GoPay
  • Produk

    Transfer

    Transfer ke akun sendiri
    Transfer ke orang lain

    Bayar

    QRIS
    Tokopedia
    Gojek
    Tagihan & pulsa
    Transaksi digital

    Pinjaman

    GoPay Pinjam
    GoPay Later

    Dompet Digital

    GoPay Saldo
    GoPay Tabungan by Jago
    Gopay Syariah
    GoPay Coins
    GoPay Later
    Metode Lainnya
    Laporan pengeluaran

    GoPay Aman

    Perlindungan akun
    Layanan bantuan 24/7
    Jaminan Saldo Kembali
    Perlindungan data & privasi

    Games

    GoPay Games
  • Merchant

    Merchant

    Tentang Merchant
    QRIS Merchant
    GoPay Spiker
    Blog Merchant
  • Perusahaan

    Perusahaan

    Tentang GoPay
    Siaran pers
    Pertanyaan media
    Pintar Bareng GoPay
    Karier
  • Bantuan

    Help

    Bantuan Pengguna
    Bantuan Merchant
Unduh

Share

3 Alasan Perencanaan Usaha itu Penting untuk Pebisnis

5 Mar 2024

•

2 min

3 Alasan Perencanaan Usaha itu Penting untuk Pebisnis

Ingin punya bisnis yang sukses? Untuk mewujudkannya, kamu perlu melakukan perencanaan usaha yang matang, terutama tentang persiapan modal. Soalnya, menurut hasil survei yang dilansir oleh Katadata, mayoritas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hanya mampu bertahan dengan modal awal sampai maksimal tiga bulan saja. Makanya, supaya usaha kamu bisa bertahan lebih lama, lakukan perencanaan sematang mungkin.

Apa Itu Perencanaan Usaha?

Perencanaan usaha adalah proses penyusunan strategi untuk mendirikan sebuah bisnis. Strategi ini meliputi keseluruhan aspek bisnis; mulai dari visi, misi, tujuan, masalah yang ingin dipecahkan, detail produk, target pasar, lokasi usaha, strategi pemasaran, hingga rincian biaya yang dibutuhkan. Perencanaan inilah yang akan menjadi panduan utama kamu untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Baca juga: Begini Pentingnya Perencanaan Bisnis untuk Kesuksesan

Tujuan dan Manfaat Perencanaan Usaha

Memuat strategi bisnis secara keseluruhan, perencanaan usaha memiliki tujuan dan manfaat khusus yang dapat mendukung keberhasilan bisnis kamu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Bisa mempelajari pasar dengan lebih mudah 

Salah satu aspek penting dalam perencanaan usaha adalah target pasar. Pada bagian ini, kamu diharuskan untuk mempelajari kondisi pasar; bukan cuma untuk mengenali kebutuhan target konsumen, tapi juga menganalisis kompetitor saat ini. Berdasarkan hasil identifikasi, kamu bisa menyediakan produk yang kualitasnya lebih unggul daripada milik kompetitor serta sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  • Bisnis jadi lebih terarah dengan adanya visi misi

Proses perencanaan juga pasti melibatkan penyusunan visi dan misi. Melalui adanya visi dan misi, kamu bisa lebih mudah menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh bisnis. Dengan kata lain, bisnis kamu jadi lebih terarah. Tiap strategi yang diambil harus dapat mendukung tercapainya tujuan bisnis.

  • Mengurangi risiko kebangkrutan

Risiko bangkrut selalu ada dalam setiap bisnis. Namun, perencanaan usaha yang matang bisa membantu kamu mengurangi risiko tersebut. Soalnya, proses perencanaan juga melibatkan identifikasi tantangan dalam bisnis. Berdasarkan tantangan tersebut, kamu bisa menentukan strategi penanganan yang tepat untuk meminimalisir risiko kebangkrutan.

Baca juga: 7 Penyebab Bisnis Gagal dan Cara Mengatasinya

Komponen Penting Perencanaan Usaha 

Pada umumnya, perencanaan usaha ditulis dalam bentuk laporan atau dokumen. Isinya terdiri dari sejumlah komponen berikut ini:

  • Deskripsi usaha: visi, misi, tujuan, dan ringkasan tentang usaha yang kamu jalankan;
  • Analisis pasar: ringkasan hasil riset pasar dan prediksi tingkat permintaan produk;
  • Rencana pemasaran: strategi untuk mempromosikan produk;
  • Rencana penjualan: strategi untuk meningkatkan penjualan;
  • Analisis kompetitor: penjabaran tentang kompetitor bisnis;
  • Analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, dan strength) dari produk;
  • Rencana operasional dan keuangan;
  • Rincian sumber pendanaan.

Tahapan Perencanaan Usaha

Supaya perencanaan usaha dapat mendukung keberhasilan bisnis, terdapat beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Analisis bisnis sendiri

Awali perencanaan dengan melakukan analisis bisnis. Pada tahap ini, kamu perlu mengidentifikasi masalah yang ditemukan di pasaran. Jabarkan secara detail masalah tersebut dan bagaimana produk yang kamu jual dapat mengatasinya. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang dihadapi bisnis, termasuk siapa saja kompetitor bisnis kamu.

Baca juga: Kupas Tuntas A-to-Z Konsep Bisnis

  • Tentukan target pasar

Berdasarkan hasil analisis bisnis dan produk, kamu bisa menentukan target pasar. Mereka inilah yang nantinya akan membeli dan menggunakan produk kamu. Dengan mengenali mereka, kamu bisa menyusun strategi promosi yang pas, termasuk membuat konten-konten yang relatable dan menggugah emosi mereka.

  • Hitung pengeluaran produksi dan pendapatan

Setelah menentukan detail produk dan target konsumen, hitung biaya yang dibutuhkan untuk produksi. Kemudian, tentukan harga produk agar kamu bisa menghitung perkiraan jumlah pendapatan yang akan masuk. Hasil penghitungan ini dapat kamu jadikan patokan untuk menentukan jumlah produksi dan kebutuhan bahan baku.

Terjawab sudah kenapa perencanaan usaha begitu penting untuk bisnis. Selain itu, penting diingat bahwa perencanaan tersebut harus bisa menyesuaikan situasi dan skala bisnis terkini. Misalnya, kalau jumlah pelanggan sudah banyak, terapkan metode pembayaran seperti GoPay untuk mengurangi antrean. 

Dengan menjadi GoPay Merchant, kamu juga bisa mendapat berbagai skema promosi menarik, menjangkau lebih banyak pelanggan, hingga mengakses laporan transaksi dengan lengkap. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk bergabung menjadi GoPay Merchant dan kembangkan usahamu ke level selanjutnya!

Daftar GoPay Merchant Sekarang!

Artikel Terkait

7 Tips Memulai Usaha Salon Kecantikan yang Laku
19 Mei 2025 • 3 min read
7 Tips Memulai Usaha Salon Kecantikan yang Laku
Merchant
7 Ide Bisnis Otomotif yang Menjanjikan
19 Mei 2025 • 3 min read
7 Ide Bisnis Otomotif yang Menjanjikan
Merchant
Ragam Manfaat QRIS untuk Berbagai Usaha
19 Mei 2025 • 3 min read
Ragam Manfaat QRIS untuk Berbagai Usaha
Merchant
Serba-serbi Digitalisasi Bisnis: Keuntungan, Tantangan, Tips Implementasi
5 Mei 2025 • 8 min read
Serba-serbi Digitalisasi Bisnis: Keuntungan, Tantangan, Tips Implementasi
Merchant
Manfaat UMKM Digital di Zaman Sekarang
5 Mei 2025 • 3 min read
Manfaat UMKM Digital di Zaman Sekarang
Merchant
5 Cara UMKM Naik Kelas, Yuk Dicoba!
5 Mei 2025 • 3 min read
5 Cara UMKM Naik Kelas, Yuk Dicoba!
Merchant

Baru! Aplikasi GoPay untuk kamu

Transfer ke mana aja, bayar QRIS dan tagihan apa aja sampai pinjam dengan aman. Download aplikasinya sekarang!

Download - Google Play GoPay
Download - App Store GoPay

Call Center: 1500729

customerservice@gopay.co.id

Produk

  • Transfer
  • Bayar
  • Pinjaman
  • Dompet Digital
  • Aman
  • GoPay Games

Merchant

  • Tentang Merchant
  • QRIS Merchant
  • GoPay Spiker
  • Blog Merchant

Perusahaan

  • Tentang GoPay
  • Siaran Pers
  • Pertanyaan Media
  • Karier

Lainnya

  • Bantuan
  • Bantuan Merchant
  • Blog
  • Promo
  • Hubungi Kami
  • Pemberitahuan Privasi
Hubungi Kami
Gedung Pasaraya Blok M, Gedung B, Lt. 3 Jalan Iskandarsyah II No. 2, Melawai, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160
1500729

GoPay Indonesia berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. GoPay Pinjam oleh PT Mapan Global Reksa dan GoPay Later oleh PT Multifinance Anak Bangsa berizin dan diawasi oleh OJK.

© 2023-2025 GoPay - PT Dompet Anak Bangsa. All Rights Reserved.