Era digital telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis. Salah satu contoh yang cukup signifikan adalah munculnya berbagai aplikasi bisnis. Aplikasi tersebut ada untuk menyederhanakan dan menyelesaikan tugas berulang dengan otomatis, sehingga kamu tidak perlu melakukan semua hal secara manual. Lantas, dari sekian banyak pilihan yang tersedia, aplikasi mana yang harus kamu gunakan? Yuk, cek rekomendasinya berikut ini!
Aplikasi pembayaran dan pengelolaan keuangan
Pertama, lengkapi bisnismu dengan metode pembayaran cashless yang memudahkan pelanggan! Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan daftar menjadi GoPay Merchant. Kalau sudah terdaftar, kamu bisa mulai menerima pembayaran via QRIS dengan cepat dan mudah. Lalu, kamu juga bebas menjadwalkan pencairan uang sesuai kebutuhan kapan pun dan di mana pun, bahkan setelah jam operasional toko!
Tak hanya itu, aplikasi GoPay Merchant juga dapat mencatat transaksi penjualan secara otomatis. Jadi, tidak akan ada transaksi yang terlewat, sehingga memudahkan proses rekap transaksi. Kamu pun bisa mengelola keuangan bisnis dengan lebih mudah dan efisien!
Baca juga: 10 Keuntungan Menjadi GoPay Merchant untuk Kesuksesan Bisnis
Aplikasi desain
Kamu perlu membuat konten untuk mempromosikan produk yang dijual. Supaya kontenmu terlihat menarik, gunakan aplikasi desain seperti Canva. Aplikasi bisnis ini menyediakan banyak template untuk beragam jenis konten, mulai dari poster, flyer, hingga postingan media sosial. Kamu juga bisa mengatur berbagai elemen dalam template tersebut melalui fitur customize. Cocok untuk para pemula desain yang memiliki waktu terbatas!
Aplikasi penghitungan pajak
Sebagai pemilik usaha di Indonesia, kamu harus mematuhi kewajiban perpajakan yang berlaku. Salah satunya adalah membayar dan melaporkan pajak secara rutin. Agar lebih mudah, gunakan aplikasi penghitungan pajak.
Pada umumnya, aplikasi jenis ini mampu mengimpor data keuangan bisnismu yang berhubungan langsung dengan perpajakan. Selain itu, biasanya aplikasi perpajakan juga sudah bekerja sama dengan Dirjen Pajak. Jadi, penghitungannya pun telah disesuaikan dengan aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
Aplikasi kasir
Bagi kamu yang mempunyai toko offline, lengkapi bisnismu dengan aplikasi kasir atau point-of-sales (POS). Aplikasi bisnis ini tidak hanya bisa memproses transaksi, tapi juga dilengkapi fitur untuk mengelola keuangan, mengatur meja, hingga mengelola stok barang. Berbagai komponen penting tokomu akan terintegrasi dalam satu aplikasi, sehingga kamu bisa memantaunya dengan lebih rapi dan efisien. Proses bisnis jadi lebih hemat waktu dan tenaga, deh!
Baca juga: Cara Mempermudah Operasional Kasir dengan GoPay Spiker
Aplikasi cloud-based storage
Bisnis umumnya memiliki banyak data penting yang bersifat confidential atau rahasia. Namun, data tersebut sering kali dibutuhkan oleh para anggota tim. Maka dari itu, simpanlah data tersebut dalam aplikasi berbasis cloud. Melalui aplikasi cloud-based storage, kamu dan tim bisa mengakses data dari mana pun dan kapan pun selama terhubung dengan internet. Lalu, batasi akses sehingga orang-orang tertentu saja yang bisa menggunakan data.
Aplikasi content management system
Aplikasi content management system (CMS) sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat website bisnis. Dengan aplikasi bisnis satu ini, kamu bisa membuat dan mengelola isi website tanpa perlu keterampilan teknis khusus.
Selain itu, aplikasi CMS zaman sekarang juga bisa diintegrasikan dengan plug in untuk search engine optimization (SEO). Jadi, kamu dapat memastikan bahwa konten website yang kamu buat sudah ramah SEO. Hal ini bisa membantu halaman website-mu untuk muncul pada peringkat atas hasil pencarian online.
Aplikasi project management
Aktivitas bisnis biasanya penuh dengan berbagai project, misalnya kampanye pemasaran atau penyelenggaraan event. Tiap project memerlukan banyak sumber daya, sehingga butuh pengelolaan yang tepat. Nah, kamu bisa lebih mudah melakukan tersebut dengan bantuan aplikasi project management. Aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur untuk membantumu merencanakan proyek, menentukan timeline, mendelegasikan tugas, berkolaborasi, hingga memantau progress.
Gunakan berbagai aplikasi bisnis di atas untuk mendukung kelancaran usahamu, sehingga layanan kepada konsumen juga semakin baik. Salah satu yang tidak boleh terlewat adalah aplikasi GoPay Merchant untuk menerima pembayaran via QRIS.
Bahkan, kalau kamu adalah merchant usaha mikro (UMI), kamu juga bisa menikmati benefit berupa merchant discount rate (MDR) 0% untuk transaksi QRIS dibawah Rp100.000, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi GoPay Merchant yang dapat membantu mengembangkan bisnismu!