QRIS kini telah menjadi alat pembayaran lintas-sektor, termasuk usaha jasa seperti potong rambut, laundry, hingga bimbingan belajar. Hanya dengan menyediakan satu kode QR, pemilik usaha jasa bisa menerima pembayaran dari berbagai aplikasi mobile banking maupun dompet digital. Tidak mengherankan jika hingga Maret 2024, tercatat ada sekitar 32 juta pedagang atau merchant yang melayani transaksi melalui QRIS.
Namun, manfaat QRIS untuk usaha jasa tidak hanya berhenti di situ. Penggunaan QRIS menyimpan manfaat yang luas, bahkan dampaknya bisa dirasakan hingga sisi operasional usaha. Jadi, apa saja manfaat QRIS untuk bisnis berbasis layanan? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!
Manfaat QRIS untuk Usaha Jasa
QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, hadir sebagai solusi pembayaran yang efisien dan inklusif, terutama di tengah era cashless seperti sekarang.
Tidak hanya menguntungkan konsumen, QRIS juga dirancang untuk memudahkan berbagai jenis usaha, termasuk usaha jasa yang cenderung bersifat mobile, fleksibel, serta butuh transaksi cepat dan aman. Ini dia berbagai manfaat QRIS bagi usaha jasa:
- Pembayaran jadi lebih mudah dan cepat
Dengan QRIS, pelanggan hanya perlu memindai satu kode QR melalui aplikasi mobile banking atau dompet digital untuk melakukan pembayaran. Proses transaksi pun berlangsung cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik, tanpa perlu kartu atau uang tunai.
Sistem ini dapat menunjang usaha jasa yang memprioritaskan kenyamanan pelanggan dan kecepatan layanan, seperti laundry dan barber shop. Hasilnya, pelayanan bisa berlangsung lebih cepat sehingga antrean tidak menular. Hal tersebut akan menciptakan pengalaman positif pada pelanggan, sehingga memperbesar peluang mereka untuk kembali menggunakan jasamu.
- Mencegah kerugian akibat uang palsu
Transaksi uang tunai tidak bisa lepas dari risiko uang palsu. Risiko ini bisa menjadi kerugian serius bagi usaha jasamu. Sebab, uang palsu sering kali tampak sangat mirip dengan uang asli. Ketika akhirnya menyadari hal tersebut, nilai uang sudah tidak bisa diklaim kembali sehingga akan merugikan.
Kabar baiknya, salah satu manfaat QRIS untuk usaha jasa adalah mencegah risiko penerimaan uang palsu. Dengan QRIS, seluruh transaksi dilakukan secara digital melalui aplikasi mobile banking atau dompet digital. Dana akan langsung masuk ke rekening atau dompet digital usahamu, sehingga mencegah proses penerimaan uang tunai yang rentan pemalsuan. Di sisi lain, kamu juga tidak perlu mengecek keaslian uang satu per satu. Dengan begini, keamanan finansial usaha jasa pun akan lebih terjamin.
Baca juga: Bongkar Jenis Modus Penipuan yang Harus Kamu Tau
- Meningkatkan potensi penjualan
Banyak bank maupun penyedia dompet digital yang sering memberikan promo cashback atau diskon untuk transaksi lewat QRIS. Di sisi lain, pelanggan pada umumnya cenderung memilih usaha yang menawarkan metode pembayaran dengan promo tersebut, sebab mereka bisa lebih hemat.
Nah, kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk menarik pelanggan baru maupun meningkatkan frekuensi kunjungan pelanggan lama. Contohnya, tawarkan promo cashback 25% untuk laundry dengan pembayaran via QRIS, atau diskon 10% untuk potong rambut dengan transaksi menggunakan QRIS.
- Laporan transaksi yang lebih terstruktur
QRIS mampu mencatat setiap transaksi secara otomatis, sehingga kamu tak perlu lagi membuat catatan transaksi secara manual. Catatan tersebut akan langsung tersimpan pada dashboard yang disediakan oleh aplikasi penyedia QRIS.
Bahkan, kamu juga dapat melihat catatan transaksi dalam bentuk laporan harian, mingguan, hingga bulanan melalui dashboard yang sama. Dengan fitur ini, pelaku usaha jasa bisa lebih mudah menyusun laporan keuangan secara terstruktur tanpa pencatatan manual yang cenderung lebih rentan kesalahan.
- Menciptakan kesan usaha yang modern dan profesional
Manfaat QRIS untuk usaha jasa ternyata juga berdampak pada image bisnis, lho. Dengan menyediakan QRIS, kamu hanya perlu satu perangkat untuk menerima pembayaran dan menampilkan kode QR secara digital. Selain itu, kamu juga butuh sedikit space saja untuk menempelkan kode QR yang dicetak.
Hal tersebut dapat membuat meja kasir terlihat lebih rapi karena kamu tak perlu lagi menyediakan mesin EDC dan tempat uang kembalian. Hasilnya, usaha jasamu bakal tampak lebih bersih, modern, dan profesional di mata pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kesan positif sekaligus membangun kepercayaan.
- Menghemat biaya transaksi
QRIS termasuk salah satu metode pembayaran digital, sehingga akan dikenakan merchant discount rate (MDR). MDR adalah biaya jasa yang dikenakan oleh Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) kepada merchant ketika melakukan transaksi lewat QRIS. Biaya tersebut akan digunakan untuk memelihara sistem transaksi digital agar selalu aman dan lancar.
Namun, tak perlu khawatir karena biaya MDR QRIS cenderung rendah. Menurut peraturan Bank Indonesia (BI), merchant kategori usaha kecil (UKE), usaha menengah (UME), dan usaha besar (UBE) dikenakan MDR QRIS sebesar 0,7% per transaksi.
Sedangkan untuk kategori usaha mikro (UMI), MDR QRIS berlaku sebesar 0,3% untuk transaksi di atas Rp500.000. Jika transaksi tersebut bernilai di bawah Rp500.000, merchant kategori UMI akan dikenakan MDR QRIS 0% alias gratis. Dengan MDR QRIS yang cenderung rendah, pelaku usaha jasa bisa menjaga margin keuntungan.
Baca juga: Apa Itu MDR?
- Fleksibilitas lokasi pembayaran
Pembayaran QRIS hanya memerlukan kode QR dan koneksi internet. Jadi, sebetulnya tanpa mesin khusus pun kamu tetap bisa melakukan transaksi di mana saja selama ada kode QR (baik versi cetak atau digital) serta koneksi internet yang memadai. Hanya dengan smartphone sekalipun, kamu tetap bisa memproses transaksi QRIS.
Sistem seperti ini cocok untuk usaha jasa yang kerap berpindah tempat atau membuka booth di luar lokasi jualan biasanya seperti bazaar. Terutama, usaha seperti makeup artist freelance, jasa bersih-bersih rumah, atau tukang cukur keliling yang biasanya menerima pembayaran langsung di tempat klien.
- Memperluas jangkauan pelanggan
Tahukah kamu bahwa kini QRIS sudah mendukung sistem cross border? Sistem ini memungkinkan terjadinya transaksi lintas-negara dengan menggunakan kode QR. Saat ini, sudah ada sembilan negara di samping Indonesia yang juga mendukung sistem cross-border, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Jadi, wisatawan dari negara-negara tersebut bisa membayar menggunakan QRIS melalui aplikasi pembayaran dari negara asal mereka. Dampaknya, usaha jasa seperti hotel atau rental kendaraan dapat menerima pembayaran dari turis tanpa harus konversi mata uang, sehingga bisa memperluas jangkauan pelanggan.
- Memudahkan pemberian tip
Manfaat QRIS untuk usaha jasa juga bisa dirasakan dalam bentuk kemudahan pemberian tip. Biasanya, pelanggan yang puas dengan suatu layanan sering kali ingin memberikan tip sebagai wujud apresiasi. Hal ini sangat umum terjadi pada usaha jasa seperti barbershop atau nail art studio.
Masalahnya, banyak pelanggan tidak membawa uang kecil sehingga kesulitan untuk memberikan tip. Akibatnya, pelaku usaha pun harus melewatkan kesempatan mendapatkan tip dari pelanggan. Nah, masalah tersebut bisa diatasi dengan QRIS. Metode ini memungkinkan pelanggan untuk memberi tip secara digital sehingga mereka tidak perlu repot menyiapkan uang kecil.
Pelanggan bisa memilih nominal tips secara langsung saat membayar. Misalnya kalau total jasa sebesar Rp100.000, pelanggan bisa transfer Rp120.000. Opsi lainnya adalah mencetak kode QR khusus untuk pemberian tip. Lalu, tambahkan label keterangan seperti “tip untuk nail artist” atau “terima kasih atas apresiasinya”.
- Mendukung inisiatif go green
QRIS merupakan metode pembayaran bersifat digital, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada uang kertas maupun struk fisik. Artinya, transaksi dengan QRIS melibatkan lebih sedikit penggunaan kertas.
Hal tersebut dapat mendukung inisiatif go green atau tren usaha ramah lingkungan yang kini semakin diminati konsumen, terutama kalangan milenial dan Gen Z. Hasilnya, usaha jasa milikmu bisa memberi kontribusi terhadap pengurangan limbah sekaligus menarik perhatian pelanggan yang peduli lingkungan.
Tips Menerima Pembayaran QRIS untuk Usaha Jasa
Agar bisa merasakan seluruh manfaat QRIS di atas secara maksimal, menyediakan kode QRIS di tempat usaha saja belum cukup. Selain itu, pelaku usaha jasa juga perlu mengetahui cara tepat mengelola dan mengoptimalkannya. Kamu bisa memperhatikan sejumlah tips berikut:
- Tempelkan QRIS di lokasi yang mudah terlihat
Penempatan kode QR dapat menentukan kemudahan akses penggunaan QRIS oleh pelanggan. Bayangkan jika QRIS cenderung tersembunyi atau kurang mencolok, bisa jadi pelanggan tidak akan menyadari bahwa kamu menyediakan metode QRIS. Oleh sebab itu, tempelkan QRIS di tempat yang mudah terlihat. Contohnya di dekat meja kasir atau area penerimaan tamu.
Supaya terlihat lebih profesional, sebaiknya gunakan dudukan akrilik untuk menyediakan QRIS. Cara ini juga dapat membuat kode QR berdiri tegak sehingga lebih mudah dipindai. Dengan kode QR yang terlihat jelas, pelanggan bisa langsung tahu bahwa kamu menerima QRIS sebagai salah satu metode pembayaran. Hal ini dapat menarik pelanggan yang mengutamakan transaksi cepat dan tanpa kontak langsung.
- Tawarkan QRIS saat jasa kunjungan
Tidak semua usaha jasa mempunyai lokasi jualan yang tetap. Banyak juga usaha jasa yang bersifat fleksibel dan beroperasi secara mobile. Contohnya seperti fotografi freelance, servis elektronik panggilan, atau pijat refleksi keliling. Kalau kamu juga menerapkan sistem yang sama, QRIS memungkinkan kamu untuk tetap bisa menerima pembayaran cashless.
Salah satu caranya adalah dengan menyimpan gambar kode QR pada galeri smartphone kamu. Jadi, kamu bisa langsung menunjukkan gambar tersebut kepada pelanggan saat waktunya pembayaran. Cara lainnya adalah mencetak kode QR dalam ukuran sedang, lalu laminasi dan bawalah tiap kali kamu keliling atau berkunjung ke lokasi pelanggan.
Bagaimana kalau kamu menjalankan usaha jasa secara online? Tidak masalah, kamu dapat menyiapkan file digital QRIS untuk dikirim ke kontak WhatsApp pelanggan, sehingga mereka tetap bisa melakukan pembayaran secara online. Dengan kata lain, fleksibilitas QRIS memberi kemudahan bagi usaha jasa untuk melakukan transaksi di mana pun, sehingga turut meningkatkan kenyamanan pelanggan dan profesionalisme bisnis.
- Komunikasikan promo QRIS kepada pelanggan
Masih banyak pelanggan yang belum tahu bahwa mereka bisa mendapatkan berbagai keuntungan jika membayar dengan QRIS. Contohnya seperti potongan harga, cashback, atau poin reward. Maka dari itu, informasikan promo tersebut kepada pelanggan agar mereka lebih tertarik untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS.
Sebelum itu, tanyakan dulu kepada PJP soal ketersediaan promo QRIS. Kalau memang ada, cetaklah informasi promo tersebut, lalu tempelkan di dekat kode QR berada. Lalu, kalau kamu aktif di media sosial, buatlah konten yang menonjolkan promo pembayaran lewat QRIS. Cara ini dapat mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi. Artinya, manfaat QRIS untuk usaha jasa juga bisa dirasakan melalui peningkatan peluang masuknya omzet harian.
Baca juga: Manfaat QRIS untuk Merchant dan Konsumer
- Latih pegawai dalam menerima pembayaran QRIS
Bagi pemilik usaha jasa yang sudah mempunyai pegawai atau staf operasional, pastikan mereka paham cara mengoperasikan dan memverifikasi transaksi QRIS. Bayangkan jika pegawai bingung atau kurang sigap saat menerima pembayaran QRIS, bisa-bisa transaksi QRIS yang seharusnya praktis dan cepat justru berlangsung lama. Hal ini berisiko mengurangi kenyamanan pelanggan, sehingga pengalaman mereka dengan usahamu jadi kurang menyenangkan.
Untuk menghindari risiko tersebut, berikan pelatihan kepada pegawai tentang cara menerima pembayaran QRIS; mulai dari memasukkan nominal hingga mengkonfirmasi transaksi yang sukses. Selain itu, buatlah standard operating procedure (SOP) sederhana tentang alur transaksi QRIS, sehingga proses pembayaran bisa berjalan lancar dan konsisten.
Tak kalah penting, sebaiknya lakukan juga simulasi beberapa skenario, misalnya jika sinyal lemah atau pembayaran dari pelanggan tidak kunjung masuk rekening. Dengan begini, pegawai tahu apa yang harus dilakukan apabila menghadapi situasi serupa. Pada akhirnya, pegawai yang terlatih dapat menjaga transaksi QRIS bebas kendala, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan kepada usahamu.
- Pantau transaksi QRIS secara rutin melalui dashboard merchant
Pada umumnya, QRIS zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur dashboard pada aplikasi masing-masing PJP. Pada dashboard inilah seluruh transaksi QRIS akan tercatat dan tersimpan otomatis. Dengan data transaksi yang berada di satu tempat terpusat, kamu pun bisa lebih mudah memantau seluruh transaksi secara real-time.
Sayangnya, ternyata masih banyak pelaku usaha jasa yang belum menggunakan fitur dashboard secara optimal. Bahkan, terkadang beberapa di antaranya masih mencatat transaksi QRIS secara manual. Padahal, kalau kamu menggunakan QRIS, setiap transaksi akan tercatat otomatis.
Jadi, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari QRIS, download dulu aplikasi merchant yang disediakan oleh PJP atau penyedia QRIS. Kemudian, masuklah ke menu dashboard untuk memantau laporan transaksi harian yang sudah tercatat otomatis.
Kamu bisa menggunakan data tersebut untuk menghitung omzet, mengevaluasi performa usaha, hingga mengidentifikasi jam ramai. Selain itu, pembuatan laporan keuangan juga bisa lebih mudah dilakukan tanpa harus mencatat manual.
Mulai dari kecepatan transaksi hingga mendukung inisiatif go green, manfaat QRIS untuk usaha jasa ternyata begitu beragam. Namun, untuk merasakan manfaat tersebut secara maksimal, penggunaan QRIS harus didukung penerapan yang tepat. Kamu perlu menempatkan QRIS secara strategis, aktif menginformasikan promo, melatih pegawai, hingga rutin memantau transaksi.
Tak kalah penting, pastikan juga kamu memilih penyedia QRIS yang tepercaya seperti GoPay Merchant. Melalui GoPay Merchant, kamu bisa bikin QRIS gratis langsung jadi. Bahkan, khusus untuk usaha jasa kategori mikro (UMI), tersedia program MDR QRIS 0% untuk transaksi dengan nilai maksimal Rp500.000. Jadi, jika pelanggan melakukan transaksi QRIS di bawah Rp500.000, kamu tidak akan dikenakan biaya MDR alias gratis!
Masih ada sederet keuntungan lain yang bisa kamu nikmati jika menyediakan QRIS melalui GoPay Merchant. Makanya, yuk, daftarkan usahamu menjadi GoPay Merchant sekarang juga! Caranya gampang, kamu hanya perlu download aplikasi GoPay Merchant pada smartphone! Yuk, kembangkan usaha jasamu dengan menyediakan QRIS bersama GoPay Merchant!