Pelaku usaha pasti paham banget betapa pentingnya promosi untuk keberlangsungan bisnisnya. Dengan banyaknya usaha yang bergerak di bidang serupa, tidak jarang kamu harus lebih kreatif lagi dalam menjual produk-produkmu ke pelanggan. Gimana caranya? Biar kamu tak kehabisan ide, simak enam ide kreatif untuk meningkatkan penjualan berikut, yuk!
-
Bundle spesial
Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan menyediakan produk bundle. Ini artinya kamu akan menjual dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah daripada ketika konsumen membelinya secara terpisah. Biasanya, produk bundling terdiri dari satu produk terlaris yang dipadukan dengan produk dengan angka penjualan kurang baik.
Tujuan bundling product adalah untuk menghabiskan produk yang kurang laku tersebut atau meningkatkan angka penjualan secara keseluruhan. Kamu bisa menghadirkan paket bundle setiap saat atau ketika ada momen-momen spesial, seperti Hari Natal, Lebaran, atau Imlek. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan penjualan, tapi tetap mendapat untung dari sana.
-
Program ajak teman
Strategi berikutnya adalah dengan mengadakan program mengajak teman atau referral. Program ini ditujukan untuk pengguna aplikasi dan bertujuan meningkatkan angka pemakai aplikasi atau meningkatkan penjualan. Cara kerjanya adalah pengguna aplikasi dapat mengajak temannya untuk men-download aplikasi tersebut pakai kode referral. Saat temannya berhasil gabung, pengguna yang lama berhak mendapatkan keuntungan berupa voucher diskon, produk gratis, atau gratis ongkir.
-
Beli x gratis x
Kamu pasti sudah sering mendengar ide kreatif untuk meningkatkan penjualan ini, “Beli X Gratis X.” Yups, strategi ini memang cukup klasik dan sering diaplikasikan oleh para pelaku usaha untuk memikat minat konsumen. Nyatanya, walaupun sudah dipakai dalam waktu cukup lama, promo yang satu ini tetaplah ampuh untuk memancing daya beli konsumen.
Bahkan, hampir semua industri menerapkan sistem ini, mulai dari industri F&B, fashion, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya. Meski terlihat tidak menguntungkan bagi pemilik bisnis, promo ini sudah dipertimbangkan dengan matang hitung-hitungannya, lho! Jadi, pelaku usaha bakal tetap untung, kok.
-
Influencer marketing
Era digital membawa kita pada media sosial yang ternyata begitu powerful. Kini banyak sekali influencer yang lahir dari platform tersebut. Nah, daripada melihat sisi negatifnya, sebagai pelaku usaha, kamu bisa memanfaatkan kehadiran mereka untuk mempromosikan bisnismu. Teknik ini disebut sebagai influencer marketing.
Pemilihan influencer tentunya harus disaring berdasarkan citra dan kebutuhan bisnis. Kalau usahamu bergerak di bidang skincare dan makeup untuk anak remaja, usahakan cari influencer yang masih muda dan mencerminkan brand-mu. Itu artinya, kemungkinan besar ia juga punya followers yang kurang lebih adalah target market-mu.
-
Konsultasi dan sampel barang gratis
Buat kamu yang merintis usaha jasa, strategi marketing yang bisa dicoba adalah konsultasi gratis. Misalnya, kamu membuka salon kecantikan, coba tawarkan konsultasi gratis dengan dokter kulit untuk menarik minat pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan bisa memperoleh diagnosa kondisi kulit secara gratis dan angka penjualanmu pun akan meningkat.
Satu cara yang juga tidak boleh dilupakan adalah memberikan sampel barang secara cuma-cuma. Kamu yang doyan belanja ke mal mungkin sudah familier dengan istilah try me yang labelnya kerap ditempel pada produk-produk makeup. Strategi ini membuat konsumen bisa mencoba dan mendapatkan barang terbaik yang cocok dengan seleranya.
-
Diskon pada waktu acak
Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang terakhir tidak kalah klasik dari beberapa pilihan sebelumnya. Walaupun sudah sering dipakai, memberikan diskon ke konsumen tetap ampuh untuk menarik minat mereka. Kamu bisa memberikan diskon berupa potongan harga pada item atau produk-produk tertentu.
Biar tetap untung, diskon ini bisa kamu berikan pada periode waktu tertentu, misalnya menjelang Hari Raya Idulfitri, Natal, maupun tahun baru. Di luar tiga momen besar tersebut, pemberian diskon tetap bisa kamu lakukan dengan pilihan waktu acak. Brand biasanya memberikan diskon saat tengah malam karena saat itulah konsumennya kemungkinan besar sedang memegang HP.
Itu dia enam ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang bisa kamu coba. Sebenarnya, ada satu lagi tips yang dapat memicu peningkatan penjualan bisnis, yakni dengan mengimplementasikan teknologi untuk kenyamanan pelanggan. Teknologi tersebut ialah GoPay Merchant yang bisa merekam seluruh proses transaksi, meningkatkan visibilitas usaha, dan mempermudah pembayaran QRIS dengan menggunakan alat GoPay Spiker. Segera implementasikan tools ini ke bisnismu dengan cara mendaftar ke website dan download GoPay Merchant App!