Rasanya, mempromosikan produk itu susah-susah gampang, ya? Soalnya, pasti ada saja masalahnya, salah satunya tidak punya ide harus membuat konten seperti apa. Makanya, kamu mungkin sering merasa bingung, "Bagaimana cara memasarkan produk supaya bisa menonjol di antara ribuan produk lain?" Tapi, tenang dulu! Soalnya, ada banyak strategi yang bisa kamu coba untuk menarik perhatian pembeli, lho. Yuk, simak beberapa contohnya!
Cara Memasarkan Produk dengan Menarik
Berikut adalah berbagai strategi dan cara memasarkan produk yang kreatif untuk menggaet hati pembeli:
1. Mengadakan giveaway
Siapa yang tidak suka mendapatkan barang gratis? Makanya, giveaway adalah salah satu cara memasarkan produk yang paling efektif untuk menarik perhatian konsumen!
Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau TikTok untuk mengadakan giveaway. Misalnya, mintalah followers kamu untuk mengikuti akunmu, like postingan, dan tag teman-teman mereka di kolom komentar. Hasilnya, kamu dapat meningkatkan interaksi dan memperluas jangkauan akunmu.
2. Diskon dadakan
Diskon dadakan bisa menjadi strategi ampuh untuk mendorong konsumen melakukan pembelian impulsif. Misalnya, kamu bisa menawarkan diskon 20% selama satu jam pada hari tertentu. Terutama, untuk produk yang populer dan sering sold out.
Nah, melalui taktik FOMO marketing ini, konsumen akan merasa takut kehabisan atau melewatkan kesempatan mendapatkan produk incaran dengan harga lebih murah. Sehingga, mereka tidak akan mudah ragu-ragu membeli produkmu.
Baca Juga: Panduan Lengkap tentang Mass Market untuk Kesuksesan Bisnis
3. Bundle khusus
Mau menarik perhatian konsumen sekaligus menjual lebih banyak produk? Paket produk jawabannya! Kamu bisa menggabungkan beberapa produk dalam satu bundle dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika dibeli secara terpisah. Contohnya, bundle lipstik dengan maskara, sereal dengan susu, kaos dengan tote bag kanvas, dan lain-lain.
4. Sampel gratis
Memberikan sampel gratis juga termasuk dalam cara memasarkan produk yang ampuh, lho. Soalnya, mereka bisa mencoba produkmu tanpa risiko. Terus, ketika mereka puas dengan sampel yang mereka coba, tidak menutup kemungkinan mereka akan membeli produk dalam ukuran penuh. Kamu bisa menawarkan sampel ini saat ada event spesial atau sebagai hadiah gratis ekstra dalam setiap pembelian yang mencapai nominal transaksi tertentu.
5. Membuat challenge unik
Sering melihat hashtag challenge yang viral di media sosial? Ini salah satu cara memasarkan produk yang tidak kalah menarik, lho! Dari challenge tersebut, bisa saja produkmu bertambah viral dan diketahui oleh semakin banyak orang. Hasilnya, brand awareness plus penjualan juga ikut meningkat, deh.
Caranya, buat tantangan yang melibatkan produkmu dan undang followers untuk berpartisipasi. Misalnya, tips life hack unik menggunakan produk dari brand-mu atau berbagi kisah kehidupan. Kemudian, jangan lupa tawarkan hadiah menarik untuk peserta terbaik agar lebih banyak orang tertarik ikutan.
6. Konten humor berdasarkan tren
Coba ingat lagi iklan yang berhasil membuatmu tertawa, dan pada akhirnya kamu jadi tertarik mengulik brand tersebut lebih lanjut. Itu dia bukti dari kekuatan humor! Nah, kamu juga bisa memanfaatkan strategi tersebut dengan membuat konten lucu yang mengikuti tren terkini, contohnya meme atau skit parodi.
Tapi, sebelum itu, ada baiknya kamu memahami konteks di balik tren tersebut dan mempelajari bagaimana kamu bisa mengaitkannya secara alami dengan produkmu. Lalu, pastikan juga apakah humor tersebut sejalan dengan brand image-mu dan sesuai dengan selera target pasarmu. Melalui tips-tips tersebut, kontenmu akan semakin relevan dan mudah diingat konsumen dengan kesan positif.
Kalau sudah menerapkan salah satu dari cara memasarkan produk di atas, jangan lupa mengantisipasi lonjakan angka pembelian di tempat usahamu, ya! Tapi, jangan khawatir dulu karena kamu bisa mengatasinya dengan lebih mudah sebagai GoPay Merchant.
Kamu dapat melayani pelanggan dengan lebih cepat karena mereka tinggal scan QRIS yang kamu miliki supaya lebih praktis. Lalu, saat pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi dari loudspeaker GoPay Spiker agar kamu tidak perlu cek berulang kali di aplikasi keuangan.
Jadi, kamu bisa langsung menyelesaikan pesanan pelanggan sambil melakukan hal lain, dan pembeli pun lebih betah berlangganan, deh! Gimana, mau menikmati semua manfaat tersebut? Download aplikasi GoPay Merchant sekarang dan daftarkan usahamu, yuk!