Ini semua hal yang harus kamu tahu tentang GoTo PIN:
Apa itu GoTo PIN?
Pada dasarnya, GoTo PIN merupakan penamaan baru (re-branding) dari GoPay PIN. Dengan demikian, pengguna yang sudah memiliki GoPay PIN secara otomatis sudah memiliki GoTo PIN dan tidak perlu membuat PIN baru.
GoTo PIN merupakan PIN tunggal yang akan digunakan untuk keperluan login dan memverifikasi semua transaksi di seluruh ekosistem GoTo (Gojek, GoPay, dan Tokopedia).
GoTo PIN tersebut secara bertahap juga akan menggantikan Tokopedia PIN yang selama ini digunakan oleh pengguna di platform Tokopedia. Berikut detailnya:
Seberapa amankah GoTo PIN?
- Transmisi & penyimpanan GoTo PIN sepenuhnya dienkripsi.
- Semua pemrosesan & penyimpanan GoTo PIN dibatasi di wilayah Indonesia.
- GoTo PIN dipelihara dan disimpan dalam satu sistem dimana otorisasi dilakukan melalui token JWT.
Bagaimana cara meningkatkan keamanan GoTo PIN?
Berikut tips untuk meningkatkan keamanan GoTo PIN-mu:
- Mengganti PIN secara berakala: Perbarui PIN sebaiknya beberapa bulan, untuk menghindari berbagai risiko dari pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Hindari menggunakan PIN yang sama: Jangan gunakan PIN yang sama dengan aplikasi/website lain karena jika PIN tersebut bocor, peretas dapat memanfaatkan situasi ini untuk mencoba akses tidak sah ke akun GoPay Anda.
- Perkuat Kompleksitas PIN: Buat PIN yang sulit ditebak, hindari penggunaan "123456" atau informasi pribadi seperti tanggal lahir.
- Jaga kerahasiaan PIN: Jangan bagikan kepada siapa pun. Pastikan hanya kamu yang mengetahuinya.
- Bertindak berdasarkan rasa curiga: Jika kamu curiga pernah membagikan PIN atau merasa PIN mudah ditebak, segera ubah.
Mengapa GoPay PIN berganti nama menjadi GoTo PIN?
Sebagai tindak lanjut dari penggabungan informasi akun yang dimiliki pengguna untuk berbagai aplikasi GoTo (Gojek, GoPay, dan Tokopedia) ke dalam satu data identitas tunggal (GoTo Profile), GoTo memperkenalkan GoTo PIN yang merupakan penamaan baru (re-branding) dari GoPay PIN.
GoTo PIN bertujuan untuk menyederhanakan proses login dan verifikasi transaksi di mana pengguna hanya memerlukan satu PIN tunggal untuk mengakses akun Gojek, GoPay, dan Tokopedia.
Cara membuat GoTo PIN
Jika kamu belum pernah memiliki GoPay PIN, ikuti langkah berikut untuk membuat GoTo PIN:
- Buka aplikasi Gojek/GoPay/Tokopedia.
- Klik Profil/Setting.
- Pilih ‘Atur GoTo PIN’, lalu masukkan 6 digit PIN yang akan menjadi GoTo PIN kamu.
- Ikuti prosesnya hingga selesai.
Saya ingin ganti/lupa GoTo PIN saya
- Klik foto profil-mu di pojok kiri atas.
- Di halaman ‘Pengaturan & Keamanan’, klik ‘Perkuat perlindunganmu di sini’.
- Pilih ‘Atur PIN’.
- Jika kamu sudah memiliki GoTo PIN dan ingin menggantinya dengan yang baru, klik ‘Ganti PIN’.
- Jika kamu lupa, pilih menu Lupa PIN lalu ikuti prosesnya hingga selesai.
Atau, apabila pada saat melakukan transaksi kamu lupa GoTo PIN di halaman ‘Masukkan PIN’, kamu dapat klik ‘Lupa PIN’.
Saat kamu mengatur kembali GoTo PIN-mu, pastikan kamu menggunakan kombinasi angka yang mudah kamu ingat dan selalu jaga kerahasiaan PIN.
Kenapa saya tidak bisa ganti GoTo PIN?
Berikut kemungkinan GoTo PIN tidak bisa diganti:
- Sistem mengidentifikasi adanya aktivitas mencurigakan di akun-mu; Kami membatasi penggantian PIN untuk memastikan tidak ada penipu yang mengakses akun/uang-mu.
- Belum menerima kode OTP; Mohon pastikan nomor handphone yang dimasukkan sebelumnya benar dan terdaftar, serta sinyal handphone-mu bagus.
Apabila kamu telah mencoba 3 (tiga) kali memasukkan GoTo PIN, maaf sekali, PIN kamu akan dinonaktifkan sementara selama 60 menit untuk perlindungan keamanan. Tapi jangan khawatir, setelah 60 menit, kamu bisa memasukkan GoTo PIN-mu kembali, dan melakukan transaksi menggunakan GoPay.
Why I can't use my GoTo PIN?
Why I need to reset my GoTo PIN?