Untuk mengecek status dan riwayat transaksi QRIS yang masuk ke aplikasi GoPay Merchant, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
Buka halaman ‘Beranda’ → klik ‘Lihat semua transaksi’ pada bagian Transaksi terakhir untuk melihat keseluruhan riwayat pembayaran yang masuk ke toko Anda.
Catatan:
Jika memiliki lebih dari satu cabang, Anda bisa melihat gabungan riwayat transaksi dari semua toko atau salah satu toko yang Anda inginkan (klik tanda panah ke bawah pada bagian nama toko → pilih toko → klik ‘Pilih’)
Pilih periode* sesuai kebutuhan dan filter aktivitas ‘Pembayaran’.
*) Periode riwayat pembayaran bisa dilihat hingga 6 bulan terakhir
Riwayat pembayaran QRIS akan muncul. Silakan klik salah satu transaksi untuk melihat detail beserta status transaksinya.
Berikut penjelasan status transaksi di aplikasi GoPay Merchant:
- Sukses: artinya pembayaran masuk dan berhasil. Anda bisa cek bagian ‘Pendapatan hari ini’ pada menu ‘Beranda’ untuk memastikan saldo telah bertambah.
- Dalam proses: : artinya pembayaran masih diproses. Mohon tunggu hingga status transaksi berubah.
Jika status berubah menjadi gagal / batal / expired, khusus pembayaran dengan QRIS dinamis, silakan buat kode QR baru dan minta pelanggan melakukan pembayaran ulang.
Pastikan pelanggan melakukan scan QRIS dalam waktu 10 menit sebelum melewati batas waktu habis (timeout). Jangan lupa juga untuk minta pelanggan menunjukkan bukti pembayaran di aplikasinya dan pastikan statusnya berhasil/selesai.
- Gagal: artinya transaksi gagal dan saldo tidak akan masuk. Silakan minta pelanggan untuk membayar menggunakan metode pembayaran lainnya.
Semoga informasi ini dapat membantu Anda.