GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

Share

Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh

10 Jan 2025

•

3 min

Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh

Bisnis mana pun tidak akan bisa berjalan tanpa pelanggan. Sebab, mereka adalah sumber utama pendapatan yang mendukung roda bisnis terus berputar. Namun, untuk menarik perhatian pelanggan, memiliki produk dan layanan yang bagus saja belum cukup. Kamu juga perlu melakukan promosi yang efektif agar pelanggan mengetahui keberadaan produk dan layananmu.

Memangnya, apa itu promosi? Seperti apa manfaatnya bagi keberlangsungan suatu usaha? Yuk, kita bahas selengkapnya melalui ulasan berikut!

Apa Itu Promosi? 

Promosi adalah upaya memperkenalkan produk atau layanan kepada target konsumen. Tujuannya untuk mendorong target pelanggan agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan.

Tiap usaha biasanya memiliki cara masing-masing dalam melakukan promosi. Namun, pada umumnya, cara kerja promosi diawali dengan identifikasi target pasar. Kenali siapa yang menjadi sasaran utama produkmu. 

Berdasarkan hasil identifikasi, kamu pun dapat menyusun strategi dan pesan promosi yang relevan. Misalnya, produk untuk Gen Z akan membutuhkan pendekatan promosi yang berbeda dari produk untuk orang tua. Promosi yang tepat dapat meningkatkan peluang terjadinya pembelian. 

Baca juga: 6 Cara Memasarkan Produk dan Menggaet Hati Pelanggan

Manfaat Melakukan Promosi

Berdasarkan pengertian apa itu promosi, strategi ini berperan penting dalam menunjang kesuksesan bisnis karena manfaat-manfaat ini:

Meningkatkan brand awareness 

Promosi dapat membantumu memperkenalkan produk atau layanan kepada audiens yang lebih luas, terutama pelanggan baru yang belum mengenal bisnismu. Nah, dengan promosi yang tepat sasaran, bisnismu bisa lebih dikenal oleh target pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencoba produk dan layanan yang kamu tawarkan.

Mendorong kesetiaan pelanggan

Tidak hanya menarik pelanggan baru, promosi yang terencana juga dapat membantumu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya, kamu bisa menyediakan program loyalitas, diskon spesial, atau penawaran eksklusif lain untuk mempertahankan pelanggan lama. Cara ini juga akan membuat mereka merasa dihargai. Alhasil, mereka jadi memiliki pengalaman memuaskan dengan bisnismu, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk kembali berbelanja.

Memperkuat branding 

Selama dilakukan dengan konsisten, promosi dapat membantumu membangun citra bisnis yang positif sekaligus memperkuat posisi brand di pasar. Dengan branding yang kuat, bisnismu akan memiliki identitas yang mudah dikenali dan dipercaya oleh target pelanggan. Hal ini bisa membuat bisnismu lebih sulit dikalahkan oleh kompetitor, lho!

Meningkatkan penjualan

Apa itu promosi juga dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti menawarkan paket bundling, diskon, atau promo flash sale. Promosi seperti ini mampu menciptakan rasa urgensi yang mendorong pelanggan untuk segera mengambil tindakan. Hasilnya, volume penjualan bisnismu pun akan meningkat, sehingga turut memperbanyak jumlah pemasukan.

Baca juga: Fungsi dan Komponen Penting Strategi Pemasaran

Contoh Promosi Usaha

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, ada banyak aktivitas promosi yang bisa kamu lakukan, baik secara online maupun offline. Berikut beberapa contohnya:

Secara online

Promosi online merujuk pada kegiatan promosi atau pemasaran yang dilakukan di ranah digital atau dengan memanfaatkan platform online. Contohnya seperti ini:

  • Membuat konten kreatif untuk mempromosikan produk di platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok;
  • Menayangkan iklan melalui Google Ads atau media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas berdasarkan lokasi, demografi, atau minat;
  • Memberikan voucher atau diskon pembelian produk pada platform e-commerce seperti Tokopedia;
  • Mengirimkan email berisi informasi produk baru, diskon, atau penawaran spesial kepada pelanggan.

Secara offline

Sementara itu, promosi offline merupakan strategi pemasaran tradisional yang biasanya dilakukan secara langsung tanpa internet. Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Menawarkan promosi potongan harga di toko fisik, seperti diskon 50% atau beli 1 gratis 1;
  • Memberikan kartu membership kepada pelanggan untuk mengumpulkan poin, yang nantinya bisa ditukar dengan diskon atau hadiah lain;
  • Berpartisipasi dalam bazar atau pameran untuk memperkenalkan produk kepada pengunjung;
  • Menyebarkan brosur atau memasang poster di tempat-tempat ramai, seperti taman, pusat perbelanjaan, atau sekolah.

Baik secara online maupun offline, apa itu promosi sama-sama penting untuk memperkenalkan produkmu ke khalayak luas. Selain contoh yang telah disebutkan, kamu juga bisa mengadakan promosi dengan menawarkan diskon atau keuntungan lain jika pelanggan membayar menggunakan metode tertentu, misalnya QRIS.

Wujudkan hal tersebut dengan menjadi GoPay Merchant! Sebagai GoPay Merchant, kamu bisa daftar QRIS mudah secara gratis, mencairkan pemasukan usaha ke rekening bank cepat tanpa biaya tambahan untuk kemudahan memutar omzet. Plus, saat ini telah berlaku program Merchant Discount Rate (MDR) 0% untuk transaksi di bawah Rp500.000 bagi Usaha Mikro agar kamu bisa lebih berhemat.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, optimalkan strategi promosimu dengan download aplikasi GoPay Merchant sekarang juga! 

Daftar Gopay Merchant Sekarang!

Artikel Terkait

Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
28 Mei 2025 • 3 min read
Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
Merchant
14 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Cocok untuk Pemula
28 Mei 2025 • 7 min read
14 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Cocok untuk Pemula
Merchant
Cara Bikin QRIS Sendiri dengan Mudah
28 Mei 2025 • 3 min read
Cara Bikin QRIS Sendiri dengan Mudah
Merchant
Usaha Angkringan: Modal, Omzet, dan Tips Memulai
28 Mei 2025 • 2 min read
Usaha Angkringan: Modal, Omzet, dan Tips Memulai
Merchant
Manfaat GoPay Spiker untuk Usahamu
28 Mei 2025 • 3 min read
Manfaat GoPay Spiker untuk Usahamu
Merchant
 Perbedaan GoPay dan GoPay Merchant, Apa Saja?
28 Mei 2025 • 3 min read
Perbedaan GoPay dan GoPay Merchant, Apa Saja?
Merchant

Baru! Aplikasi GoPay untuk kamu

Transfer ke mana aja, bayar QRIS dan tagihan apa aja sampai pinjam dengan aman. Download aplikasinya sekarang!

Download - Google Play GoPay
Download - App Store GoPay

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.