Saat ini, aplikasi mobile game begitu populer, terutama yang mengusung genre simulasi, RPG, atau koleksi karakter. Salah satu fitur yang menjadi daya tarik utama adalah gacha. Sistem tersebut memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah secara dalam bentuk karakter, item, atau hadiah secara acak.
Menariknya, kini prinsip dasar dari sistem gacha juga bisa diterapkan dalam promosi usaha, lho. Memangnya, apa itu gacha? Seperti apa contoh penerapannya dalam dunia bisnis? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!
Apa Itu Gacha?
Gacha merupakan kependekan dari gachapon, yakni mesin yang menjual mainan kapsul. Awalnya, gachapon populer lebih dulu di Jepang, tapi kini kamu juga bisa menemukannya di berbagai toko mainan di Indonesia.
Untuk memainkan gachapon, kamu perlu menukarkan sejumlah uang dengan koin tertentu. Masukkan koin tersebut ke gachapon, kemudian putarlah tuas pada mesin. Barulah setelah diputar sekali, gachapon akan mengeluarkan kapsul mainan. Isi mainan dalam kapsul sangatlah beragam, misalnya koleksi Squid Game atau Pokemon. Jadi, kamu akan mendapatkan mainan secara acak.
Baca juga: Squid Game 2 di Aplikasi GoPay Bisa Dapat Jutaan Rupiah
Nah, konsep acak atau random inilah yang diadaptasi ke dunia game. Dalam game, apa itu gacha memungkinkan kamu untuk mendapatkan karakter atau item virtual secara acak. Caranya, dengan membelanjakan mata uang yang berlaku dalam game.
Seiring meningkatnya popularitas game, sistem gacha pun diadaptasi dalam promosi usaha. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan elemen kejutan dan hadiah acak untuk menarik perhatian pelanggan. Seperti apa contohnya?
Contoh Promosi dengan Gacha
Promosi berbasis gacha dinilai efektif karena mampu memanfaatkan elemen kejutan dan rasa penasaran. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pada akhirnya mendongkrak penjualan. Ini dia beberapa contoh promosi dengan gacha:
Mystery purchase with gift
Pada promosi satu ini, pelanggan membeli suatu produk dan mendapatkan hadiah acak sebagai kejutan. Contohnya, saat memesan menu spesial di restoran, pelanggan akan mendapat kartu koleksi acak berupa diskon, voucher makan gratis, atau merchandise. Dengan strategi mystery purchase with gift, kamu bisa meningkatkan daya tarik atas produk tertentu serta mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak demi hadiah kejutan.
Mystery box
Apa itu gacha juga bisa diterapkan dalam konsep mystery box untuk promosi. Jadi, pelanggan membeli paket dengan isi yang dirahasiakan, sehingga menciptakan rasa penasaran. Misalnya, sebuah brand fesyen menawarkan mystery box berisi 3–5 item pakaian sesuai kategori ukuran. Strategi seperti ini cocok untuk menghabiskan stok lama dengan cara kreatif yang meningkatkan antusiasme pelanggan.
Baca juga: Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh
Undian berhadiah
Konsep undian berhadiah sudah tidak asing di kalangan masyarakat. Ternyata, konsep tersebut juga mirip dengan sistem gacha, lho! Supaya lebih seru, kamu bisa menyediakan permainan spin the wheel. Berikan kesempatan kepada pelanggan untuk memutar roda keberuntungan setelah membeli produkmu dalam jumlah tertentu. Misalnya, pelanggan bisa mendapat satu kesempatan memutar roda berhadiah, seperti produk gratis atau voucher diskon.
Bonus collectible
Salah satu daya tarik apa itu gacha adalah mampu membuat pemain merasa tertantang mendapatkan hadiah yang mereka mau. Kamu bisa mengadopsi hal tersebut dalam promosi usaha, yakni dengan memberikan bonus collectible tiap kali pelanggan membeli produk tertentu. Contohnya, suatu coffee shop memberikan mainan mini karakter untuk setiap pembelian kopi susu. Hal ini dapat mendorong pelanggan untuk terus membeli hingga mendapatkan semua mainan.
Undian akses eksklusif
Melalui promosi satu ini, pelanggan bisa mendapat kesempatan untuk memenangkan akses ke event spesial atau produk langka. Cara ini mampu menciptakan rasa eksklusivitas dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Misalnya, untuk setiap pembelian tiket bioskop pada film tertentu, pelanggan bisa ikut undian yang hadiahnya adalah meet-and-greet dengan aktor utama dari film tersebut.
Jadi, apa itu gacha? Singkatnya, ini merupakan sistem hadiah acak yang bermula dari mesin mainan kapsul. Nah, konsep ini pun sudah berkembang menjadi strategi promosi yang efektif bagi bisnis. Untuk meningkatkan peluang kesuksesan promosi dengan gacha, kenali dulu target pasarmu dan lakukan perencanaan matang. Lalu, pastikan kamu menyampaikan syarat dan ketentuan secara jelas serta transparan untuk menjaga kepercayaan pembeli. Sukses selalu dengan strategi promosimu!