Supaya sukses, sebuah bisnis harus diketahui oleh banyak orang, terutama oleh audiens yang ingin dituju. Hal ini juga berlaku bagi usaha retail karena persaingannya semakin ketat dengan jumlah bisnis yang telah mencapai jutaan unit memasuki tahun 2020-an. Maka dari itu, kamu perlu strategi promosi usaha retail yang tepat agar bisnismu semakin dikenal dan untung. Apa itu, dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita pelajari di sini!
Apa Itu Strategi Promosi Usaha Retail?
Untuk memahami definisi dari strategi promosi usaha retail, kita perlu membedah setiap komponennya: strategi promosi dan usaha retail itu sendiri. Sederhananya, strategi promosi adalah upaya untuk memperkenalkan sebuah bisnis kepada konsumen dan membujuk mereka agar tertarik dengan penawaranmu. Sementara itu, retail adalah jenis bisnis yang menjual produk untuk digunakan secara pribadi. Jadi, jika digabungkan, ini adalah upaya memperkenalkan bisnis yang menyasar konsumen individu.
Pentingnya Strategi Promosi Usaha Retail
Memangnya, kenapa sebuah bisnis retail harus memiliki strategi promosi usaha? Berikut adalah manfaat pentingnya:
Meningkatkan brand awareness
Salah satu tujuan utama strategi promosi usaha retail adalah membuat lebih banyak orang mengenal keberadaan bisnis tersebut. Inilah yang sering kali dikenal dengan istilah brand awareness, dan peranannya sangat penting bagi bisnis karena konsumen lebih memilih brand yang familier.
Menarik pelanggan baru
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, brand awareness bisa memperkenalkan bisnis kepada lebih banyak orang. Tingginya awareness ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan pelanggan baru, terutama untuk mengembangkan cakupan usaha.
Mempertahankan pelanggan lama
Tak hanya menarik perhatian pembeli baru, strategi promosi usaha retail juga berguna untuk mempertahankan pelanggan setia. Sebab, adanya promosi yang menguntungkan pembeli lama menunjukkan bahwa kamu juga mengapresiasi kesetiaan mereka.
Mencetak lebih banyak penjualan
Gabungan dari ketertarikan pembeli baru dan pembelian berulang oleh pelanggan setia berkat promosi menarik akan meningkatkan pemasukan. Pada akhirnya, penjualan pun bertambah, dan bisnismu tetap untung dalam jangka panjang.
Contoh Ide Strategi Promosi Usaha Retail
Apa saja ide strategi promosi usaha retail yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari? Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari daftar berikut:
Influencer marketing
Mau menjangkau target audiens tertentu? Kamu bisa menggandeng influencer yang bergerak di bidang bisnismu untuk mempromosikan barangmu. Sebagai pemula, kamu tidak perlu influencer terkenal; nano atau micro influencer juga efektif selama sesuai dengan branding usahamu.
Giveaway spesial
Kamu juga bisa mendorong partisipasi calon pelanggan maupun pelanggan setia dengan mengadakan giveaway, atau undian barang gratis. Supaya bisa menjaring lebih banyak orang, buatlah syarat partisipasi yang gampang, misalnya cukup dengan share post dan follow akun media sosial.
Promo terbatas
Konsumen sangat suka belanja dengan harga diskon. Jadi, kamu bisa memanfaatkan momen tertentu seperti Harbolnas, anniversary, atau hari raya besar untuk memberikan promosi eksklusif yang terbatas!
Loyalty program
Jangan lupa apresiasi pelanggan setiamu dengan menghadirkan program eksklusif bagi mereka. Misalnya, dengan loyalty program yang memungkinkan mereka mengumpulkan poin dari setiap pembelian untuk ditukarkan dengan berbagai rewards menarik.
Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan
Langkah-langkah Membuat Strategi Promosi Usaha Retail
Tertarik merancang strategi promosi usaha retail kamu sendiri? Agar tepat sasaran, perhatikan tips di bawah ini, ya!
Tentukan target audiens
Pertama, kamu harus memilih audiens yang ingin dirangkul sespesifik mungkin. Buatlah pilihanmu berdasarkan jenis kelamin, usia, gaya hidup, lokasi, dan aspek-aspek lainnya yang sesuai dengan tujuan brand.
Buat konten yang membangun emosi
Setelah mengetahui seluk-beluk audiensmu, pancing perhatian mereka dengan konten promosi yang menekankan emosi. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengemas promosi dalam cerita yang menarik dan relatable.
Pilih platform promosi yang tepat
Agar konten promosi terlihat oleh target audiensmu, pilihlah channel pemasaran yang paling populer di kalangan mereka, entah itu media sosial atau blog. Lalu, jangan lupa sesuaikan format dan panjang kontenmu dengan ketentuan platform tersebut.
Tentukan durasi dan anggaran promosi
Setelah merencanakan isi dan tempat promosi, tentukan jangka waktu kampanye pemasaran. Hal ini penting untuk memberikan konsumen waktu yang cukup untuk mengenal bisnismu dan mempertahankan kesan eksklusif dari brand. Selain itu, durasi promosi juga berdampak pada budget yang dibutuhkan, jadi tentukanlah dengan baik agar keuanganmu tidak boros.
Selain keempat tips di atas, ada satu lagi strategi promosi usaha retail yang tidak boleh kamu lewatkan: menawarkan pengalaman belanja terbaik. Salah satunya bisa kamu terapkan dengan metode pembayaran yang lengkap, contohnya QRIS GoPay! Setelah scan kode QR, pembayaran pelanggan sudah otomatis tercatat agar rekap keuangan jadi lebih gampang, dan kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai skema promosi. Tunggu apa lagi? Yuk, jadilah GoPay Merchant dan sukseskan bisnis retail!