan untuk menghubungi nomor layanan pelanggan Kami; 
    3. informasi dan data dari cookies atau teknologi lainnya yang digunakan pada Platform; dan 
    4. Informasi kegiatan dan/atau transaksi yang berkaitan dengan Layanan yang Anda gunakan, termasuk hasil pencarian dan sejarah untuk Layanan dalam Platform, catatan transaksi Layanan, catatan pembayaran pinjaman, jumlah pinjaman, tujuan penggunaan pinjaman, dan catatan penyaluran pinjaman Anda. 
  2. Kami juga akan mengumpulkan setiap Informasi Pribadi Anda yang dikumpulkan oleh Kami ketika Anda berpartisipasi dalam acara yang Kami selenggarakan, seperti pesta, seminar, program kontes atau penghargaan, dalam bentuk apapun termasuk foto, rekaman video dan suara Anda. Data tersebut juga dapat kami gunakan dan/atau cantumkan dalam materi komunikasi, publikasi, iklan dan/atau promosi yang Kami lakukan. 
  3. Setiap kali Anda menggunakan Platform atau mengunjungi Situs Web kami, kami dapat mengumpulkan data teknis tertentu sehubungan dengan penggunaan Anda seperti, alamat protokol internet, informasi halaman web yang sebelumnya atau selanjutnya dilihat, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas perangkat internet atau alamat kontrol akses media, dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi dari perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Platform atau Situs Web kami.
  4. Cookie adalah berkas data kecil yang ditempatkan browser Anda pada perangkat internet Anda. Dengan cookie, fitur aplikasi dan/atau situs web yang Anda akses dapat menyimpan informasi atau mengingat tindakan dan preferensi Anda dari waktu ke waktu. Sebagian besar browser dan perangkat internet mendukung cookie; namun Anda dapat mengatur browser atau perangkat yang Anda gunakan untuk menolak beberapa jenis cookie tertentu atau cookie spesifik. Di samping itu, Anda dapat menghapus cookie kapan saja. Kami menggunakan cookie untuk berbagai tujuan. Kami menggunakannya, misalnya, untuk mengingat preferensi penelusuran laman Anda, membantu Anda untuk menggunakan Layanan atau mengelola Layanan.
  1. Kami dapat, dengan sendirinya dan/atau sebagai agen Anda, menyediakan Informasi Pribadi Anda dan Individu Yang Relevan kepada lembaga-lembaga penyedia jasa rujukan informasi kredit dan/atau penilaian kemampuan kredit (“Lembaga Penilai Kredit”) untuk tujuan memperbarui catatan kredit Anda dalam basis data kredit pelanggan dari Lembaga Penilai Kredit. Dalam hal ini, Informasi Pribadi Anda yang akan diungkapkan adalah yang terkait dengan Layanan yang diadakan atau digunakan oleh Anda dan Individu Yang Relevan tersebut. 
  2. Untuk tujuan menentukan risiko kredit Anda dalam menerima Layanan, evaluasi nilai kredit dan/atau pemberian layanan tambahan, Kami dapat mengakses dan memperoleh Informasi Pribadi dan akun atau catatan tentang Anda dan Individu Yang Relevan tersebut (termasuk informasi tentang jumlah perhitungan fasilitas atau pinjaman) dari Lembaga Penilai Kredit. 
  1. Informasi Pribadi Anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, paling singkat 5 tahun atau jangka waktu lainnya sesuai ketentuan Hukum yang Berlaku termasuk di sektor perbankan, terhitung sejak berhentinya hubungan usaha Anda dengan Kami atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan berhenti menyimpan Informasi Pribadi, atau menghapus cara-cara yang dapat digunakan untuk menghubungkan Informasi Pribadi tersebut dengan Anda sebagai individu, segera setelah Informasi Pribadi tersebut tidak lagi dibutuhkan untuk disimpan dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum. 
  2. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Informasi Pribadi Anda disimpan oleh pihak lain termasuk oleh penyedia layanan, dengan cara tertentu. Informasi yang disampaikan melalui komunikasi antara pengguna dan penyedia layanan yang dilakukan selain melalui Platform (seperti melalui panggilan telepon, SMS, pesan seluler atau cara komunikasi lainnya) juga dapat disimpan dengan beberapa cara. Kami tidak mengizinkan dan mendorong penyimpanan Informasi Pribadi dengan cara demikian dan kami tidak bertanggung jawab kepada Anda untuk hal tersebut. Kami tidak akan bertanggung jawab atas penyimpanan Informasi Pribadi Anda dalam hal tersebut. Anda setuju untuk mengganti rugi, membela, dan membebaskan Kami, pejabat, direktur, karyawan, agen, mitra, pemasok, kontraktor, dan Afiliasi Kami dari dan terhadap setiap dan segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi penuh) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari setiap penyimpanan yang tidak sah atas Informasi Pribadi Anda.
  1. Informasi Pribadi Anda yang Kami kumpulkan dapat disimpan, ditransfer, atau diolah oleh penyedia layanan pihak ketiga. Kami akan menggunakan semua upaya yang wajar untuk memastikan bahwa semua penyedia layanan pihak ketiga tersebut memberikan tingkat perlindungan yang sebanding dengan komitmen kami berdasarkan Kebijakan Privasi ini.
  2. Sejauh diperbolehkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, Informasi Pribadi Anda juga dapat disimpan atau diproses di luar negara Anda oleh pihak yang bekerja untuk Kami di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau Afiliasi Kami. Dalam hal tersebut, Kami akan memastikan bahwa Informasi Pribadi tersebut tetap menjadi subjek dari tingkat perlindungan yang sebanding dengan apa yang disyaratkan dalam hukum negara Anda (dan, dalam hal apapun, sejalan dengan komitmen Kami dalam Kebijakan Privasi ini).
  1. Kerahasiaan data dan Informasi Pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi Kami. Kami akan memberlakukan upaya dan langkah terbaik dan wajar (termasuk namun tidak terbatas menerapkan metode cryptography, encryption, dan/atau metode lainnya) untuk melindungi dan mengamankan Informasi Pribadi Anda, serta untuk mencegah akses atau pengungkapan Informasi Pribadi yang tidak sah atau bertentangan dengan hukum yang berlaku. Akan tetapi, Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem Kami tidak akan dapat ditembus sama sekali akibat adanya virus, malware, gangguan atau kejadian luar biasa termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga. 
  2. Anda mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi apapun yang Anda kirimkan melalui internet, atau menjamin bahwa Informasi Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, digunakan, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, secara tidak sah atau bertentangan dengan Kebijakan Privasi ini dan/atau Hukum yang Berlaku (“Pelanggaran Keamanan”), karena faktor-faktor di luar kendali Kami. Kami akan segera mengambil tindakan yang wajar, untuk mencegah, menyelidiki, menghentikan, memperbaiki Pelanggaran Keamanan, dan/atau memitigasi konsekuensi dari Pelanggaran Keamanan dan dapat memberitahukan Anda mengenai Pelanggaran Keamanan.
  3. Anda tidak boleh mengungkapkan sandi akun Anda kepada siapapun dan harus senantiasa menjaga kerahasiaan sandi Anda dan keamanan perangkat yang Anda gunakan.
  4.  
  1. Tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anda dapat meminta kepada Kami untuk mengakses dan/atau mengoreksi Informasi Pribadi Anda yang berada dalam kepemilikan dan penguasaan Kami, dengan menghubungi Kami di rincian kontak tercantum pada poin terakhir Kebijakan Privasi ini atau yang kami informasikan dari waktu ke waktu pada Platform atau Situs Web. 
  2. Kami berhak menolak permintaan Anda untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Informasi Pribadi Anda yang Kami miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Informasi Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang Kami anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.
  1. Kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, Anda dapat melakukan penarikan persetujuan Anda atas pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan Informasi Pribadi Anda dan/atau pemusnahan Informasi Pribadi Anda yang persyaratan dan tata caranya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang secara khusus mengatur hal ini, dengan memberikan pemberitahuan tertulis kepada Kami dari waktu ke waktu melalui Platform atau Situs Web.
  2. Penarikan persetujuan atau pemusnahan Informasi Pribadi Anda baik sebagian atau seluruhnya, dapat mengakibatkan Anda tidak lagi dapat menggunakan Layanan dan Platform. Dengan ini Anda menyatakan telah mengetahui, mengerti, memahami dan menyetujui dampak penarikan persetujuan dan/atau pemusnahan Informasi Pribadi Anda tersebut.

Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mencerminkan perubahan dalam kegiatan Kami. Jika Kami mengubah Kebijakan Privasi ini, Kami akan memberitahu Anda tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada Situs Web, Platform, atau ke alamat e-mail Anda. Kami menghimbau Anda untuk meninjau halaman ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang bagaimana ketentuan Kebijakan Privasi ini Kami berlakukan. Perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini akan berlaku (i) setelah tiga puluh Hari Kerja setelah pemberitahuan disampaikan atau (ii) jangka waktu lain yang ditentukan oleh Kami dan Kami beritahukan kepada Anda. apabila Anda tetap mengakses Situs Web dan terus menggunakan Layanan Kami setelah pemberitahuan disampaikan, mana yang lebih dahulu terjadi

Kami mungkin tidak dapat membedakan usia orang yang mengakses dan menggunakan Platform dan/atau Situs Web. Jika seorang anak di bawah umur (menurut hukum yang berlaku) telah memberikan Informasi Pribadinya kepada Kami tanpa persetujuan orang tua atau walinya, orang tua atau walinya itu harus menghubungi Kami untuk menghapus Informasi Pribadi yang terkait dan menghapus nama anak di bawah umur tersebut. Apabila Kami tidak dihubungi oleh orang tua atau walinya, maka apabila dipandang perlu Kami atas diskresi sendiri dapat menghapus nama anak di bawah umur tersebut. Apabila telah tercipta hak dan kewajiban atas hubungan hukum yang ada, maka wali atau orang tua berhak dan/atau berkewajiban untuk memenuhinya. 

Kami dapat mengirimkan Anda Materi Pemasaran melalui pesan singkat (short message service – SMS, e-mail, Chat Platform dan Media Sosial jika Anda telah setuju untuk berlangganan milis Kami, dan/atau setuju untuk menerima materi pemasaran dan promosi dari Kami. Anda dapat memilih untuk tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut kapan saja dengan mengklik pilihan “berhenti berlangganan” yang ada dalam pesan yang bersangkutan, atau menghubungi kami melalui detail kontak yang tercantum di bawah ini. Mohon perhatikan bahwa jika anda memilih untuk keluar, kami masih dapat mengirimi Anda pesan-pesan non-promosi, seperti informasi tentang Akun Anda.

  1. Situs Web, dan Materi Pemasaran dapat berisi tautan ke situs web yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Kami tidak mengendalikan atau menerima pertanggungjawaban atau tanggung jawab untuk situs web ini dan untuk pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, berbagi, atau pengungkapan data dan informasi oleh pihak ketiga tersebut. Silakan baca syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi dari situs web pihak ketiga tersebut untuk mengetahui bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan Informasi Pribadi Anda.
  2. Iklan yang terdapat pada Situs Web, dan Materi Pemasaran kami berfungsi sebagai tautan ke situs web pengiklan dan dengan demikian segala informasi yang mereka kumpulkan berdasarkan klik Anda pada tautan itu akan dikumpulkan dan digunakan oleh pengiklan yang relevan sesuai dengan kebijakan privasi pengiklan tersebut.
  3. Kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan informasi, konten, produk atau layanan yang disediakan atau ditawarkan oleh pihak ketiga atau diadopsi oleh situs-situs web pihak ketiga. Anda telah memahami, mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Anda membebaskan Kami dari setiap tuntutan, klaim, tanggung jawab atau kewajiban atas ketersediaan, keakuratan, kesesuaian, kelengkapan atau kebenaran layanan, konten, informasi atau produk yang disediakan atau ditawarkan oleh pihak ketiga tersebut. Kami tidak membuat representasi atau jaminan apa pun tentang layanan, konten, informasi dan/atau produk yang disediakan oleh pihak ketiga.
  4. Anda dapat menghubungi pihak ketiga tersebut secara langsung jika memiliki masalah atau apabila memiliki pertanyaan terkait dengan situs web, layanan, konten, informasi atau produk yang disediakan atau ditawarkan oleh pihak ketiga tersebut.
  5. Kami tidak bertanggung jawab atas isi syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi Privy, termasuk keakuratan informasi, konten, produk atau layanan yang disediakan atau ditawarkan oleh Privy dan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan Informasi Pribadi Anda oleh Privy. Anda telah memahami, mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Anda membebaskan Kami dari setiap tuntutan, klaim, tanggung jawab atau kewajiban terkait persetujuan Anda terhadap syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi Privy. Kami tidak membuat representasi atau jaminan apa pun tentang layanan, konten, informasi dan/atau produk yang disediakan oleh Privy. Silakan Anda membaca, memeriksa, dan memahami syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi Privy tersebut sebelum Anda menyetujui Ketentuan Penggunaan ini. 

Anda menyetujui bahwa Kami dapat setiap saat meminta dokumen pendukung tambahan atau Informasi Pribadi Anda yang relevan untuk kebutuhan pemrosesan Layanan dan/atau kebutuhan penerapan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

Anda dengan ini membebaskan dan/atau melepaskan Kami atau Afiliasi Kami dari segala tuntutan, klaim dan/atau gugatan yang timbul sehubungan dengan, namun tidak terbatas pada: (i) pemberian akses, perolehan, pengumpulan, pengolahan, penggunaan, analisis, pendistribusian, pengungkapan, penampilan, dan pengiriman  Informasi Pribadi Anda sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini atau untuk hal lainnya yang telah mendapatkan persetujuan Anda dari waktu ke waktu, (ii) informasi tidak tepat dan tidak akurat yang Anda berikan kepada Kami atau Afiliasi Kami, (iii) tidak dilakukannya pengkinian data (update) atas perubahan data atau Informasi Pribadi Anda yang digunakan untuk pendaftaran Layanan, dan/atau (iv) apabila Anda memberikan sandi kepada pihak ketiga.

  1. Kebijakan Privasi ini diatur oleh dan ditafsirkan menurut hukum Negara Republik Indonesia. Setiap dan seluruh sengketa yang timbul dari Kebijakan Privasi ini akan diatur oleh yurisdiksi eksklusif dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 
  2. Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara versi Bahasa Indonesia dan versi Bahasa Inggris, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku. 

“Afiliasi” berarti (i) pihak pengendali dari; (ii) anak perusahaan dari; atau (iii) pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan; atau (iv) pihak yang berada dalam satu grup usaha dengan Kami. 

“Anda” berarti setiap pihak yang menggunakan Layanan dan/atau mengunjungi atau mengakses Platform. 

“Hari Kerja” berarti hari, selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi nasional, di mana bank buka untuk melakukan kegiatan usahanya sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan/atau OJK.

"Informasi Pribadi" berarti informasi dan data mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi, yang Anda berikan atau dikumpulkan melalui Platform dan/atau Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir, kartu identitas penduduk, dan pekerjaan (apabila Anda adalah seorang individu), data dan dokumen identitas perusahaan (apabila Anda bukan seorang individu), nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail), perizinan dan/atau sejenisnya, dan informasi lain dan juga catatan atas transaksi dan kegiatan Anda dalam menggunakan Layanan yang mungkin dapat mengidentifikasi Anda. 

"Layanan" berarti berbagai layanan yang ditawarkan Kami sebagai perusahaan pembiayaan. 

“MAB” atau "Kami" berarti PT Multifinance Anak Bangsa, suatu perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang perusahaan pembiayaan yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan, dan/atau Afiliasinya. 

“Materi Pemasaran” berarti pemasaran langsung, iklan, dan komunikasi promosi melalui pos, panggilan telepon, layanan pesan singkat (SMS), dan email.“

“Pemberi Pinjaman” berarti pihak yang menyediakan dana pinjaman kepada Anda. 

“Pihak yang Disetujui” berarti pihak-pihak yang diberikan persetujuan oleh Anda untuk memberikan Informasi Pribadi Anda, yang berada dalam penguasaan pihak tersebut, kepada Kami dalam rangka penerimaan Layanan. 

“Platform” berarti sarana elektronik yang Kami gunakan untuk memberikan informasi dan Layanan kepada Anda termasuk namun tidak terbatas pada Situs Web dan/atau aplikasi yang dibuat dan/atau dikelola oleh Kami serta aplikasi dan situs web yang dikelola oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami. 

"Situs Web" berarti situs web yang Kami gunakan yaitu https://mab.co.id/ dan/atau situs lainnya yang secara resmi Kami kembangkan guna mendukung ekosistem Layanan. 

“Tujuan Pengembangan Layanan” berarti tujuan penggunaan dan pengungkapan Informasi Pribadi untuk tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada: 

  1. menilai atau memahami efektivitas promosi marketing Kami pada Platform dan untuk menyampaikan iklan yang relevan kepada Anda; 
  2. membuat saran dan rekomendasi untuk Anda tentang Layanan atau produk dan layanan pihak ketiga yang mungkin menarik bagi Anda; 
  3. menjaga akurasi informasi ”know your customer” dan melakukan pemeriksaan, sehubungan dengan kebijakan anti pencucian uang dan pendanaan terorisme, kredit dan latar belakang Anda;
  4. untuk memelihara, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan Layanan untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda; 
  5. untuk mencegah, mendeteksi dan menyelidiki segala kegiatan yang dilarang, ilegal, tidak sah, atau curang; 
  6. melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penyediaan Layanan yang ditawarkan atau yang dikeluarkan oleh Kami atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami dan penyediaan laporan penelitian atau bahan untuk analisis;
  7. melakukan penilaian risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, manajemen risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola model penilaian kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Anda dan Individu yang Relevan untuk referensi saat ini dan di masa mendatang baik untuk kepentingan Layanan yang disediakan Kami ataupun layanan yang diberikan oleh pihak ketiga lainnya;
  8. memantau dan mencatat panggilan dan komunikasi elektronik dengan Anda untuk tujuan pencatatan, kualitas, pelatihan, investigasi, dan pencegahan penipuan; 
  9. melaksanakan (termasuk, namun tidak terbatas pada, penagihan jumlah yang terutang kepada Anda berdasarkan Layanan yang diambil) atau membela hak-hak Kami dan/atau Pemberi Pinjaman, yang berasal dari kontrak atau dokumen lainnya; 
  10. melakukan manajemen internal untuk mengoperasikan sistem informasi kontrol dan manajemen dan melaksanakan audit internal atau mengizinkan pelaksanaan audit eksternal; 
  11. memungkinkan pihak ketiga yang menerima hak Kami dan/atau Pemberi Pinjaman terhadap Anda, untuk mengevaluasi transaksi yang dimaksudkan untuk menjadi obyek dari pengalihan; 
  12. untuk memasarkan produk atau layanan keuangan atau layanan lain yang terkait dengan pinjaman melalui berbagai moda komunikasi dan merancang atau menyaring produk atau layanan yang serupa termasuk dengan melakukan riset pasar, analisis data, dan survei; dan/atau
  13. untuk memungkinkan kami mematuhi semua kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, (namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan, penyelidikan, atau arahan peraturan) dan melakukan pemeriksaan audit, uji tuntas dan penyelidikan.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang privasi dan keamanan informasi Anda dan ingin memperbarui atau menghapus data Anda, maka silakan hubungi kami di support@mab.co.id, dpo-id@mab.co.id, atau saluran komunikasi lainnya sebagaimana tersedia pada Platform atau sebagaimana Kami informasikan kepada Anda dari waktu ke waktu.

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Media Kit
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.