GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

Share

6 Tips Promosi Media Sosial Simpel untuk UMKM

27 Mei 2025

•

3 min

6 Tips Promosi Media Sosial Simpel untuk UMKM

Hanya dengan smartphone di tangan, kamu bisa mempromosikan produkmu ke ribuan hingga bahkan jutaan orang! Itulah kekuatan promosi media sosial bagi UMKM. Tanpa harus keluar modal besar, promosi melalui media sosial memungkinkan kamu untuk memperkenalkan brand, berinteraksi dengan pelanggan, sampai meningkatkan penjualan. Menariknya lagi, ternyata caranya tidak sulit dilakukan!

Tentukan Tujuan Promosi yang Spesifik

Sebelum mulai membuat konten media sosial, tetapkan dulu tujuan promosi secara spesifik. Apa yang ingin kamu capai melalui promosi di media sosial? Dengan adanya tujuan yang jelas dan spesifik, kamu bisa lebih mudah menyusun strategi konten dan memilih platform yang tepat. Beberapa contoh tujuan spesifik untuk promosi media sosial antara lain:

  • Meningkatkan jumlah followers TikTok sebanyak 1.000 dalam 1 bulan;
  • Mendapatkan 100 leads baru melalui DM dari campaign Instagram;
  • Meningkatkan kunjungan ke website sebanyak 35% dalam 3 minggu.

Baca juga: Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh

Pilih Platform yang Banyak Digunakan Target Pasarmu

Tidak semua target pelangganmu aktif di seluruh platform media sosial. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu di platform mana mereka paling sering berinteraksi. Fokuskan promosi media sosial pada platform yang benar-benar digunakan target pelanggan agar upayamu tidak sia-sia. Kira-kira seperti ini panduan singkat untuk masing-masing platform media sosial:

  • Instagram: Cocok untuk mempromosikan produk dengan tampilan visual menarik, misalnya makanan atau fesyen. Banyak digunakan oleh usia 18–35 tahun;
  • TikTok: Pas untuk audiens muda (15–30 tahun) yang menyukai konten short video untuk hiburan cepat, tren kekinian, dan edukasi ringan;
  • Facebook: Cenderung lebih kuat di kalangan pengguna usia 30 tahun ke atas, biasanya cocok untuk komunitas lokal dan promosi event;
  • X (Twitter): Berformat teks pendek, cocok untuk berinteraksi dengan audiens dan memantau tren terkini di kalangan publik.

Ketahui Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Target Audiens

Kamu sudah memposting konten yang menurutmu menarik, tapi ternyata sepi interaksi. Bisa jadi konten tersebut belum sesuai dengan apa yang disukai audiens. Untuk menghindari hal tersebut, pahami dulu preferensi mereka. 

Coba cek konten-kontenmu yang paling ramai engagement, kira-kira apa yang membuat audiens menyukainya? Perhatikan pula jenis konten kompetitor yang viral sebagai perbandingan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur polling di Instagram Stories untuk survei kecil-kecilan. 

Utamakan Desain dan Copy yang Menarik dalam Konten

Untuk mengoptimalkan promosi media sosial, selalu lengkapi kontenmu dengan desain dan copy yang menarik. Kombinasi kedua hal tersebut akan mampu membuat orang berhenti scroll dan akhirnya berinteraksi dengan kontenmu. 

Saat mendesain konten, gunakan warna brand secara konsisten. Sebaiknya, jangan memasukkan terlalu banyak elemen dalam satu desain karena bisa membingungkan audiens. Kemudian, tambahkan headline yang dapat memancing rasa ingin tahu. Pastikan juga kamu memakai gaya bahasa sesuai target audiens, ya. Misalnya kalau target audiensmu adalah para Gen Z, gaya bahasa yang santai akan lebih cocok.

Baca juga: Bikin Video Viral Pakai 7 Ide Konten TikTok 2025

Libatkan Pengguna dalam Konten Media Sosial

Salah satu keunggulan promosi media sosial adalah kemampuannya dalam menjadi tempat interaksi. Artinya, kamu bisa melibatkan audiens dalam konten media sosial. Semakin interaktif kontenmu, akan semakin tinggi pula engagement-nya. Banyak cara yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Challenge: Ajak pengguna membuat konten menggunakan produkmu, seperti OOTD dengan kaos yang kamu jual atau tantangan minuman sehat;
  • Giveaway: Bagi-bagi produk gratis dengan syarat tertentu, misalnya pengguna harus follow akunmu, like postingan, dan tag 3 teman;
  • User-generated content (UGC): Repost konten pelanggan yang menggunakan produkmu, sehingga mereka akan merasa lebih dihargai.

Tawarkan Promo Melalui Media Sosial Sewaktu-waktu

Selain menarik perhatian pelanggan melalui konten menarik, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan promo. Siapkan promo eksklusif di media sosial untuk membuat audiens merasa spesial. Berikut beberapa contohnya:

  • Diskon khusus hanya untuk followers;
  • Free gift untuk pembelian produkmu melalui link di bio;
  • Flash sale selama 24 jam;
  • Promo ulang tahun toko atau momen hari besar, seperti Harbolnas;

Setelah menerapkan tips promosi media sosial di atas, jangan lupa antisipasi keramaian pelanggan. Siapkan metode pembayaran yang praktis seperti QRIS agar proses transaksi berjalan lebih cepat. Tenang saja, kamu bisa bikin QRIS gratis dan mudah jika mendaftar sebagai GoPay Merchant! 

Tak hanya itu, GoPay Merchant juga bisa menyewa perangkat GoPay Spiker untuk menjaga kepuasan pelanggan. Sebab, GoPay Spiker mampu memberikan notifikasi suara tiap kali pembayaran QRIS dari pelanggan masuk ke rekening bisnismu. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi GoPay Merchant dan daftarkan usahamu sekarang juga!

Daftar GoPay Merchant Sekarang!

Artikel Terkait

Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
28 Mei 2025 • 3 min read
Kelebihan dan Cara Bergabung Franchise Dkriuk
Merchant
14 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Cocok untuk Pemula
28 Mei 2025 • 7 min read
14 Ide Usaha Modal 5 Juta yang Cocok untuk Pemula
Merchant
Cara Bikin QRIS Sendiri dengan Mudah
28 Mei 2025 • 3 min read
Cara Bikin QRIS Sendiri dengan Mudah
Merchant
Usaha Angkringan: Modal, Omzet, dan Tips Memulai
28 Mei 2025 • 2 min read
Usaha Angkringan: Modal, Omzet, dan Tips Memulai
Merchant
Manfaat GoPay Spiker untuk Usahamu
28 Mei 2025 • 3 min read
Manfaat GoPay Spiker untuk Usahamu
Merchant
 Perbedaan GoPay dan GoPay Merchant, Apa Saja?
28 Mei 2025 • 3 min read
Perbedaan GoPay dan GoPay Merchant, Apa Saja?
Merchant

Baru! Aplikasi GoPay untuk kamu

Transfer ke mana aja, bayar QRIS dan tagihan apa aja sampai pinjam dengan aman. Download aplikasinya sekarang!

Download - Google Play GoPay
Download - App Store GoPay

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.