Usaha salon kecantikan termasuk jenis bisnis yang bisa kamu mulai dengan skala kecil, tapi peluang berkembangnya cukup besar. Pasarnya luas dan modalnya pun relatif fleksibel. Bahkan, salonmu juga berpeluang untuk memiliki repeat order yang tinggi dan basis pelanggan yang loyal. Namun, untuk bisa sampai ke titik tersebut, kamu perlu melakukan persiapan yang matang. Lantas, apa saja hal yang harus kamu persiapkan?
Buat daftar layanan yang akan disediakan
Tetapkan dulu layanan apa saja yang ingin kamu tawarkan di salon kecantikan. Dengan begitu, kamu bisa menentukan peralatan yang dibutuhkan dan keahlian tenaga kerja. Pada umumnya, beberapa layanan yang banyak dicari di salon kecantikan adalah potong dan styling rambut, cuci blow, hair coloring, hair smoothing, manicure dan pedicure, facial, serta body massage.
Namun, kalau modalmu cenderung terbatas, kamu tidak harus langsung menyediakan semua layanan tersebut. Sebaiknya, fokuskan dulu pada layanan yang paling dibutuhkan oleh target konsumen di sekitar lokasi salonmu.
Buat business plan yang lengkap
Business plan adalah dokumen berisi tujuan usaha dan bagaimana kamu bakal mencapainya. Hal ini mencakup konsep utama salon, segmentasi pasar, analisis kompetitor, tantangan bisnis, strategi promosi, proyeksi keuangan, perhitungan modal, hingga rencana pengembangan salon. Dengan membuat business plan yang lengkap dan terperinci, kamu bisa mendirikan usaha salon kecantikan secara lebih terarah dan terstruktur.
Baca juga: Begini Contoh Bisnis Plan yang Baik dan Benar
Lakukan riset pasar
Riset pasar adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mengetahui kondisi pasar. Untuk melakukan riset pasar, kamu bisa survei langsung ke calon pelanggan dan mengobservasi salon kompetitor. Selain itu, pantaulah media sosial dan forum komunitas lokal untuk mengetahui kebutuhan atau keresahan pasar terkait salon kecantikan.
Tak kalah penting, lakukan analisis tren perawatan kecantikan yang sedang populer di kalangan masyarakat. Gunakan seluruh hasil riset untuk menentukan layanan, harga, hingga strategi pemasaran yang relevan dan tepat sasaran.
Pastikan lokasi usaha salon strategis
Lokasi merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan usaha salon kecantikan. Usahakan untuk membuka salon di lokasi strategis, seperti area pemukiman padat atau perkantoran. Pastikan pula lokasi tersebut memiliki lahan parkir yang layak dan mudah diakses oleh transportasi umum. Akan lebih baik lagi jika salonmu mudah terlihat dari jalan utama atau berada di area yang ramai dilewati orang.
Tentukan harga layanan dengan tepat
Setiap layanan di salon harus memiliki harga yang sesuai. Dalam menentukan harga layanan, beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan adalah lokasi salon, produk perawatan yang digunakan, target pelanggan, serta biaya operasional seperti listrik dan air. Lalu, cari tahu pula harga pasaran salon pesaing di sekitar, sehingga kamu dapat menetapkan harga layanan yang kompetitif bagi pelanggan.
Promosikan usaha di berbagai channel
Promosikan usaha salon kecantikan secara online maupun offline agar semakin dikenal banyak orang. Buatlah akun media sosial khusus untuk salon, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Rutinlah posting konten yang menarik dan relevan, misalnya tips kecantikan, before-after, dan testimoni pelanggan.
Sedangkan untuk promosi offline, kamu bisa memasang banner dan spanduk di depan salon. Jika memungkinkan, tawarkan promo grand opening untuk menarik pelanggan baru. Bagikan brosur berisi promo tersebut di sekitar lokasi salon.
Baca juga: Apa Itu Promosi: Cara Kerja, Manfaat, Contoh
Sediakan metode pembayaran yang beragam
Bayangkan salonmu kedatangan pelanggan yang ingin creambath dan potong rambut. Namun, ia tidak membawa uang tunai, sedangkan kamu tidak menerima pembayaran cashless. Bisa-bisa pelanggan tersebut tidak jadi menggunakan layananmu, dan kamu pun kehilangan potensi pemasukan. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, sediakan metode pembayaran yang beragam.
Selain menerima uang tunai, pastikan juga ada opsi pembayaran dengan pembayaran digital seperti QRIS. Tenang saja, kamu bisa bikin QRIS mudah dan cepat jika sudah terdaftar sebagai GoPay Merchant. Bahkan, GoPay Merchant juga dapat menyewa GoPay Spiker untuk menerima notifikasi suara bahwa pembayaran QRIS sudah berhasil, lengkap dengan nominal yang masuk ke akun. Dengan begini, kamu bisa mempercepat layanan di salon karena tidak perlu repot mengecek status transaksi di aplikasi atau mesin kasir.
Berbekal tips di atas, kini kamu bisa memulai usaha salon kecantikan yang dicari banyak pelanggan. Optimalkan pelayanan dengan menyediakan beragam metode pembayaran. Untuk pembayaran digital seperti QRIS, daftarkan usahamu menjadi GoPay Merchant agar bisa bikin QRIS mudah dan cepat. Yuk, langsung saja download aplikasi GoPay Merchant sekarang juga!