Daftar harga atau price list adalah salah satu faktor utama yang menentukan keputusan belanja pelanggan karena itulah hal pertama yang akan mereka lihat. Jadi, pelaku usaha perlu menyediakan daftar harga yang jelas dan mudah diakses. Lantas, adakah contoh yang bisa digunakan untuk price list kamu sendiri? Yuk, kita kenalan lebih jauh di sini!
Arti Price List Adalah…
Price list adalah daftar harga resmi dari produk barang atau jasa yang kamu jual. Pada umumnya, daftar harga disusun dalam bentuk grafis berisi tulisan nama barang atau jasa, lalu disertai dengan masing-masing harga. Ada pula beberapa daftar yang memberikan deskripsi singkat untuk tiap produk yang ditawarkan.
Fungsi utama price list adalah menyediakan transparansi harga kepada pelanggan. Jadi, mereka bisa lebih mudah membandingkan pilihan produk, menghitung estimasi biaya, hingga membuat keputusan belanja tanpa merasa ragu.
Manfaat Membuat Price List
Dengan membuat price list, kamu tidak hanya memberi tahu pelanggan tentang harga produk yang ditawarkan. Di samping itu, adanya daftar harga juga dapat memberimu sederet manfaat strategis bagi pertumbuhan usaha, yaitu:
Bantu memperluas jangkauan usaha
Sebelum membeli suatu produk, biasanya pelanggan akan terlebih dulu membandingkan produk yang sama dari beberapa brand. Salah satu faktor utama yang menjadi bahan perbandingan dan pertimbangan adalah harga.
Berdasarkan hasil survei tersebut, bayangkan jika pelanggan menilai bahwa informasi harga produkmu paling sesuai ekspektasi. Pada situasi seperti ini, mereka akan cenderung merekomendasikan usahamu ke orang lain dengan membagikan price list tersebut kepada keluarga, teman, atau group chat.
Kemudahan mengelola informasi harga
Manfaat lain dari price list adalah kemudahan mengelola harga jual tiap produk. Informasi harga untuk masing-masing produk tersusun dengan rapi, sehingga akan sangat membantu saat kamu ingin upgrade harga, menyusun paket bundling, atau membuat promo lain. Tak hanya itu, price list juga bisa membantu meminimalisir miskomunikasi antara kamu dan pelanggan, sebab seluruh pihak akan mengacu pada satu informasi harga yang sama.
Memperkuat reputasi positif usaha
Menyediakan informasi harga menunjukkan bahwa usaha kamu jujur dan transparan. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan pelanggan, apalagi di tengah tingginya persaingan dan banyaknya kasus manipulasi harga. Nah, dengan daftar harga yang jelas dan informatif, pelanggan akan cenderung merasa lebih nyaman terhadap usahamu, sehingga dapat merasa lebih yakin untuk melakukan pembelian. Imbangi hal tersebut dengan memberikan kualitas produk terbaik. Dengan begitu, pelanggan akan puas sehingga meningkatkan loyalitas mereka.
Mempermudah analisis pasar
Adanya price list yang tersusun rapi juga dapat mempermudah kamu dalam melakukan analisis pasar. Kamu jadi bisa membandingkan harga barang atau jasamu dengan milik kompetitor. Hasil perbandingan tersebut dapat kamu gunakan untuk mengukur daya saing atau mengetahui produk mana yang paling banyak dibeli berdasarkan range harga tertentu. Dari sini, kamu bisa membuat keputusan bisnis yang lebih tepat, misalnya membuat paket bundling atau menyesuaikan harga.
Baca juga: Jenis-jenis dan Cara Melakukan Analisis Usaha
Contoh Price List Sederhana
Untuk memberimu gambaran lebih jelas, berikut contoh price list sederhana untuk usaha salon kecantikan:
Glow Up Beauty Salon
Jalan Raden Saleh No. 35, Surabaya Selatan
Layanan |
Deskripsi Singkat |
Harga |
Potong rambut wanita |
Dilakukan oleh hair stylist profesional |
Rp60.000 |
Potong rambut pria |
Gaya klasik atau modern |
Rp45.000 |
Cuci rambut & blow |
Termasuk sampo dan styling ringan. |
Rp50.000 |
Creambath |
Termasuk hair mask dan pijat kepala. |
Rp75.000 |
Hair coloring - highlight |
Sesuai request dan warna pilihan. |
Rp175.000 |
Hair coloring - full |
Pewarnaan seluruh rambut. |
Rp250.000 |
Paket glow up (facial, creambath, dan blow) |
Perawatan 3-in-1, lebih hemat. |
Rp150.000 |
Makeup wisuda atau acara formal |
Menggunakan produk premium. |
Rp200.000 |
Price list adalah bagian penting dari strategi bisnis karena dapat mencerminkan transparansi dan profesionalisme. Karenanya, buatlah daftar harga secara jelas dan informatif. Jika sudah, jangan lupa sediakan pembayaran yang mudah dan praktis seperti QRIS untuk mengantisipasi lonjakan transaksi pelanggan. Tenang saja, kamu bisa bikin QRIS gratis langsung jadi dengan mendaftarkan usaha sebagai GoPay Merchant!
Keuntungannya bukan hanya itu saja, lho. GoPay Merchant juga akan menerima rekapan transaksi, yang tercatat secara otomatis dan real-time. Selain itu, kamu dapat menyewa perangkat notifikasi suara GoPay Spiker untuk mempercepat layanan. Lalu, khusus untuk merchant kategori usaha mikro (UMI), kamu bisa mendapatkan merchant discount rate (MDR) 0% alias gratis untuk transaksi di bawah Rp500.000!
Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi GoPay Merchant dan daftarkan usahamu agar bisa menikmati berbagai keuntungan tersebut! Yuk, maksimalkan pertumbuhan usahamu bersama GoPay Merchant!