Membuka usaha pet shop merupakan pilihan ideal bagi para pecinta hewan yang ingin memulai usaha sesuai minat. Soalnya, selain bisa bekerja sesuai passion, potensi keuntungannya juga tidak menjanjikan. Memangnya, seperti apa potensi dari bisnis pet shop? Lalu, berapa modal awal dan omzetnya? Yuk, temukan jawaban selengkapnya di bawah ini!
Kelebihan Potensi Bisnis Pet Shop
Pet shop termasuk bisnis yang memiliki permintaan relatif konsisten. Banyak orang Indonesia yang memiliki hewan peliharaan dan menjadikan mereka bagian penting dari keluarga. Menurut survei yang dilakukan oleh Intage Group, sebanyak 80,7% dari 2.441 responden di Indonesia tercatat memiliki hewan peliharaan di rumah.
Kondisi tersebut pun menciptakan permintaan yang cukup stabil. Sehingga, para pet owner akan terus membeli produk kebutuhan hewan peliharaan, seperti makanan, vitamin, mainan hingga pasir.
Perkiraan Modal Awal Bisnis Pet Shop
Jika kamu tertarik untuk mengeksplor potensi bisnis pet shop, siapkan pula modal awalnya sedini mungkin. Berikut perkiraan modal awal untuk mendirikan usaha pet shop:
- Sewa bangunan untuk toko: Rp22 juta per tahun;
- Beli stok awal produk (makanan hewan, aksesori, dan lainnya): Rp30 juta – 50 juta;
- Beli rak display dan penyimpanan: Rp7 juta;
- Dana cadangan: Rp10 juta;
- Total perkiraan modal awal: Rp69 juta – Rp89 juta.
Estimasi Omzet Bisnis Pet Shop
Jumlah omzet bisnis pet shop sangat bergantung pada skala usaha, jenis produk, hingga lokasi toko. Namun, potensi omzet dari bisnis ini umumnya cukup menjanjikan. Berikut gambaran omzet untuk pet shop berskala kecil:
- Rata-rata transaksi harian: Rp50.000 – Rp200.000 per pelanggan;
- Jumlah pelanggan harian: 5–15 pelanggan;
- Estimasi omzet harian: Rp250.000 – Rp3 juta;
- Estimasi omzet bulanan: Rp7,5 juta – Rp36 juta.
Baca juga: Serba-serbi Menghitung Omset untuk Bisnis
Tips Memulai Bisnis Pet Shop
Jika sudah yakin untuk mendirikan pet shop, perhatikan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan peluang kesuksesannya:
Tentukan layanan yang ingin ditawarkan
Pikirkan produk atau layanan yang akan menjadi fokus bisnismu. Misalnya, apakah kamu hanya ingin menjual makanan hewan dan aksesori? Atau mungkin kamu juga ingin menambah layanan seperti grooming dan penitipan hewan? Sesuaikan produk dan layananmu dengan kebutuhan target pasar di lokasi dan kemampuan finansialmu.
Survei lokasi adalah kunci
Lokasi sangat menentukan kesuksesan bisnis pet shop. Oleh sebab itu, lakukan survei untuk memilih lokasi yang dekat dengan area perumahan padat penduduk. Carilah lokasi toko yang mudah diakses oleh kendaraan dan mempunyai tempat parkir memadai. Tak kalah penting, pastikan ada banyak pemilik hewan peliharaan di sekitar lokasi.
Penuhi izin yang diperlukan
Uruslah izin pendirian pet shop untuk memberikan perlindungan hukum sekaligus membangun kepercayaan pelanggan. Kamu perlu memiliki dokumen legalitas, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan surat izin usaha dari dinas terkait. Lalu, jika kamu menyewa tempat usaha, pastikan juga untuk mendapatkan izin lokasi atau bangunan komersial.
Baca juga: Surat Izin Usaha: Definisi, Cara Daftar, Contohnya
Pilih karyawan yang tepat
Apabila butuh karyawan untuk operasional pet shop, sebaiknya carilah orang yang punya pengetahuan dasar tentang perawatan hewan. Karyawan juga harus sabar, ramah, dan mampu berkomunikasi dengan baik, terutama dalam melayani pemilik hewan. Lalu, jika bisnismu menawarkan layanan penitipan atau grooming, karyawan tersebut harus mampu menangani hewan peliharaan dengan baik dan aman.
Cari supplier yang berkualitas
Bekerjasamalah dengan supplier terpercaya untuk mendapatkan produk berkualitas, baik itu makanan hewan, aksesori, hingga vitamin dan obat-obatan. Pilihlah supplier yang sudah mengantongi izin edar resmi, khusus untuk produk kesehatan hewan. Tak kalah penting, pastikan supplier tersebut juga konsisten dalam memenuhi stok produkmu.
Terapkan alur pembayaran yang mudah dan cepat
Tingkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan alur pembayaran yang mudah dan cepat. Salah satu caranya adalah menggunakan GoPay Spiker, yakni perangkat kotak suara yang dilengkapi layar. Alat ini akan mengeluarkan notifikasi suara untuk memberi tahu bahwa merchant telah menerima pembayaran dengan QRIS, lengkap dengan nominalnya.
Dengan notifikasi suara dari GoPay Spiker, kamu tidak perlu double check pembayaran lewat aplikasi. Hal ini pun dapat mempercepat proses transaksi, sehingga membantu mengurangi antrean. Sebab, pelayanan yang cepat tentu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan pet shop.
Baca juga: Spesifikasi Lengkap GoPay Spiker
Pertimbangkan modal awal, omzet, dan tips di atas untuk memulai bisnis pet shop yang lebih terencana. Fokuslah pada produk dan layanan yang relevan, termasuk dengan menggunakan GoPay Spiker yang dapat mempercepat proses transaksi. Dapatkan alat tersebut melalui aplikasi GoPay Merchant! Download aplikasinya, buatlah akun, lalu daftarkan pet shop-mu sebagai GoPay Merchant. Yuk, tingkatkan efisiensi bisnis dengan GoPay Spiker!