GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

Share

Fungsi dan Komponen Penting Strategi Pemasaran

19 Sep 2024

•

3 min

Fungsi dan Komponen Penting Strategi Pemasaran

Sebaik apa pun kualitas produk yang kamu jual, percuma kalau tidak ada orang yang membelinya. Makanya, kamu perlu memperkenalkan produk tersebut kepada target pasar yang tepat. Untuk melakukan hal tersebut, kamu membutuhkan strategi pemasaran yang efektif.

Strategi marketing memberikan fokus yang jelas pada target pasar, produk yang ditawarkan, serta cara menjangkau dan menarik pelanggan. Dengan begitu, bisnismu jadi lebih terarah dan kamu bisa lebih mudah mengambil keputusan yang tepat. Mengingat pentingnya pemasaran dalam bisnis, yuk, kita bahas selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh yang dibuat oleh bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal ini umumnya mencakup serangkaian target, aturan, taktik, dan aktivitas yang dirancang untuk menarik pelanggan, meningkatkan brand awareness, atau mendorong penjualan. Dalam praktiknya, strategi marketing menjalankan fungsi khusus bagi bisnis. Apa saja?

Baca juga: Panduan Lengkap Promosi untuk Mitra Usaha: Memacu Pertumbuhan Bisnis

Fungsi Strategi Pemasaran

Pentingnya peran strategi pemasaran dalam bisnis tidak terlepas dari fungsinya, seperti di bawah ini:

  • Tolak ukur keberhasilan promosi

Strategi marketing yang ideal biasanya memiliki tujuan spesifik dan terukur. Tujuan tersebut ditetapkan dalam bentuk key performance indicators (KPI) yang relevan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran. Dengan begitu, kamu bisa mengevaluasi hasil kerja promosi dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

  • Memberikan arahan bisnis

Dalam merancang strategi pemasaran, kamu akan menentukan tujuan jangka panjang dan pendek. Tujuan tersebut dapat menjadi dasar bagi kamu dan tim untuk menyusun kerangka kerja, sehingga nanti kamu bisa mengambil keputusan yang strategis. Dengan kata lain, adanya tujuan dapat membantu kamu untuk fokus pada aktivitas pemasaran yang paling penting demi.

  • Pedoman konsistensi promosi

Pemasaran produk biasanya terdiri dari banyak aktivitas di berbagai platform. Nah, strategi marketing berfungsi untuk memastikan agar semua komunikasi pemasaran konsisten dengan identitas brand. Dengan begitu, pesan promosi yang kamu buat pun bisa tersampaikan secara jelas dan konsisten kepada target pasar.

Tujuan Strategi Pemasaran

Dengan fungsi-fungsi di atas, strategi marketing dapat membantu bisnismu untuk mencapai berbagai tujuan berikut:

  • Menentukan target konsumen yang tepat

Dalam merancang strategi pemasaran, kamu akan membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil berdasarkan karakteristik tertentu seperti geografi, demografis, dan perilaku. Lalu, buatlah profil konsumen ideal untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Dengan memahami target konsumenmu secara mendalam, kamu bisa mengalokasikan sumber daya pemasaran secara lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Panduan Lengkap Segmentasi Pasar untuk Bisnis

  • Menghemat budget pemasaran

Sumber daya pemasaran mencakup banyak hal, mulai dari saluran atau platform, konten, hingga dana. Nah, strategi marketing yang tepat dapat membantumu memilih saluran pemasaran yang paling efisien. Kamu jadi bisa menghindari aktivitas pemasaran yang kurang relevan atau tidak memberikan hasil signifikan. Hasilnya, bisnis dapat memaksimalkan hasil dengan biaya minimal.

Komponen Strategi Pemasaran 

Supaya strategi marketing berfungsi optimal dan mampu mencapai tujuan, pastikan kamu melibatkan komponen-komponen berikut:

  • Produk: Seluruh aspek produk atau layanan yang kamu tawarkan, seperti fitur, manfaat, kualitas, kemasan, dan desain;
  • Harga: Berkaitan dengan strategi penetapan harga, promosi, dan kebijakan pembayaran;
  • Tempat: Saluran distribusi yang kamu gunakan untuk menjangkau target pasar, seperti toko fisik, online, agen, atau lainnya;
  • Promosi: Seluruh aktivitas yang kamu lakukan untuk mempromosikan produk atau layanan, baik itu penjualan langsung, digital marketing, event, dan sebagainya;
  • Tim marketing: Orang-orang yang terlibat dalam proses perancangan strategi pemasaran bisnis.

Contoh Strategi Pemasaran

Libatkan seluruh komponen di atas dalam merancang strategi marketing. Banyak aktivitas pemasaran yang bisa kamu eksplor untuk mempromosikan produk. Berikut beberapa di antaranya:

  • Memasang iklan di media konvensional seperti televisi dan radio;
  • Posting konten interaktif di media sosial;
  • Membuat artikel berbasis search engine optimization (SEO);
  • Memasang iklan reklame;
  • Mengirimkan email marketing;
  • Menyelenggarakan event.

Supaya peluang sukses bisnis makin besar, lengkapi strategi pemasaran dengan sistem transaksi yang praktis. Untuk mengaksesnya, yuk, daftar menjadi GoPay Merchant! Sebagai GoPay Merchant, kamu bisa menerima pembayaran via QRIS untuk memudahkan transaksi konsumen, sehingga mereka semakin terdorong untuk belanja.

Bahkan khusus untuk merchant usaha mikro, kamu akan mendapat benefit berupa merchant discount rate (MDR) 0% untuk transaksi QRIS dengan nominal dibawah Rp100.000! (menjadi Rp500.000 per 1 Desember 2024) Tak hanya itu, kamu juga dapat memesan GoPay Spiker untuk meningkatkan efisiensi usaha. Soalnya, perangkat ini bisa menyuarakan status transaksi yang berhasil beserta nominal pembayarannya agar kamu dapat segera melayani pelanggan. Jadi, tunggu apa lagi? Download aplikasi GoPay Merchant dan daftarkan bisnismu sekarang juga!

Daftar Gopay Merchant Sekarang!

Artikel Terkait

15 Rekomendasi Buku Bisnis untuk Pengusaha
12 Juni 2025 • 8 min read
15 Rekomendasi Buku Bisnis untuk Pengusaha
Merchant
6 Tips Memilih Lokasi Usaha untuk Jualan dengan Gerobak
12 Juni 2025 • 3 min read
6 Tips Memilih Lokasi Usaha untuk Jualan dengan Gerobak
Merchant
6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk UMKM
11 Juni 2025 • 3 min read
6 Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk UMKM
Merchant
6 Cara Memulai Usaha Sendiri dengan Modal Kecil
11 Juni 2025 • 3 min read
6 Cara Memulai Usaha Sendiri dengan Modal Kecil
Merchant
Apa Itu MDR: Contoh Penerapan dan Perhitungan
11 Juni 2025 • 3 min read
Apa Itu MDR: Contoh Penerapan dan Perhitungan
Merchant
Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
28 Mei 2025 • 3 min read
Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
Merchant

Baru! Aplikasi GoPay untuk kamu

Transfer ke mana aja, bayar QRIS dan tagihan apa aja sampai pinjam dengan aman. Download aplikasinya sekarang!

Download - Google Play GoPay
Download - App Store GoPay

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.