Jika ha-hal berikut terjadi ketika pelanggan melakukan pembayaran menggunakan QRIS:
- Pelanggan kelebihan membayar/membayar dua kali untuk transaksi yang sama
- Barang yang hendak dibeli tidak diserahkan karena pembayaran sempat tertunda, namun akhirnya diterima
Anda bisa mengembalikan uang pelanggan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
- Pastikan Anda sudah update aplikasi ke versi terbaru.
- Klik ‘Lihat semua aktivitas’ di Beranda untuk mengakses riwayat transaksi.
- Cari dan pilih transaksi yang ingin dikembalikan pembayarannya.
Cek metode pembayaran, nominal, dan waktu transaksi untuk memastikan Anda memilih transaksi yang benar. - Klik tombol ‘Pengembalian uang’ di bawah halaman.
- Masukkan jumlah uang yang ingin dikembalikan (bisa seluruhnya atau sebagian) dan tuliskan catatan jika perlu.
- Jika sudah yakin, klik ‘Proses pengembalian uang’.
Pengembalian uang akan diterima pelanggan di aplikasi yang sebelumnya digunakan untuk melakukan pembayaran dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
Penting!
- Pengembalian uang hanya bisa dilakukan hingga 4 hari (96 jam) sejak transaksi terjadi.
Setelah itu, tombol tidak akan bisa diklik. Silakan selesaikan kendala secara langsung dengan pelanggan.
- Pastikan saldo toko Anda mencukupi untuk dilakukan pemotongan.
- Pengembalian uang tidak bisa dilakukan ke tujuan lain selain ke akun bank/e-wallet yang sebelumnya pelanggan gunakan untuk melakukan pembayaran.