Bisnis mana pun tidak akan bisa berjalan tanpa pelanggan. Sebab, mereka adalah sumber utama pendapatan yang mendukung roda bisnis terus berputar. Namun, untuk menarik perhatian pelanggan, memiliki produk dan layanan yang bagus saja belum cukup. Kamu juga perlu melakukan promosi yang efektif agar pelanggan mengetahui keberadaan produk dan layananmu.
Memangnya, apa itu promosi? Seperti apa manfaatnya bagi keberlangsungan suatu usaha? Yuk, kita bahas selengkapnya melalui ulasan berikut!
Apa Itu Promosi?
Promosi adalah upaya memperkenalkan produk atau layanan kepada target konsumen. Tujuannya untuk mendorong target pelanggan agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan.
Tiap usaha biasanya memiliki cara masing-masing dalam melakukan promosi. Namun, pada umumnya, cara kerja promosi diawali dengan identifikasi target pasar. Kenali siapa yang menjadi sasaran utama produkmu.
Berdasarkan hasil identifikasi, kamu pun dapat menyusun strategi dan pesan promosi yang relevan. Misalnya, produk untuk Gen Z akan membutuhkan pendekatan promosi yang berbeda dari produk untuk orang tua. Promosi yang tepat dapat meningkatkan peluang terjadinya pembelian.
Baca juga: 6 Cara Memasarkan Produk dan Menggaet Hati Pelanggan
Manfaat Melakukan Promosi
Berdasarkan pengertian apa itu promosi, strategi ini berperan penting dalam menunjang kesuksesan bisnis karena manfaat-manfaat ini:
Meningkatkan brand awareness
Promosi dapat membantumu memperkenalkan produk atau layanan kepada audiens yang lebih luas, terutama pelanggan baru yang belum mengenal bisnismu. Nah, dengan promosi yang tepat sasaran, bisnismu bisa lebih dikenal oleh target pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencoba produk dan layanan yang kamu tawarkan.
Mendorong kesetiaan pelanggan
Tidak hanya menarik pelanggan baru, promosi yang terencana juga dapat membantumu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Misalnya, kamu bisa menyediakan program loyalitas, diskon spesial, atau penawaran eksklusif lain untuk mempertahankan pelanggan lama. Cara ini juga akan membuat mereka merasa dihargai. Alhasil, mereka jadi memiliki pengalaman memuaskan dengan bisnismu, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk kembali berbelanja.
Memperkuat branding
Selama dilakukan dengan konsisten, promosi dapat membantumu membangun citra bisnis yang positif sekaligus memperkuat posisi brand di pasar. Dengan branding yang kuat, bisnismu akan memiliki identitas yang mudah dikenali dan dipercaya oleh target pelanggan. Hal ini bisa membuat bisnismu lebih sulit dikalahkan oleh kompetitor, lho!
Meningkatkan penjualan
Apa itu promosi juga dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti menawarkan paket bundling, diskon, atau promo flash sale. Promosi seperti ini mampu menciptakan rasa urgensi yang mendorong pelanggan untuk segera mengambil tindakan. Hasilnya, volume penjualan bisnismu pun akan meningkat, sehingga turut memperbanyak jumlah pemasukan.
Baca juga: Fungsi dan Komponen Penting Strategi Pemasaran
Contoh Promosi Usaha
Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, ada banyak aktivitas promosi yang bisa kamu lakukan, baik secara online maupun offline. Berikut beberapa contohnya:
Secara online
Promosi online merujuk pada kegiatan promosi atau pemasaran yang dilakukan di ranah digital atau dengan memanfaatkan platform online. Contohnya seperti ini:
- Membuat konten kreatif untuk mempromosikan produk di platform media sosial, seperti Instagram dan TikTok;
- Menayangkan iklan melalui Google Ads atau media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas berdasarkan lokasi, demografi, atau minat;
- Memberikan voucher atau diskon pembelian produk pada platform e-commerce seperti Tokopedia;
- Mengirimkan email berisi informasi produk baru, diskon, atau penawaran spesial kepada pelanggan.
Secara offline
Sementara itu, promosi offline merupakan strategi pemasaran tradisional yang biasanya dilakukan secara langsung tanpa internet. Contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:
- Menawarkan promosi potongan harga di toko fisik, seperti diskon 50% atau beli 1 gratis 1;
- Memberikan kartu membership kepada pelanggan untuk mengumpulkan poin, yang nantinya bisa ditukar dengan diskon atau hadiah lain;
- Berpartisipasi dalam bazar atau pameran untuk memperkenalkan produk kepada pengunjung;
- Menyebarkan brosur atau memasang poster di tempat-tempat ramai, seperti taman, pusat perbelanjaan, atau sekolah.
Baik secara online maupun offline, apa itu promosi sama-sama penting untuk memperkenalkan produkmu ke khalayak luas. Selain contoh yang telah disebutkan, kamu juga bisa mengadakan promosi dengan menawarkan diskon atau keuntungan lain jika pelanggan membayar menggunakan metode tertentu, misalnya QRIS.
Wujudkan hal tersebut dengan menjadi GoPay Merchant! Sebagai GoPay Merchant, kamu bisa daftar QRIS langsung jadi secara gratis dan mencairkan pemasukan usaha ke rekening bank kapan saja tanpa biaya tambahan untuk kemudahan memutar omzet. Plus, saat ini telah berlaku program Merchant Discount Rate (MDR) 0% untuk transaksi di bawah Rp500.000 bagi Usaha Mikro agar kamu bisa lebih berhemat.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, optimalkan strategi promosimu dengan download aplikasi GoPay Merchant sekarang juga!