Jika pelanggan sudah melakukan scan QRIS namun status pembayaran gagal (seperti gambar di bawah ini), mohon pastikan kembali status transaksi tersebut dengan melakukan langkah-langkah berikut:
Cek halaman ‘Beranda' pada bagian Transaski terakhir → klik ‘Lihat semua terakhir’ untuk melihat riwayat pembayaran yang masuk.
Cari transaksi yang ingin Anda cek statusnya:
- Sukses: artinya pembayaran masuk dan berhasil. Anda bisa cek bagian ‘Pendapatan hari ini’ pada menu ‘Beranda’ untuk memastikan saldo telah bertambah.
- Dalam proses: artinya pembayaran masih diproses. Mohon tunggu hingga status transaksi berubah.
Jika status berubah menjadi gagal / batal / expired, khusus pembayaran dengan QRIS dinamis, silakan buat kode QR baru dan minta pelanggan melakukan pembayaran ulang.
Pastikan pelanggan melakukan scan QRIS dalam waktu 10 menit sebelum melewati batas waktu habis (timeout). Jangan lupa juga untuk minta pelanggan menunjukkan bukti pembayaran di aplikasinya dan pastikan statusnya berhasil/selesai.
- Gagal: artinya transaksi gagal dan saldo tidak akan masuk ke akun GoPay Merchant Anda. Silakan minta pelanggan untuk membayar menggunakan metode pembayaran lainnya.
Saya tidak terima pembayaran dari pelanggan, namun saldo pelanggan sudah terpotong…
Silakan laporkan kepada kami melalui artikel "Pembayaran pelanggan berhasil, namun tidak diterima”.
Semoga informasi ini dapat membantu Anda.