Sebaik apa pun kualitas produk yang kamu jual, percuma kalau tidak ada orang yang membelinya. Makanya, kamu perlu memperkenalkan produk tersebut kepada target pasar yang tepat. Untuk melakukan hal tersebut, kamu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif.
Strategi marketing memberikan fokus yang jelas pada target pasar, produk yang ditawarkan, serta cara menjangkau dan menarik pelanggan. Dengan begitu, bisnismu jadi lebih terarah dan kamu bisa lebih mudah mengambil keputusan yang tepat. Mengingat pentingnya pemasaran dalam bisnis, yuk, kita bahas selengkapnya di bawah ini!
Apa Itu Strategi Pemasaran?
Strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh yang dibuat oleh bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal ini umumnya mencakup serangkaian target, aturan, taktik, dan aktivitas yang dirancang untuk menarik pelanggan, meningkatkan brand awareness, atau mendorong penjualan. Dalam praktiknya, strategi marketing menjalankan fungsi khusus bagi bisnis. Apa saja?
Baca juga: Panduan Lengkap Promosi untuk Mitra Usaha: Memacu Pertumbuhan Bisnis
Fungsi Strategi Pemasaran
Pentingnya peran strategi pemasaran dalam bisnis tidak terlepas dari fungsinya, seperti di bawah ini:
-
Tolak ukur keberhasilan promosi
Strategi marketing yang ideal biasanya memiliki tujuan spesifik dan terukur. Tujuan tersebut ditetapkan dalam bentuk key performance indicators (KPI) yang relevan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi hasil kerja promosi dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
-
Memberikan arahan bisnis
Dalam merancang strategi pemasaran, kamu akan menentukan tujuan jangka panjang dan pendek. Tujuan tersebut dapat menjadi dasar bagi kamu dan tim untuk menyusun kerangka kerja, sehingga nanti kamu bisa mengambil keputusan yang strategis. Dengan kata lain, adanya tujuan dapat membantu kamu untuk fokus pada aktivitas pemasaran yang paling penting demi.
-
Pedoman konsistensi promosi
Pemasaran produk biasanya terdiri dari banyak aktivitas di berbagai platform. Nah, strategi marketing berfungsi untuk memastikan agar semua komunikasi pemasaran konsisten dengan identitas brand. Dengan begitu, pesan promosi yang kamu buat pun bisa tersampaikan secara jelas dan konsisten kepada target pasar.
Tujuan Strategi Pemasaran
Dengan fungsi-fungsi di atas, strategi marketing dapat membantu bisnismu untuk mencapai berbagai tujuan berikut:
-
Menentukan target konsumen yang tepat
Dalam merancang strategi pemasaran, kamu akan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu seperti geografi, demografis, dan perilaku. Lalu, buatlah profil konsumen ideal untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Dengan memahami target konsumenmu secara mendalam, kamu bisa mengalokasikan sumber daya pemasaran secara lebih efektif dan efisien.
Baca juga: Panduan Lengkap Segmentasi Pasar untuk Bisnis
-
Menghemat budget pemasaran
Sumber daya pemasaran mencakup banyak hal, mulai dari saluran atau platform, konten, hingga dana. Nah, strategi marketing yang tepat dapat membantumu memilih saluran pemasaran yang paling efisien. Kamu jadi bisa menghindari aktivitas pemasaran yang kurang relevan atau tidak memberikan hasil signifikan. Hasilnya, bisnis dapat memaksimalkan hasil dengan biaya minimal.
Komponen Strategi Pemasaran
Supaya strategi marketing berfungsi optimal dan mampu mencapai tujuan, pastikan kamu melibatkan komponen-komponen berikut:
- Produk: Seluruh aspek produk atau layanan yang kamu tawarkan, seperti fitur, manfaat, kualitas, kemasan, dan desain;
- Harga: Berkaitan dengan strategi penetapan harga, promosi, dan kebijakan pembayaran;
- Tempat: Saluran distribusi yang kamu gunakan untuk menjangkau target pasar, seperti toko fisik, online, agen, atau lainnya;
- Promosi: Seluruh aktivitas yang kamu lakukan untuk mempromosikan produk atau layanan, baik itu penjualan langsung, digital marketing, event, dan sebagainya;
- Tim marketing: Orang-orang yang terlibat dalam proses perancangan strategi pemasaran bisnis.
Contoh Strategi Pemasaran
Libatkan seluruh komponen di atas dalam merancang strategi marketing. Banyak aktivitas pemasaran yang bisa kamu eksplor untuk mempromosikan produk. Berikut beberapa di antaranya:
- Memasang iklan di media konvensional seperti televisi dan radio;
- Posting konten interaktif di media sosial;
- Membuat artikel berbasis search engine optimization (SEO);
- Memasang iklan reklame;
- Mengirimkan email marketing;
- Menyelenggarakan event.
Supaya peluang sukses bisnis makin besar, lengkapi strategi pemasaran dengan sistem transaksi yang praktis. Untuk mengaksesnya, yuk, daftar menjadi GoPay Merchant! Sebagai GoPay Merchant, kamu bisa menerima pembayaran via QRIS untuk memudahkan transaksi konsumen, sehingga mereka semakin terdorong untuk belanja.
Bahkan khusus untuk merchant usaha mikro, kamu akan mendapat benefit berupa merchant discount rate (MDR) 0% untuk transaksi QRIS dengan nominal dibawah Rp100.000! Tak hanya itu, kamu juga dapat memesan GoPay Spiker untuk meningkatkan efisiensi usaha. Soalnya, perangkat ini bisa menyuarakan status transaksi yang berhasil beserta nominal pembayarannya agar kamu dapat segera melayani pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi GoPay Merchant dan daftarkan bisnismu sekarang juga!