Hanya dengan smartphone di tangan, kamu bisa mempromosikan produkmu ke ribuan hingga bahkan jutaan orang! Itulah kekuatan promosi media sosial bagi UMKM. Tanpa harus keluar modal besar, promosi melalui media sosial memungkinkan kamu untuk memperkenalkan brand, berinteraksi dengan pelanggan, sampai meningkatkan penjualan. Menariknya lagi, ternyata caranya tidak sulit dilakukan!
Tentukan Tujuan Promosi yang Spesifik
Sebelum mulai membuat konten media sosial, tetapkan dulu tujuan promosi secara spesifik. Apa yang ingin kamu capai melalui promosi di media sosial? Dengan adanya tujuan yang jelas dan spesifik, kamu bisa lebih mudah menyusun strategi konten dan memilih platform yang tepat. Beberapa contoh tujuan spesifik untuk promosi media sosial antara lain:
- Meningkatkan jumlah followers TikTok sebanyak 1.000 dalam 1 bulan;
- Mendapatkan 100 leads baru melalui DM dari campaign Instagram;
- Meningkatkan kunjungan ke website sebanyak 35% dalam 3 minggu.
Baca juga: Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh
Pilih Platform yang Banyak Digunakan Target Pasarmu
Tidak semua target pelangganmu aktif di seluruh platform media sosial. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu di platform mana mereka paling sering berinteraksi. Fokuskan promosi media sosial pada platform yang benar-benar digunakan target pelanggan agar upayamu tidak sia-sia. Kira-kira seperti ini panduan singkat untuk masing-masing platform media sosial:
- Instagram: Cocok untuk mempromosikan produk dengan tampilan visual menarik, misalnya makanan atau fesyen. Banyak digunakan oleh usia 18–35 tahun;
- TikTok: Pas untuk audiens muda (15–30 tahun) yang menyukai konten short video untuk hiburan cepat, tren kekinian, dan edukasi ringan;
- Facebook: Cenderung lebih kuat di kalangan pengguna usia 30 tahun ke atas, biasanya cocok untuk komunitas lokal dan promosi event;
- X (Twitter): Berformat teks pendek, cocok untuk berinteraksi dengan audiens dan memantau tren terkini di kalangan publik.
Ketahui Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Target Audiens
Kamu sudah memposting konten yang menurutmu menarik, tapi ternyata sepi interaksi. Bisa jadi konten tersebut belum sesuai dengan apa yang disukai audiens. Untuk menghindari hal tersebut, pahami dulu preferensi mereka.
Coba cek konten-kontenmu yang paling ramai engagement, kira-kira apa yang membuat audiens menyukainya? Perhatikan pula jenis konten kompetitor yang viral sebagai perbandingan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur polling di Instagram Stories untuk survei kecil-kecilan.
Utamakan Desain dan Copy yang Menarik dalam Konten
Untuk mengoptimalkan promosi media sosial, selalu lengkapi kontenmu dengan desain dan copy yang menarik. Kombinasi kedua hal tersebut akan mampu membuat orang berhenti scroll dan akhirnya berinteraksi dengan kontenmu.
Saat mendesain konten, gunakan warna brand secara konsisten. Sebaiknya, jangan memasukkan terlalu banyak elemen dalam satu desain karena bisa membingungkan audiens. Kemudian, tambahkan headline yang dapat memancing rasa ingin tahu. Pastikan juga kamu memakai gaya bahasa sesuai target audiens, ya. Misalnya kalau target audiensmu adalah para Gen Z, gaya bahasa yang santai akan lebih cocok.
Baca juga: Bikin Video Viral Pakai 7 Ide Konten TikTok 2025
Libatkan Pengguna dalam Konten Media Sosial
Salah satu keunggulan promosi media sosial adalah kemampuannya dalam menjadi tempat interaksi. Artinya, kamu bisa melibatkan audiens dalam konten media sosial. Semakin interaktif kontenmu, akan semakin tinggi pula engagement-nya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti:
- Challenge: Ajak pengguna membuat konten menggunakan produkmu, seperti OOTD dengan kaos yang kamu jual atau tantangan minuman sehat;
- Giveaway: Bagi-bagi produk gratis dengan syarat tertentu, misalnya pengguna harus follow akunmu, like postingan, dan tag 3 teman;
- User-generated content (UGC): Repost konten pelanggan yang menggunakan produkmu, sehingga mereka akan merasa lebih dihargai.
Tawarkan Promo Melalui Media Sosial Sewaktu-waktu
Selain menarik perhatian pelanggan melalui konten menarik, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan promo. Siapkan promo eksklusif di media sosial untuk membuat audiens merasa spesial. Berikut beberapa contohnya:
- Diskon khusus hanya untuk followers;
- Free gift untuk pembelian produkmu melalui link di bio;
- Flash sale selama 24 jam;
- Promo ulang tahun toko atau momen hari besar, seperti Harbolnas;
Setelah menerapkan tips promosi media sosial di atas, jangan lupa antisipasi keramaian pelanggan. Siapkan metode pembayaran yang praktis seperti QRIS agar proses transaksi berjalan lebih cepat. Tenang saja, kamu bisa bikin QRIS gratis dan mudah jika mendaftar sebagai GoPay Merchant!
Tak hanya itu, GoPay Merchant juga bisa menyewa perangkat GoPay Spiker untuk menjaga kepuasan pelanggan. Sebab, GoPay Spiker mampu memberikan notifikasi suara tiap kali pembayaran QRIS dari pelanggan masuk ke rekening bisnismu. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi GoPay Merchant dan daftarkan usahamu sekarang juga!