GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh Yuk!
  • bantuan merchant /
  • pembayaran qris /
  • Cara mengembalikan uang pelanggan

Cara mengembalikan uang pelanggan

Jika ha-hal berikut terjadi ketika pelanggan melakukan pembayaran menggunakan QRIS:

  • Pelanggan kelebihan membayar/membayar dua kali untuk transaksi yang sama
  • Barang yang hendak dibeli tidak diserahkan karena pembayaran sempat tertunda, namun akhirnya diterima

Anda bisa mengembalikan uang pelanggan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan Anda sudah update aplikasi ke versi terbaru.
  2. Klik ‘Lihat semua aktivitas’ di Beranda untuk mengakses riwayat transaksi.
  3. Cari dan pilih transaksi yang ingin dikembalikan pembayarannya.

    Cek metode pembayaran, nominal, dan waktu transaksi untuk memastikan Anda memilih transaksi yang benar.

  4. Klik tombol ‘Pengembalian uang’ di bawah halaman.
  5. Masukkan jumlah uang yang ingin dikembalikan (bisa seluruhnya atau sebagian) dan tuliskan catatan jika perlu.
  6. Jika sudah yakin, klik ‘Proses pengembalian uang’. 

Pengembalian uang akan diterima pelanggan di aplikasi yang sebelumnya digunakan untuk melakukan pembayaran dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

Penting!

  • Pengembalian uang hanya bisa dilakukan hingga 4 hari (96 jam) sejak transaksi terjadi.

    Setelah itu, tombol tidak akan bisa diklik. Silakan selesaikan kendala secara langsung dengan pelanggan.
  • Pastikan saldo toko Anda mencukupi untuk dilakukan pemotongan.
  • Pengembalian uang tidak bisa dilakukan ke tujuan lain selain ke akun bank/e-wallet yang sebelumnya pelanggan gunakan untuk melakukan pembayaran.

Apakah artikel ini berguna?

Masih membutuhkan bantuan?

Hubungi Kami

Artikel Terkait

  • Apa itu QRIS GoPay?
  • Cara menampilkan QRIS di aplikasi
  • Cara menerima pembayaran QRIS
  • Cara cek status & riwayat transaksi QRIS
  • Cara membatalkan pembayaran QRIS

Aplikasi terbaru GoPay spesial untuk pemilik usaha.

Aplikasi GoPay Merchant banyak Gratis-nya. Daftar QRIS Gratis. Terima pembayaran QRIS Gratis. Cairin uang kemanapun gratis. Yuk, instal sekarang!

Play Store GoPay Merchant
App Store GoPay Merchant

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.