Sekarang, GoPay sudah merilis alat canggih yang bisa membuat hidupmu sebagai GoPay Merchant lebih praktis, lho. Perkenalkan, GoPay Spiker! Alat satu ini bisa membantumu mengkonfirmasi status pembayaran QRIS dari pelanggan tanpa harus membuka aplikasi terpisah, sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.
Tenang dulu, karena cara menggunakan perangkat canggih ini sama sekali tidak susah, kok! Justru, langkah-langkah menerima dan memverifikasi transaksinya sangat simpel, sehingga kamu yang pemula juga bisa melakukannya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di sini!
Cara Menggunakan GoPay Spiker
Ini dia langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk bisa menerima pembayaran melalui GoPay Spiker dengan lancar:
1. Pastikan lampu indikator biru sudah menyala
Langkah pertama dan yang paling penting untuk menggunakan GoPay Spiker adalah dengan mengecek warna lampu indikatornya dulu. Setelah kamu mengaktifkan alat GoPay Spiker dengan menekan tombol power, lampu indikator berwarna kuning akan menyala terlebih dahulu. Artinya, mesinmu sedang mengecek apakah sistemnya sudah terhubung dengan jaringan GPRS atau WiFi.
Tapi, sebaiknya kamu menunggu dulu sampai warna lampu indikatornya berubah menjadi biru sebelum menggunakannya untuk transaksi. Soalnya, cahaya berwarna biru menandakan bahwa GoPay Spiker sudah berhasil terkoneksi dengan sinyal 4G atau WiFi yang diperlukan buat memverifikasi pembayaran secara cashless.
Baca Juga: Spesifikasi Lengkap GoPay Spiker
2. Arahkan pelanggan scan kode QRIS
Setelah pelanggan mengetahui jumlah pembayaran yang harus dibayarkan, kamu bisa langsung menyuruh mereka membayar melalui aplikasi e-wallet atau mobile banking yang sudah mendukung fitur pembayaran via QRIS. Sebab, GoPay Spiker dirancang untuk menampilkan kode QRIS yang terhubung dengan rekening bisnismu, sehingga pelanggan tinggal scan saja.
Arahkan mereka untuk menyoroti kode QRIS tersebut dengan kamera smartphone, dan mereka bisa mengecek apakah nominal yang tertera di layar gadget sudah sesuai dengan total yang disetujui. Setelah itu, mereka tinggal memilih sumber dana yang ingin digunakan untuk pembayaran dan memasukkan PIN transaksi.
3. Tunggu sampai notifikasi terdengar
Kalau customer sudah selesai memverifikasi transaksi di sisi aplikasi mereka, kamu hanya perlu menunggu sampai ada notifikasi yang muncul dari pengeras suara GoPay Spiker. Notifikasi ini berupa pesan seperti, “[nominal pembayaran] telah diterima GoPay”. Kalau kamu mendengar notifikasi tersebut, artinya pembayaran sudah berhasil dan dana dari konsumen sudah masuk ke rekening bisnismu.
Lebih praktisnya lagi, kamu sama sekali tidak perlu mengecek ulang statusnya di aplikasi pembayaran terpisah karena notifikasi tersebut akan langsung terdengar dari pengeras suara perangkat GoPay Spiker setelah proses verifikasi secara otomatis dengan jaringan penyedia layanan mobile banking dan e-wallet melalui teknologi cloud. Jadi, kamu bisa lanjut melayani pelanggan lain untuk menghemat waktu dan mengurai antrean.
Ternyata, cara menerima dan mengecek keberhasilan transaksi pakai GoPay Spiker itu sangat mudah, kan? Kamu cukup mengarahkan pelanggan scan kode QRIS yang tercetak pada perangkat GoPay Spiker. Setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, transaksinya akan langsung terverifikasi secara otomatis dan kamu bisa memantaunya lewat suara notifikasi dari speaker. Praktis, pokoknya!
Nah, kalau kamu tertarik mendapatkannya, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama, lho. Yuk, bergabunglah sekarang sebagai GoPay Merchant, dan kamu bisa langsung mengunjungi halaman produk GoPay Spiker di aplikasi GoPay Merchant untuk memsan alatnya!